Antum: Artinya dan Klasifikasi Dalam Bahasa Arab

Antum: Artinya dan Klasifikasi Dalam Bahasa Arab saja pembahasan Kita kali ini mengenai Antum Artinya dan Klasifikasi Dalam Bahasa Arab. Semoga dengan
Antum Artinya
Antum: Artinya dan Klasifikasi Dalam Bahasa Arab

Antum: Artinya dan Klasifikasi Dalam Bahasa Arab

Antum Artinya - Balik lagi di kanal informasi SEO Kilat. Masih di sesi edukasi bahasa arab. Pada pembahasan yang lalu Kita sudah menjelaskan secara gamblang tentang arti masmuka dan aina dalam bahasa arab. Yang mana dengan informasi tersebut, Seharusnya Kalian sudah mampu mengimplementasikan kosa kata atau mufrodats tersebut dalam percakapan bahasa arab di sekitar kalian. Entah itu di lingkungan majelis atau di lingkungan ponpes. 

Nah! adapun pada pembahasan kali ini, Kita akan membahas masih salah satu kosa kata terpopuler yang biasa digunakan di lingkungan yang bisa dibilang islami. Betul sekali! Kita akan membahas tentang apa arti antum. Mungkin banyak yang sering mendengar kata antum yah di sosial media. Namun sudahkah Kita mengenal secara mendalam asal dari kata Antum ini? Untuk menjelaskan hal tersebut, Kalian bisa langsung aja baca pembahasan di bawah ini.

Pengertian Antum

Antum adalah kosa kata bahasa arab yang merupakan kata ganti orang kedua dalam bentuk jamak. Dalam bahasa arab, penulisan kata Antum yaitu seperti di bawah ini.

اَنْتُم

Secara klasifikasi kata, sebenarnya kata antum adalah berbentuk jamak artinya lebih dari 3 orang. Ohiya, jika saya tidak keliru (kalau keliru ditegur saja) dalam bahasa arab berbeda dengan bahasa Indonesia. Jika di Indonesia, jumlah jamak adalah lebih dari 1, maka dalam bahasa Arab jumlah jamak adalah lebih dari 2. Nah! Kata antum termasuk kategori jamak untuk menyebut orang kedua dengan jumlah lebih dari 2.

Misal: Dalam sebuah majlis terdapat seorang ustadz dengan jumlah jamaah 30 orang. Saat penyampaian materi, Sang Ustadz menggunakan kata panggilan antum kepada jamaah, karena jumlah jamaah lebih dari 2 orang. Nanti akan saya buatkan di bawah tabel, klasifikasi kata panggil dan jumlahnya.

Antum Artinya?

Secara kaidah ilmu nahwu, Antum artinya adalah Kalian. Jumlah orang dalam kata Antum seharusnya adalah lebih dari 2 orang. Akan tetapi, dalam praktek keseharian, kata Antum biasa dipakai sebagaimana kata ganti orang kedua tunggal yang bermakna Kamu (satu orang. Jadi, meskipun lawan bicara Kita adalah 1 orang, Kita tetap bisa (tidak salah) menggunakan kata Antum sebagai panggilan terhadap lawan bicara Kita.

Adapun tujuan menggunakan kata Antum pada lawan bicara yang jumlahnya satu orang, adalah sebagai bentuk pemuliaan. Hal ini sudah makruf baik di negara mana pun. Maka jangan heran bila pembicara di sebuah konferensi menyebut dirinya dengan kata "Kami" padahal dirinya hanya seorang diri.

Antum Untuk Wanita

Perlu diketahui, dalam kaidah nahwu kata Antum termasuk jenis atau klasifikasi kata panggil untuk kaum pria. Adapun kata panggil atau kata ganti kedua dalam bentuk jamak untuk wanita adalah Antunna. Tulisan arab Antunna seperti di bawah ini:

أَنْتُنَّ 

Jadi, bila Kalian para perempuan ingin menggunakan kata panggil antum untuk wanita, maka gunakanlah kata Antunna. Ini lebih tepat digunakan daripada antum, sebab kata panggil Antum adalah untuk kaum pria.

Contoh Penggunaan Kata Antum

Agar lebih mendekatkan pemahaman kepada para pembaca, berikut di bawah ini Kami berikan contoh penggunaan kata Antum dalam kaliam. Namun masih menggunakan bahasa latin atau Indonesia.

  • Antum kemarin datang ke Kajian gak?
  • Antum seharusnya bersabar, karena banyak yang lebih berat ujiannya dari Antum.
  • Antum suka kue kukus gak?
  • Ana dengar Antum pekan depan menikah, betul?
  • Antum coba cari di pasar petisah, mungkin ada.
  • Antum sebaiknya jangan pergi!
  • Coba Antum bayangkan gimana rasanya jadi Ana.
  • Antum enak ganteng, lah ana?
  • Antum banyak duit gampang, mau makan apa aja bisa.
  • Antum memang yang terbaik!

Tabel Kata Ganti Dalam Bahasa Arab/Anta Antuma Antum

Arab  Latin  Artinya 
هُوَ Huwa Dia 1 orang(Laki) 
هُمَا  Huma  Dia dua orang (Laki) 
هُمْ  Hum  Mereka lebih dari dua (Laki) 
هِيَ  Hiya  Dia (Wanita) 
هُمَا  Huma  Dia dua orang (Wanita) 
هُنَّ  Hunna  Mereka lebih dari dua (Wanita) 
أَنْتَ  Anta  Kamu 1 orang (Laki) 
أَنْتُمَا  Antuma  Kamu 2 orang (Laki) 
أَنْتُمْ  Antum  Kalian lebih dari 2 (Laki) 
أَنْتِ  Anti  Kamu 1 orang (Wanita) 
أَنْتُمَا  Antuma  Kamu 2 orang (Wanita) 
أَنْتُنَّ Antunna Kalian lebih dari 2 (Wanita)
أَنَا Ana Saya (Bisa laki dan Bisa Wanita)
نَحْنُ Nahnu Kami (Bisa laki dan Wanita)

Dari tabel ini seharusnya Kalian sudah paham yah, di mana posisi kata Antum sebagai kata ganti atau kata panggilan. Meskipun secara kaidah, kata antum berjumlah lebih dari 2 orang, namun Kita tetap bisa menggunakannya sebagai bentuk pemuliaan atau sopan santun terhadap lawan bicara Kita.

Mungkin demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Antum Artinya dan Klasifikasi Dalam Bahasa Arab. Semoga dengan apa yang Kami sampaikan di atas dapat menjadi solusi atas pertanyaanmu dan bisa Kamu terapkan dalam percakapan sehari-hari Kamu. Mari budayakan bahasa Arab sedini mungkin. Dan dari bahasa yang paling sederhanya, contohnya seperti Antum! Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian, agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang teredukasi.

Lainnya: Aina Artinya