Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis Adalah Sebagai Berikut

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis
Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis
Ciri ciri Hutan Hujan Tropis - Selama sebuah wilayah memiliki jumlah hutan yang cukup, niscaya kondisi geografi tanah dari wilayah tersebut akan tetap aman dari bencana banjir dan yang berkaitan dengannya. Dan bila kita berbicara tentang hutan, mungkin diantara kita semua sudah kenal yah apa itu hutan. Tapi tahukah kamu? Ternyata hutan itu bukan hanya satu jenis saja loh. Ada banyak jenis hutan  di dunia bila kita tinjau setiap klasifikasinya. Nah! Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat di atas, kita akan membahas mengenai salah satu jenis hutan, sebut saja hutan hujan tropis. Apa itu hutan tropis?

Apa itu Hutan Hujan Tropis?

Hutan Hujan Tropis atau Hutan Hujan Tropika adalah jenis bioma hutan yang memiliki kondisi selalu dalam keadaan basah/lembab. Jenis hutan ini dapat kita temui di sekitar wilayah khatulistiwa, tepatnya pada lintang 0 derajat hingga 10 derajat ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa.

Udah tau belum? Proses alam endogen

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis

Bila kita menganalisa lebih dalam tentang jenis-jenis hutan, khususnya di Indonesia, kita akan dapati bahwa setidaknya ada 5 jenis hutan, dan salah satu dari lima jenis hutan tersebut adalah hutan hujan tropis. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita dapat mengenali hutan hujan tropis? Sedangkan kita belum mengenal apa saja ciri-ciri spesifik dari hujan hutan tropis. Oke! Untuk memperjelas bagaimana yang dimaksud dengan hutan hujan tropis, simak data selengkapnya di bawah ini.

1. Kondisi Secara Fisik

Diantara ciri yang dapat kita kenali dari hutan hujan tropis adalah kondisi fisik dari pepohonan hutan tersebut. Pada hutan hujan tropis kita akan dapati bahwa pepohonan di dalam hutan hujan tropis cenderung tinggi-tinggi, memiliki daun yang lebat, rimbun, dan terbilang cukup rapat.

2. Kondisi Dasar Hutan

Selain dapat kita kenali dari batangnya yang menjulang tinggi, hutan hujan tropis juga dapat kita kenali dari dasar hutannya yang dipenuhi lumut atau rumput. Sehingga dalam hal ini kita perlu memakai sepatu khusus, agar kaki kita tidak mudah terpeleset karena licin.

3. Sinar Matahari Tidak Masuk

Dari sekian banyak ciri hutan hujan tropis, tanda yang paling kuat adalah sinar matahari yang tidak dapat masuk ke dalam lingkungan hutan. Adapun penyebab tidak masuknya sinar matahari yaitu disebabkan oleh rimbunnya dedaunan pohon hutan hujan tropis. 

4. Tingkat Kelembaban Udara

Salah satu ciri paling khas dari hutan hujan tropis adalah intensitas kelembaban udaranya yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, sangat wajar bila suhu disekitar wilayah hutan hujan tropis sangat dingin dan terasa agar menyesakkan saat bernapas.

5. Curah Hujan Yang Tinggi

Namanya juga hutan hujan, tentu intensitas curah hujan di wilayahnya akan sangat tinggi, bila dibandingkan dengan wilayah tropis lainnya. Nah! Yang sering menjadi masalah adalah ketika hutan hujan banyak dibabat oleh para pengusaha kayu, sehingga proses erosi kian parah dan mengakibatkan rendahnya daya serap air. 

6. Genangan Air

Diantara ciri hutan hujan tropis adalah mudahnya untuk menemukan genangan air. Genangan air di hutan hujan tropis bisa dengan mudah kita temui. Maka dari itu, bila kita tersesat di wilayah hutan hujan tropis, pasokan air minum bukan menjadi masalah yang besar. Karena kita dapat dengan mudah menemuinya. 

Kesimpulan

Hutan hujan tropis adalah salah satu jenis hutan yang terdapat di wilayah Indonesia. Setidaknya ada 6 ciri yang dapat kita kenali untuk mengidentifikasi jenis hutan ini, mulai dari kondisi fisik pepohonannya, dasar hutannya, pencahayaan yang masuk ke hutan, curah hujannya, kelembaban udaranya, hingga banyaknya jumlah genangan air.

Mungkin ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai ciri ciri hutan hujan tropis, mungkin ada beberapa informasi yang kurang pada artikel ini, kamu dapat memberikan saran/masukan melalui halaman kontak blog ini. Terima kasih karena sudah mengikuti artikel ini hingga akhir, sampai jumpa pada informasi bermanfaat kami lainnya. 

Jangan lupa! Bagikan artikel ini ke sosial media-mu, agar manfaat yang kami sampaikan dapat tersebar semakin luas.

Udah tau belum? Pengertian lingkungan hidup

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis Adalah Sebagai Berikut"