Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop
Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop

Halo! Kembali lagi di blog pribadi kanal informasi seokilat.com. Sebagaimana kita ketahui bersama, akibat wabah Covid seluruh dunia terimbas, baik ditinjau dari segi sosial, pendidikan, ekonomi dan budaya. Dan salah satu yang paling mengalami dampaknya adalah sektor pendidikan. Dimana kita yang selama ini belajar secara offline, tiba-tiba saja harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran online. Dimana dalam sistem pembelajaran ini menuntut kita untuk akrab dengan yang namanya perangkat komputer. Nah! Bila kita berbicara mengenai komputer atau PC, tentu kita tidak bisa lepas dari yang namanya membicarakan prosesor di dalamnya. Apakah PC/laptop tersebut menggunakan prosesor Intel atau AMD.

Penasaran kira-kira bagusan mana antara prosesor AMD dan Intel? Tenang! Kamu bisa ikuti tulisan ini secara perlahan dan simak baik-baik.

Dari Sisi Grafis

Kalau kita ngomongin perangkat digital, aspek grafis tentu merupakan sisi yang sangat penting yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan PC. Nah! Kalau kita berbicara bagusan mana antara AMD dan Intel, berdasarkan pengamatan penulis dan riset di Mbah Google, kemampuan prosesor AMD bisa dikatakan lebih unggul dibanding dengan prosesor Intel. Konon, katanya prosesor AMD mampu menjalankan game-game dengan spek tinggi, termasuk dalam hal tampilan grafis yang kece. Memang benar, AMD terkenal memiliki suhu yang tinggi saat menjalankan sebuah program, namun hal tersebut tetap baik-baik saja dan berjalan dengan aman.

Udah tau belum? Cara Logout Akun Google di Xiaomi

Soal Kecepatan

Disamping mempertimbangkan aspek grafis, kita juga perlu memperhatikan kecepatan prosesor yang tersemat di perangkat komputer kita. Nah! Untuk soal kecepatan prosesor, berdasarkan hasil penelusuran kami di Mbah Google, kami menemukan sebuah tulisan menyebutkan bahwa prosesor Intel terbukti secara fakta memiliki akselerasi kinerja yang lebih tinggi dibanding dengan prosesor AMD.

Tes kecepatan ini didasarkan pada data yang diperoleh dari Benchmark. Namun, meskipun terdapat selisih kecepatan antara AMD dan Intel, perbandingan kecepatan antara keduanya tidak terlalu besar. Sehingga secara spesifik tidak terdapat perbedaan yang terlalu signifikan.

Dari Segi Suhu Perangkat

Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop
Prosesor Intel - Techlatest.in

Menggunakan PC atau Laptop saat ini sudah merupakan hal yang sangat biasa. Berbeda bila dibandingkan dengan 10 tahun lalu. Dimana mereka yang memiliki laptop atau PC biasanya adalah individu yang tergolong berkecukupan. Dari sekian banyak jenis laptop yang ada saat ini, hal penting yang perlu kita ketahui adalah prosesor yang digunakan pada komputer tersebut. Apakah komputer tersebut menggunakan prosesor AMD, atau menggunakan Intel sebagai prosesornya. Nah! Bagi yang sudah lama menggunakan perangkat komputer pasti telah menyadari bahwa, perangkat komputer kita akan mengeluarkan suhu yang cukup panas dari dalam saat menjalankan programnya. Yang menjadi pertanyaan adalah mana yang suhunya lebih panas antara AMD dan Intel? 

Untuk soal suhu perangkat, sepertinya bukan rahasia lagi bahwa prosesor AMD jauh lebih panas dibanding dengan prosesor Intel. Disamping itu Intel juga dikenal jauh lebih cool dan kalem dibanding dengan prosesor AMD. Jadi kalau kamu tidak suka dengan perangkat yang memiliki suhu cenderung tinggi, sepertinya memilih Intel adalah pilihan terbaik buat kamu.

Dari Sisi Pendeteksian Virus

Ketika kamu hendak membeli sebuah laptop ataupun perangkat PC, mempertimbangkan prosesor adalah hal yang sangat fundamental. Ibaratkan memilih sepeda motor, kita perlu melihat mesin apa yang terintegrasi di dalamnya. Mengkomparasikan antara AMD dan Intel dalam hal pendeteksian virus, sejauh informasi yang sampai kepada kami, prosesor AMD telah diberi kelebihan, dimana ia mampu mendeteksi kehadiran virus komputer, sebelum virus tersebut masuk lebih jauh ke dalam komputer. Kemampuan deteksi virus ini tidak dimiliki oleh prosesor Intel. Jadi, bila kamu adalah tipe user yang jauh mengutamakan safety terhadap serangan virus, memilih komputer dengan prosesor AMD adalah pilihan yang terbaik.

Ditinjau Dari Sisi Multimedia

Mungkin sudah banyak yang tahu ya, bahwa perkembangan multimedia saat ini bergerak sangat cepat dan masif. Jadi jangan heran bila perangkat komputer saat ini didesain sedemikian rupa agar mampu memiliki kinerja yang baik dalam hal multimedia. Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana perbandingan prosesor AMD dan Intel untuk Laptop dalam hal multimedia? Sejauh informasi yang kami dapati,  prosesor Intel jauh lebih unggul dibanding dengan AMD dalam hal kinerja multimedia. Cukup ma'ruf bahwa laptop dengan prosesor Intel memiliki gambar yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan AMD. Jadi, bila kamu ingin membeli laptop yang banyak bekerja atau menjalankan aplikasi multimedia, kami sarankan untuk memilih laptop dengan prosesor Intel dibanding dengan AMD.

Bagusan AMD atau Intel?

Dari penjelasan singkat di atas maka dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa masing-masing prosesor, baik itu Intel ataupun AMD masing-masing memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Bila AMD unggul dalam hal grafis dan kemampuan mendeteksi virus, namun di sisi lain AMD lemah dari aspek kelola suhu dan kecepatan kinerja prosesor. Sebaliknya, prosesor Intel yang unggul dalam hal kecepatan dan multimedia ternyata lemah, bila ditinjau dari segi grafis dan pendeteksian virus. Jadi, sebenarnya kamu tinggal pilih spek mana yang lebih menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Terima kasih atas kebersamaannya karena telah menyimak hingga akhir. Mari berkontribusi untuk perkembangan ilmu pengetahuan dengan membagikan artikel "Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop". 

Udah tau belum? Apa itu Microblog?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara.

Posting Komentar untuk "Perbandingan Prosesor AMD dan Intel untuk Laptop"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote