Widget HTML Atas

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51?

Balik lagi di SEO Kilat Bray. Seperti judul kita kali ini, kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A51. Tapi sebelum lanjut lebih dalam, ada baiknya kamu juga membaca tulisan kami lainnya, seperti : kelebihan dan kekurangan Samsung A20s, Samsung M20, Samsung A10s dan Samsung M30s.

Jadi, kamu dapat lebih mudah mengcompare atau membandingkan, kira-kira mana yang lebih tepat kamu jadikan sebagai gadget harianmu. 

Ohiya, sedikit mengingatkan para pembaca. Kamu bisa stay tune di blog SEO Kilat untuk mendapatkan informasi tentang gadget, seperti kelebihan atau kekurangan sebuah gadget, spesifikasi, dan apapun yang berkaitan dengan gadget. 

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51

Baiklah, daripada kelamaan nunggu, langsung saja simak yuk penjelasan selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A51 di bawah ini yah.

Kelebihan Samsung A51

Sekedar informasi saja, smartphone ini pertama kali diluncurkan pada bulan agustus 2019 silam. Kira-kira apa saja kelebihan yang dimiliki Samsung A51 ini? Berikut selengkapnya.

1. Kamera Super Mantap Jiddan

Samsung A51 telah dibekali dengan kamera super mantap 48 MP. Bukan kamera kaleng-kaleng tentunya. Kelebihan Samsung A51 ini bisa dikatakan adalah yang paling menonjol dari keseluruhan keunggulan yang dimilikinya.

Kamera Samsung A51 tersusun atas kesatuan 4 kamera yang super cool, mulai dari kamera utama dengan kekuatan 48 MP, kemudian kamera 12 MP yang berfungsi sebagai lensa ultra wide, kamera 5 MP yang berperan sebagai kamera makro, serta satu lagi kamera 5 MP yang berfungsi sebagai depth sensornya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51

Munculnya Samsung A51 ini bisa dikatakan telah menambah daftar panjang smartphone dunia yang menyematkan teknologi kamera 48 Mega Piksel. Jadi, bila kamu adalah sosok yang sangat mengidamkan smartphone dengan kamera canggih, Samsung A51 mungkin adalah pilihan yang tepat buat kamu.

2. Kamera Selfie Super Tajam, setajam mulut Haters

Samsung A51 bukan hanya menawarkan kamera belakang yang super apik. Diantara kelebihan Samsung A51 lainnya yaitu kamera selfie yang super tajam. Benar sekali! Kamera dengan kekuatan 32 MP siap menjepret wajah cakepmu atau menjepret wajah kamu dan orang terdekatmu dalam foto selfie.

Bukan hanya berkualitas dari segi unsur warna, hasil tangkapan selfie dari kamera Samsung A51 juga memiliki rentang image yang cenderung lebar. Sehingga hasil foto yang kamu tangkap dapat lebih luas dari foto selfie pada umumnya. 

Jadi bisa dibilang, kalau kamu adalah seorang yang hoby travelling dan kerap mengabadikan momen dengan selfie, kami rasa smartphone Samsung A51 ini cukup layak untuk kamu pertimbangkan. Tentunya setelah mempertimbangkan uang belanja di rumah yah. 

Jangan sampai gara-gara beli gadget, uang belanja jadi stop kaya hidung yang mampet.

3. Layar Smartphone yang Cakep bin Mantep

Salah satu kelebihan yang dimiliki Samsung A51 adalah layar super AMOLED yang benar-benar cool. Bila kita melihat spesifikasi detailnya, Samsung A51 telah dibekali layar Super AMOLED 6,5 inci. Dengan resolusi detail 1080 x 2400 piksel. 

Secara umum, spesifikasi kamera Samsung A51 ini sedikit lebih unggul dari pendahulunya yaitu Samsung Galaxy A50. Tentu saja! alasan keunggulan ini terletak pada rasio layar yang digunakan oleh Samsung A51.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51

Kita bisa lihat, Bila Samsung A50 menggunakan rasio layar 19,5:9, adapun Samsung Galaxy A51 menggunakan rasio perbandingan layar 20:9. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa smartphone Samsung A51 ini memiliki layar yang cukup cakep. Cocoklah dijadikan hadiah kepada istri tercinta yang udah lama ga dikasih kado.

4. Baterai yang Kuat

Samsung A51 memiliki kapasitas arus baterai 4.000 mAh. Bila kita bandingkan dengan smartphone Samsung M30s, mungkin kapasitas ini tergolong cukup kecil. Akan tetapi perlu diketahui, nilai kapasitas arus baterai pada sebuah perangkat, tidak selalu berbanding lurus dengan durasi waktu pemakaian.

