Widget HTML Atas

SEO Lokal : Cara Optimasi dan Penjelasan Singkatnya

Balik lagi di SEO Kilat. Sesuai dengan judul yang Anda lihat, tulisan super singkat ini akan menyampaikan kepada kita, bagaimana cara mengoptimalkan SEO lokal bagi website yang kita kembangkan.

Cara optimasi SEO lokal
Cara optimasi SEO lokal

Salah satu langkah optimasi yang dapat meningkatkan nilai SEO bagi website adalah mengoptimalkan SEO lokal. Optimalisasi SEO lokal adalah upaya pengoptimalan web, agar konten atau produk yang kita tawarkan melalui website dapat lebih mudah muncul di halaman pertama pencarian lokal. 

Setelah kita melakukan optimasi SEO lokal, website atau brand yang kita miliki bukan hanya muncul pada pencarian Google. Lebih dari itu, produk, ataupun jasa yang kita miliki nantinya juga akan tampil pada pencarian Google maps. Menguntungkan bukan? Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan SEO lokal? Simak langkah berikut ini.

Apa itu SEO Lokal?

Sebelum masuk ke cara optimasi SEO lokal, coba pahami pengertian SEO Lokal berikut ini:
SEO lokal adalah istilah dalam optimasi mesin pencari yang memusatkan teknik optimalisasi SEO kepada pengguna search engine lokal (wilayah terdekat).
Salah satu ciri optimasi SEO lokal yaitu dengan menyisipkan keyword “daerah” di dalam keyword utamanya. Seperti: “Sekolah termahal di Medan”, “Hotel murah di Medan”, “Jasa SEO Medan” dan keyword-keyword lainnya yang melibatkan nama daerah atau kota. 

Cara Optimasi SEO Lokal dengan Google Bisnisku

Untuk mengoptimalkan SEO lokal, langkah yang harus kita ambil adalah melakukan pendaftaran produk, brand, ataupun layanan jasa yang kita miliki ke situs Google bisnisku. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah Mendaftar di Google Bisnisku

1. Masuk ke situs Google Bisnisku

2. Tulis nama bisnis atau produk atau layanan jasa Anda 

3. Isi lengkap data akun, seperti: alamat kantor, alamat toko, alamat restoran, atau alamat layanan jasa Anda

4. Lakukan penyesuaian alamat bisnis dengan Google maps

5. Isi kategori bisnis Anda

6. Isi nomor telepon (bisa juga nomor HP)

7. Isi alamat website Anda (disinilah letak sisi optimasinya)

8. Pilih yes atau no (untuk menerima kabar terbaru dari Google bisnisku)

9. Lakukan verifikasi bisnis 

10. Selesai
  
Untuk masalah verifikasi, kode yang dikirim ke alamat bisnis mungkin memiliki perbedaan waktu sampai. Secara umum, paling lambat adalah 4 hari kerja. Namun dalam beberapa keadaan, waktu sampai kode verifikasi bisa lebih lama. Sabar saja.

Mengisi Deskripsi Google Bisnisku

Setelah selesai melakukan verifikasi, langkah berikutnya adalah mengisi beberapa data tambahan untuk Google bisnisku. Seperti: 
• Mengisi deskripsi bisnis
• Mengganti foto profil, sampul, dan beberapa video bisnis (jika ada)
• Menambahkan jam operasional
• Menambahkan fasilitas tertentu (jika ada)
• Menampilkan menu/produk

Setelah menyelesaikan semua tahap di atas, Anda dapat melihat bahwa alamat bisnis (plus website) Anda akan jauh lebih teroptimasi saat user melakukan pencarian di search engine, khususnya pada keyword-keyword lokal.
Selain fokus terhadap keyword spesifik (lokal), algoritma mesin pencari juga memprioritaskan website atau alamat bisnis terdekat, dalam menampilkan hasil pencarian kepada user search engine. Algoritma akan melakukan sinkronisasi terhadap lokasi perangkat user dengan database lokal yang tersimpan di dalam mesin pencari.  
Cara optimasi SEO lokal
Ilustrasi Optimasi SEO Lokal
Gambar di atas adalah hasil pencari search engine Google dengan menghidupkan lokasi perangkat di wilayah Medan

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari pembahasan kali ini yaitu secara umum SEO lokal tidak berbeda jauh dengan tujuan utama SEO yang biasa kita dengar, baik melalui artikel ataupun media sosial. Hanya saja, optimasi SEO lokal lebih berfokus pada keyword daerah setempat dengan daya jangkau yang cenderung lebih sempit.

Demikian saja pembahasan singkat kali ini terkait cara optimasi SEO lokal. Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat dan membantu para pembaca, khususnya para pendatang baru di dunia blogging yang ingin mengoptimalkan SEO websitenya. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, sampai jumpa di pembahasan kita berikutnya.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.