Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Authority Website dan Cara Optimasi yang Benar

Diantara cara yang dapat memudahkan kita untuk masuk ke halaman pertama Google tidak lain adalah meningkatkan authority website atau blog. Website yang memiliki high authority cenderung lebih diutamakan untuk masuk ke halaman pertama Google. 

Meskipun belum ditemukan penjelasan secara ilmiah terkait hal ini, namun fakta lapangan cukup membuktikan, bahwa authority dari sebuah website sangat berpengaruh besar di dalam SERP. Itulah sebabnya, meningkatkan authority website merupakan sebuah PR penting, jika seorang webmaster tersebut hendak mendominasi halaman pertama Google. Sebenarnya apa sih authority itu? Dan bagaimana cara meningkatkannya?
Domain authority page authority
Apa itu DA PA? 


Apa itu DA dan PA?

DA (Domain Authority) adalah sebuah metrik yang menunjukkan nilai kekuatan atau otoritas dari sebuah domain. Website atau blog yang memiliki DA tinggi umumnya menunjukkan, bahwa domain pada website tersebut mempunyai kapasitas unggul, khususnya dalam hal popularitas.

PA (Page Authority) adalah nilai taksiran ranking dari sebuah web atau blog di dalam mesin pencari. Semakin tinggi nilai PA dari sebuah web, maka persentase peluang untuk masuk ke halaman pertama Google akan semakin meningkat pula.

Baik DA maupun PA sama-sama memiliki skala metrik yang sama, yaitu 1-100. Semakin tinggi nilainya, maka akan semakin baik pula sebagai indikator SEO.

Cara Meningkatkan DA dan PA

Tidak ada trik khusus untuk meningkatkan DA dan PA. Jika Anda bersungguh-sungguh dan menerapakan 2 poin di bawah ini, DA dan PA Anda saya jamin akan meningkat drastis in syaa Allah.
  • Lakukan guest post (untuk mendapatkan backlink)
  • Update konten 1 kali sehari (minimal 500 kata)
Namun perlu diingat! saat Anda melakukan guest post, perhatikan pula spesifikasi domain website tersebut. Semakin tinggi DA dan PA domain tempat Anda melakukan guest post, maka akan semakin cepat pula progress DA dan PA domain Anda. Tidak lupa pula, periksa spam score domainnya. Jangan pernah menanam backlink dengan guest post pada website dengan spam score yang tinggi.

Tujuan dari guest post ini adalah mendapatkan backlink dofollow dari website tempat kita melakukan guest post.

Note: Anda bisa mengecek keterangan DA, PA, maupun SS (spam score) dari calon website guest post Anda di situs https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/