Jadi, meskipun Samsung A51 memiliki kapasitas arus 4.000 mAh, bukan berarti smartphone ini memiliki kekuatan baterai yang lemah.

Berdasarkan salah satu sumber literasi kami, Samsung A51 ini dapat bertahan hingga 86 jam loh. Memang sih, tidak sebaik daya tahan Samsung A50. Akan tetapi durasi waktu yang dimiliki Samsung A51 cukup kita acungi jempol dengan kapasitas baterai 4.000 mAh. 

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51

Nah, Gimana? Mantep ga tuh? Oke! Kita lanjut pada kelebihan Samsung A51 yang ke-5.

5. Memiliki Desain Struktur yang Solid

Samsung A51 telah didesain dengan sangat baik, sehingga mampu memberikan user experience terbaik kepada penggunanya. Desain Samsung A51 ini bisa dikatakan sangat solid, mulai dari kenyamanan saat digenggam, bobot yang cukup ringan, serta tampilannya yang sangat menarik.

Memang sih, bahan dasar body dari Samsung A51 ini masih polikarbonat. Akan tetapi, kemampuan desainer dari perusahaan Samsung telah mampu mengubah bahan dasar tersebut, terasa lebih elegan dan premium dari body polikarbonat pada umumnya.

Oleh sebab itu, meskipun bahan dasar body Samsung A51 ini biasa-biasa saja, namun hal tersebut sama sekali tidak tergambar dari tampilan fisik smartphone yang satu ini. Oke! Kita lanjut pada kelebihan Samsung A51 berikutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51

6. Style OneUI dari Android 10

Samsung Galaxy A51 dirancang dengan style OneUI 2.0 dengan basis Android 10. Sangkin menarikanya, style UI (antarmuka) yang ditawarkan oleh Samsung A51 ini sangat mirip dengan OneUI smartphone High End pada umumnya. 

Menariknya, Samsung A51 ini juga mendukung fitur NFC. Sehingga kemampuannya dalam hal transferring data tidak perlu diragukan lagi soal kecepatannya. 

Kelebihan Samsung A51 ini sebelumnya juga telah diterapkan pada pendahulunya, yaitu Samsung A50s. Jadi, buat kamu yang suka transfer data dengan kecepatan tinggi, kami rasa Samsung A51 cukup cocok dengan karakter kamu yang ga suka dengan kelemotan.

Gimana kira-kira? Sudah tercerahkan belum mengenai keunggulan Samsung Galaxy A51? Kalau belum yakin dan masih kurang informasi, lanjut bacanya yah. Karena di bawah ini kita akan paparkan beberapa kekurangan Samsung A51.


Kekurangan Samsung A51

Di atas kita telah jelaskan beberapa kelebihan Samsung A51 yang dapat kamu pertimbangkan sebelum mengeksekusinya di konten smartphone terdekat. Nah! Adapun di bawah ini, kami akan sebutkan beberapa kekurangan Samsung A51 yang mungkin saja dapat membatalkan niat kamu untuk membeli Samsung A51. Apa saja kekurangannya?

1. Performance Chipset yang Sangat Biasa

Samsung A51 bisa dikatakan memiliki performa yang sangat standar untuk kelasnya. Analisis ini berangkat dari spek chipset yang dimilikinya, yaitu Exynos 9611. Chipset ini bisa sebelumnya juga disematkan pada smartphone Samsung A50s. 

Tentu bisa kita bayangkan, betapa tidak worth it rasanya, dengan harga smartphone 4 jutaan, namun ternyata chipset yang digunakan masih sangat standar di kelasnya.

Bila kita melihat skor performa dari hasil analisis AnTuTu, kita akan melihat skor performa Samsung A51 dapat menembus angka 175 ribuan. Angka ini sebenarnya tidak terpaut terlalu jauh dengan performa Samsung M30s yang dibandrol dengan harga 3 jutaan saja. 

Secara umum, smartphone ini cukup baik dalam menjalankan aplikasi yang cukup berat. Namun tentu saja, performa dari chipset Samsung A51 tidak akan mampu bersaing dengan chipset Snapdragon seri ke7 ataupun 8.

Gimana? Masih semangat ingin membeli Samsung A51? Monggo..

2. Sensor Biometrik yang Kurang Optimal

Samsung Galaxy A51 didukung dengan fitur sensor biometric. Di mana dengan adanya teknologi ini, kamu dapat menerapkan sistem keamanan dengan menggunakan deteksi wajah maupun sidik jari pada layar.

