Widget HTML Atas

Jenis-Jenis Domain dan Kaitannya Dengan SEO

Salah satu istilah (kata) yang paling akrab di telinga seorang blogger selain SEO adalah domain. Ibarat kata, istilah domain sama akrabnya dengan istilah paracetamol bagi seorang apoteker. Kendati demikian, tidak sedikit para blogger yang belum mengenal secara kaffah apa itu domain dan jenis-jenisnya. 
Jenis-jenis domain
Jenis-jenis domain

Pada tulisan singkat ini kami akan coba jelaskan kepada Anda, apa sih yang dimaksud dengan domain, dan apa saja jenis-jenisnya. 

Namun sebelum lanjut ke pembahasan utama, seperti biasa kami ingin mengingatkan kepada para pembaca, mari dukung perkembangan situs SEO Kilat dengan membagikan tulisan kami ke sosial media Anda. Semoga dengan share yang Anda berikan, akan dibalas kebaikan oleh yang Maha Kuasa.

Baik! Untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak materi selengkapnya tentang domain di bawah ini.


Apa itu Domain?

Bila kita mengutip pengertian domain dari Wikipedia, disebutkan bahwa nama domain atau yang biasa disebut dengan domain adalah sebuah nama unik yang dibuat untuk mengenali nama server komputer, semisal: email server, atau web server di dalam jaringan internet

Dalam perspektif yang berbeda, istilah domain juga mengarah pada makna kesatuan dari sebuah website, seperti : seokilat.com. Istilah domain terkadang diganti oleh sebagian orang dengan sebutan URL (Uniform Resource Locator).*
*Sedikit diubah untuk menghindari plagiat


Apa Fungsi Domain?

Secara umum, domain berfungsi sebagai media identifikasi yang mempermudah warganet dalam mengenali name server, tanpa harus mengingat deretan angka rumit yang dikenal dengan sebutan IP Address.


Jenis-Jenis Domain Berdasarkan Levelnya

Berbicara mengenai jenis domain, tentu ada perbedaan klasifikasi terkait aspek peninjauan jenis domain tersebut. Adapun jenis atau klasifikasi domain yang akan kami sampaikan, ditinjau berdasarkan level atau tingkatan domain tersebut.

1. Top Level Domain (TLD) / Domain Level Atas

Ditinjau berdasarkan level atau tingkatannya, jenis domain pertama adalah Top Level Domain atau yang biasa kita kenal dengan sebutan TLD. Salah satu contoh dari TLD atau Top Level Domain ya seperti domain seokilat.com. Untuk mengenal lebih detail apa itu Top Level Domain, di bawah ini telah kami rangkum klasifikasi TLD secara ringkas untuk Anda. 

a. CCTLD

CCTLD adalah singkat dari country code top level domain. CCTLD memiliki ekstensi yang berfungsi sebagai identitas dari sebuah negara. Contohnya, ilmupengetahuan.id. Ekstensi (.id) dari domain tersebut merujuk pada negara kita Indonesia.  

Terkait registrasi, tidak ada batasan bagi individu yang ingin mendaftarkan domain CCTLD (country code top level domain). Bahkan, sekalipun kita bukan warga negara yang bersangkutan, kita tetap dapat mendaftarkan domain name tersebut atas nama kita. Sebagai contoh, Andi seorang warga negara Indonesia, tetap dapat melakukan registrasi domain dengan ekstensi (.jp) yang notabene merupakan ekstensi domain milik Jepang.

b. GTLD

GTLD atau generic top level domain adalah sebutan untuk domain umum, seperti : (.com), (.org), (.net) dan lain-lain. Domain GTLD dapat didaftarkan oleh siapapun dan tidak ada syarat yang memberatkannya.

c. PTLD

PTLD adalah singkatan dari premium top level domain. Salah satu ciri khas dari domain jenis PTLD yaitu ekstensinya yang dapat kita custom sesuai minat atau sesuai kebutuhan kita. Contoh ekstensi domain PTLD seperti: (.site), (.travel), (.web) dan dot-dot lainnya :b

2. Second Level Domain / Domain Level Dua

Jika TLD (top level domain) cenderung mengarah kepada ekstensi dari sebuah domain name, sebaliknya! Second level domain atau domain level dua adalah menjelaskan tentang nama dari sebuah domain, atau yang biasa kita sebut dengan domain name. Sebagai contoh: www.seokilat.com. Penggalan kata “seokilat” dari domain www.seokilat.com adalah second level domain yang kita maksud disini. Nama domain yang kita daftarkan kepada penyedia domain, adalah second level domain dalam pembahasan ini.

3. Third Level Domain

Third level domain ini lebih akrab dengan sebutan sub domain di kalangan para blogger. Fungsinya pun juga sangat beragam, mulai dari sub informasi dari domain utama, membuat portal news atau berita, hingga kegunaan untuk membuat website jual beli. 

Contoh penggunaan dari third level domain, seperti: marketing.seokilat.com, ebook.seokilat.com, blog.seokilat.com, dan lain-lain.

Apakah Ekstensi Domain Berpengaruh Pada SEO?

Secara umum, Google telah menjelaskan bahwa ekstensi dari sebuah domain tidak memiliki korelasi apapun terhadap optimasi SEO. Google selaku mesin pencari tidak membedakan kedudukan sebuah konten berdasarkan ekstensi domainnya. Baik itu .com, .org, .net, dan dot-dot lainnya semua dipandang sama oleh Google. Ini secara umum. Namun ada pengecualian, apa itu?

Pengecualian disini yaitu penggunaan domain dengan ekstensi kode negara, seperti .id untuk Indonesia, .jp untuk Jepang, .in untuk India, dan ekstensi kode negara lainnya. Ekstensi jenis ini umumnya memiliki nilai optimasi lebih baik dengan negara yang bersangkutan. Sebagai contoh, Andi adalah seorang warga Indonesia yang bermukim di pulau Jawa. Ia melakukan browsing dengan keyword “beruang hitam” melalui mesin pencari Google. Ketika search engine melakukan processing data, website yang membahas beruang hitam dengan ekstensi domain.id akan memiliki peluang muncul lebih besar di hasil pencarian Andi, ketimbang website dengan ekstensi domain.jp bila nilai optimasi yang dilakukan sama rata.

Kesimpulan

Sebenarnya pembagian jenis domain sangat relatif, tergantung dari aspek mana kita menilainya. Adapun pembagian jenis domain di atas hanya ditinjau berdasarkan level atau tingkatannya saja. Untuk soal SEO seperti yang sudah kita jelaskan di atas. Secara umum, ekstensi domain tidak berpengaruh terhadap hasil pencarian Google, hanya saja dalam beberapa kondisi, ekstensi domain yang melibatkan kode negara cenderung lebih optimal di dalam mesin pencari, jika pencarian tersebut dilakukan di dalam negara yang bersangkutan dengan domain tersebut.

Mungkin ini saja pembahasan kita mengenai jenis-jenis domain berdasarkan level atau tingkatannya. Seperti biasa, bila Anda merasa terbantu dengan tulisan ini, beri kami dukungan dengan membagikan artikel tentang jenis domain ini ke sosial media Anda. Terima kasih dan sampai jumpa! 

Baca juga artikel terbaru kami tentang cara membuat link WA di instagram dan Facebook. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.