Widget HTML Atas

Apakah Wudhu Batal Jika Keluar Angin Dari Kemaluan?

Apakah wudhu batal
Apakah Wudhu Batal Jika Keluar Angin Dari Kemaluan?

Apakah Wudhu Batal Jika Keluar Angin Dari Kemaluan?

Pertanyaan, Batalkah Wudhu Seorang Wanita Yang Mengeluarkan Angin Dari Kemaluannya (Farajnya)

Pertanyaan dijawab oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin pernah ditanya perihal keluarnya angin dari kemaluan wanita, apakah hal tersebut dapat menyebabkan batalnya wudhu ataukah tidak? 

Beliau, yakni Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin pun menjawab, bahwa angin yang keluar dari kemaluan wanita tidak membatalkan wudhu karena angin itu tidak keluar dari tempat najis sebagaimana keluarnya angin dari dubur. [Fatawa wa Rasa'il Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin, 4/1977]

Pertanyaan serupa muncul, apakah angin yang keluar dari kemaluan wanita dapat membatalkan shalat? 

Dikarenakan, banyaknya pertanyaan serupa dan beragamnya jawaban dari para ulama, maka Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta' pun menetapkan fatwa ini agar lebih banyak manfaatnya

Sebuah pertanyaan ditujukan kepada Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta' perihal seorang wanita. Bagaimana jika saat wanita tersebut sedang melakukan shalat, termasuk ruku' dan sujud, lalu keluar angin dari farj (kemaluannya) khususnya pada waktu sujud, duduk diantara dua sujud, duduk tasyahud dan ruku, terkadang keluarnya angin ini terdengar oleh rekannya yang berada di sebelahnya, apakah kondisi/keadaan seperti ini dapat membatalkan shalat wanita tersebut? Dan terkadang angin yang keluar itu amat sedikit sekali sehingga tidak terdengar, apakah hal serupa ini membatalkan wudhu dan juga shalat ?

Jawaban Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta'
Keluarnya angin dari kemaluan wanita tidak membatalkan wudhu dan juga tidak membatalkan shalat.
[Fatawa Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta, 5/1599]

Tulisan ini disalin dari buku Al-Fatawa Al-Jami'ah Lil Mar'atil Muslimah, edisi Indonesia. Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, terbitan Darul Haq hal. 16 penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin.

Bagaimana? Itu dia jawaban dari Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta tentang apakah wudhu batal jika keluar angin dari kemaluan bagi seorang wanita. Semoga jawaban diatas membantu para pembaca dimana pun berada. Syukron jazakumullah khoir atau perhatian dan waktunya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. 




Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.