Secara umum tidak ada masalah dengan fungsi sensor biometric ini, namun bila kita amati dengan seksama. Kekurangan Samsung A51 menjadi semakin terasa, karena sensor biometric yang tersemat di dalamnya tidak memiliki responsivitas yang cukup baik.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51

Menurut salah satu kanal gadget di dunia maya, sensor biometric Samsung A51 sebenarnya cukup baik. Hanya saja bila ditinjau dari aspek kecepatan atau sensitivitas, sepertinya masih kurang cepat. *lebih kurang begitu maknanya bro.

3. Supply Baterai Kurang Kenceng Bro

Salah satu kekurangan Samsung A51 ini yaitu tingkat kecepatan supply baterainya. Meskipun Samsung A51 menyebutkan bahwa dirinya mendukung teknologi fast charging, namun hal tersebut tidak serta merta membuat catatan waktunya sesuai dengan ekspektasi kita.

Jika kita mengutip informasi dari GSMArena, Samsung A51 ternyata dapat terisi full bila discharging selama dua jam lebih. Tentu saja bila mengingat klaim mereka mengenai fast charging, durasi 2 jam ini bukanlah waktu yang singkat.

Jadi, bila menurut kamu waktu 2 jam dirasa terlalu lama, sepertinya Samsung A51 ini kurang cocok buat kamu yah.

4. Performa Kamera Kurang Optimal Dalam Keadaan Minim Cahaya

Secara umum memang benar, kelebihan Samsung A51 terletak pada kamera yang dimilikinya, dengan kekuatan 48 MP. Akan tetapi perlu diingat, efektifitas dari kamera tersebut ternyata hanya bisa dicapai, bila kondisi objek yang hendak ditangkap berada dalam keadaan cukup pencahayaan.

Adapun bila kondisi objek berada dalam keadaan minim cahaya, maka hasil tangkapan kamera akan sedikit kurang maksimal.

Jadi, buat kamu yang suka menangkap gambar di tempat gelap, kami rasa kamu akan kurang puas dengan hasil jepretan Samsung A51.


Spesifikasi Samsung Galaxy A51

UMUM:

Diumumkan

Desember, 2019

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY:

Dimensi

158.5 x 73.6 x 7.9 mm

Berat

172 g

LAYAR:

Jenis

Layar sentuh kapasitif Super AMOLED

Ukuran

6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3

Resolusi

1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~405 ppi)

HARDWARE:

Chipset

Exynos 9611 (10nm)

CPU

Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)

GPU

Mali-G72 MP3

MEMORY:

RAM

4 GB, 6 GB

Memori Internal

64/4 GB, 128/4 GB, 128/6 GB (Indonesia)

Memori Eksternal

microSD, hingga 1 TB (slot khusus)

KAMERA UTAMA:

Jumlah Kamera

4

Resolusi

48 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP

Fitur

- 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF

- 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm

- 5 MP, f/2.4, 40mm (telefoto), kamera makro khusus

- 5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0", 1.12µm, sensor mendalam

Fitur: LED flash, panorama, HDR

Video

2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps; gyro-EIS

KAMERA SELFIE:

Jumlah Kamera

1

Resolusi

32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8", 0.8µm

Fitur

HDR

Video

1080p@30fps

KONEKTIVITAS:

Wlan

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

Infrared

NFC

GPS

A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

USB

2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

BATERAI:

Jenis

Li-Po

Kapasitas

4000 mAh tidak dapat dilepas

WIRELESS CHARGING:

Fitur

Pengisian baterai cepat 15W

FITUR:

OS (Saat Dirilis)

Android 10

Sensor

Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+

3.5mm Jack

Warna

Prism, Crush Black, White, Blue, Pink

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51
Kelebihan dan Kekurangan Samsung A51

Kesimpulan

Secara umum Samsung A51 adalah smartphone yang cukup baik dalam hal performa. Hanya saja dalam beberapa tinjauan aspek, smartphone ini dirasa terlalu mahal dengan performa chipsetnya saat ini.

Mungkin ini saja penjelasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A51. Semoga penjelasan singkat ini dapat memberi pencerahan kepada kamu, khususnya terkait keunggulan dan spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A51. 

Bila dirasa tulisan ini bermanfaat, bantu kami dengan mensharenya yah.. ingat, share itu gratis. Terima kasih.

Baca juga tulisan kami mengenai spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M21

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.