Na'am: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab

Na'am Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab Demikian pembahasan dan penjelasan Kita mengenai Na'am: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab. Semog
Na'am Artinya
Na'am: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab

Na'am: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab

Na'am Artinya - Balik lagi di kanal informasi pusat solusi Kamu. Masih di sesi mengenal bahasa arab, kemarin Kita sudah jelaskan apa arti antum, bagaimana penggunaannya, dan klasifikasi antum sebagai kata ganti. Nah! kali ini Kita akan membahas salah satu kata paling populer, dan pasti Kita gunakan sehari-hari, bila Kita tinggal di lingkungan yang islami, khususnya pesantren.

Betul, Kita akan jelaskan tentang pengertian kata na'am, kapan harus menggunakan kata na'am, dan beberapa kata singkat lainnya yang masih berkaitan dengan na'am. Seperti arti na'am syukron, na'am tafadhol, na'am khair, dan lainnya. Tapi sebelum masuk ke bawah, jangan lupa yah, bagikan artikel ini ke grup edukasi pelajar Kalian. Biar semakin banyak teman-teman yang paham tentang bahasa arab.

Pengertian Na'am

Na'am adalah kosa kata bahasa arab yang terdiri dari 3 huruf, yaitu (ن) - (ع) - (م), yang digabungkan menjadi نعم. Di Indonesia sendiri, kata na'am sudah hampir menjadi bahasa serapan. Artinya, dalam jumlah yang banyak dari penduduk Indonesia sudah mengerti arti kata na'am saat terjadi percakapan. Namun, meskipun na'am sudah hampir menjadi bahasa serapan, masih banyak koq yang belum mengerti apa arti na'am.

Na'am Artinya?

Secara makna, Na'am artinya adalah Ya atau Iya. Dalam beberapa konteks kalimat/percakapan, kata na'am juga bisa diartikan sebagai betul atau benar. Jawaban na'am biasa digunakan tatkala terjadi percakapan antara kedua belah pihak, yang mana pihak pertama ingin memastikan kebenaran sesuatu terhadap pihak kedua. Bila Kamu mempelajari buku hiwar (percakapan bahasa arab), kata na'am pasti sudah tidak asing lagi di telinga Kamu.

Tulisan Arab Na'am

Bagi Kamu yang mungkin membutuhkan teks arab kata na'am, entah itu untuk menjawab chat seseorang, ataupun untuk kebutuhan tugas sekolah di materi bahasa arab. Kalian bisa copy teks arab di bawah ini. 

نعم

Jawaban Na'am

Mungkin bagi Kamu yang belum mengerti bahasa arab, kemudian terpaksa chating dengan teman yang terbiasa menggunakan kosa kata arab, pasti pernah dijawab dengan kata Na'am. Nah! tentu Kamu sedikit bingung, harus menjawab apa saat lawan chat mengatakan na'am.

Perlu kamu ketahui, sebenarnya ungkapan kata na'am bisa dibilang merupakan penutup sederhana. Sebagai contoh kalmat percakapan di bawah ini.

  • Rudi: Andi! Jangan lupa besok bawa buku laporan Kita yah?
  • Andi: Na'am

Jawaban na'am dari Andi bisa dikategorikan sebagai penutup, karena bukan merupakan kata tanya.  Namun, sebenarnya Kita juga bisa menjawab kata na'am dari Andi, dengan mengucapkan kata terima kasih, seperti mengatakan : Jazakallah khair!

Arti Na'am Syukron

Na'am Syukron adalah kalimat bahasa arab yang terdiri dari 2 suku kata, yaitu na'am dan syukron. Na'am artinya Ya atau Iya, dan Syukron artinya terima kasih. Dalam percakapan bahasa arab, Na'am syukron biasa digunakan untuk menjawab lawan bicara yang ingin memastikan sesuatu kepada Kita. Berbeda dengan kata na'am yang singkat. Na'am syukron artinya Ya, Terima Kasih!

Ungkapan ini jauh lebih sopan, dan mengandung tata krama, dibanding dengan kata na'am saja (tanpa syukron). Sebab didalamnya terdapat unsur penghargaan dengan mengatakan terima kasih.

Tabel Kalimat Singkat Dengan Kata Na'am

Kalimat Artinya 
Na'am Syukron  Iya, Terima Kasih 
Na'am Umm Iya, Bu.. 
Na'am Akhi  Iya, Saudaraku (Untuk Laki-laki) 
Na'am Ukhti  Iya, Saudaraku (Untuk perempuan)
Na'am Laa Ba'sa  Iya, Gak Apa-apa 
Na'am Ikhwan Baik Saudara-saudaraku 
Na'am Qolby Maak  Iya, Hatiku Bersamamu 

Kata Na'am di dalam Al-Quran

Na'am sebagai kosa kata bahasa arab juga disebutkan di dalam Al-Quran surah Al-A'raf ayat 44, di mana Allah berfirman:

وَنَادٰٓى اَصْحٰبُ الْجَنَّةِ اَصْحٰبَ النَّارِ اَنْ قَدْ وَجَدْنَا مَا وَعَدَنَا رَبُّنَا حَقًّا فَهَلْ وَجَدْتُّمْ مَّا وَعَدَ رَبُّكُمْ حَقًّا ۗقَالُوْا نَعَمْۚ فَاَذَّنَ مُؤَذِّنٌۢ بَيْنَهُمْ اَنْ لَّعْنَةُ اللّٰهِ عَلَى الظّٰلِمِيْنَ

"Dan para penghuni surga menyeru penghuni-penghuni neraka, “Sungguh, kami telah memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan kepada kami itu benar. Apakah kamu telah memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan kepadamu itu benar?” Mereka menjawab, “Benar.” Kemudian penyeru (malaikat) mengumumkan di antara mereka, “Laknat Allah bagi orang-orang zalim,

Demikian pembahasan dan penjelasan Kita mengenai Na'am: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab. Semoga dengan penjelasan ini Kamu dapat mempraktekkan secara langsung, baik itu memahami serta menjawab percakapan bahasa arab dari lawan bicaramu. Seperti biasa, bila Kamu mendapatkan hal bermanfaat dari konten ini, jangan lupa bagikan ke sosial mediamu. Bantu kami mengedukasi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Lainnya: Antum Artinya?