Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Marketing, Definisi, dan Marketing Executive

Tugas Marketing adalah
Tugas marketing Executive

Tugas Marketing - Balik lagi di hamalan web seokilat.com, setelah sebelumnya kita membahas mengenai mengenai marketplace terbaik di Indonesia, pada kesempatan ini kita akan coba membahas mengenai tugas seorang atau divisi marketing dalam sebuah perusahaan atau badan usaha. Harapan kami setelah membaca tulisan ini, para pembaca dapat teredukasi dan lebih memahami peran sebagai seseorang yang ditempatkan di bagian marketing. Sehingga dapat lebih totolitas dan tentunya menghasilkan penjualan sesuai harapan. Baik langsung saja simak penjelasan kami selengkapnya di bawah ini.

Definisi Marketing

Untuk lebih memahami tugas seorang marketing, kita perlu memahami pengertian marketing dengan baik. Merujuk ke salah satu kanal ensiklopedia terbesar di dunia, Marketing adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Kata marketing sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, namun hampir menjadi bahasa serapan dalam masyarakat Indonesia.

Tugas Marketing

Dengan melihat sekilas definisi atau pengertian marketing, tentunya kita dapat memahami secara umum apa saja tugas divisi marketing. Namun, untuk memahami tugas marketing dengan lebih baik, berikut di bawah ini lebih kami rinci apa saja yang menjadi tugas bagian marketing dan bagian-bagiannya.

1. Marketing Promosi

Seseorang yang ditempatkan di bagian marketing promosi, memiliki peran atau tugas yaitu mengenalkan suatu produk kepada masyarakat luas, agar produk tersebut menjadi lebih familiar atau lebih dikenal oleh publik.

2. Marketing Communication

Dalam sebuah perusahaan, posisi marketing communication berperan sebagai sosok yang mengatur jalannya komunikasi agar menjadi lebih baik lagi. Baik itu komunikasi antara perusahaan dan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar, dan perusahaan dengan pihak terkait dalam bisnis. Goal dari divisi ini adalah menjalin hubungan baik dengan seluruh pihak yang akan membangun perusahaan.

3. Marketing Riset dan Pengembangan

Seseorang yang ditempatkan di bagian marketing riset dan pengembangan, memilik tugas yaitu mencari informasi tentang suatu produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan inovasi baru terhadap produk yang sudah ada, khususnya menganalisa kelebihan dan kekurangannya. Setelah mendapatkan hasil riset, divisi ini bertanggung jawab untuk melaporkan hasil risetnya ke perusahaan, untuk dievaluasi. Apakah layak untuk dijalankan atau tidak.

4. Marketing Sales/Penjualan

Dari keseluruhan tugas marketing, tentu goal akhirnya adalah penjualan produk. Dalam hal ini, marketing sales memiliki peran yang sama pentingnya dengan bagian marketing yang kita sebutkan di atas. Marketing sales memiliki tugas melakukan promosi produk, penjualan atau layanan jasa.

Dari penjelasan di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa tugas dari divisi marketing dalam sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Sebagai pihak yang mengenalkan suatu produk ke konsumen atau masyarakat. Terlebih khusus produk baru yang belum pernah ada di pasaran.

2. Bertugas menjual produk ke konsumen untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

3. Melakukan riset pasar dan produk agar mampu menghasilkan suatu produk yang memang dibutuhkan oleh pasar.

4. Membangun hubungan baik antara perusahaan dan konsumen/masyarakat.

5. Menjadi jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan pihak yang terlibat dalam bisnis.


Marketing Executive

Sebenarnya pembahasan marketing executive ini tidak berbeda jauh dengan tugas marketing yang telah kita jelaskan di atas. Karena hakikatnya pembahasan tentang marketing adalah pembahasan tentang pemasaran dan penjualan. Hanya saja, mungkin penggunaan istilah marketing executive lebih sering digunakan di sebuah perusahaan besar atau perusahaan yang telah memiliki struktur lebih kompleks.

Apa itu Marketing Executive?

Marketing Executive adalah sebuah profesi atau jabatan di dalam perusahaan, yang bertanggung jawab atas kampanye pemasaran, promosi produk, layanan, serta acara yang berkaitan dengan pemasaran produk dari sebuah perusahaan. Tujuan dan fungsi utama dari Marketing Executive adalah memaksimalkan keuntungan perusahaan melalui marketing yang tepat dalam menjaring konsumen.

Tugas Marketing Executive

Untuk lebih memaksimalkan kinerja seorang yang terjun di bidang marketing, kita tentu perlu mengetahui apa saja tugas yang perlu kita maksimalkan untuk mengembangkan perusahaan. Berikut di bawah ini adalah beberapa tugas pokok dari marketing executive.

  • Melakukan riset pasar dan analisis produk untuk melihat lebih jauh kebutuhan konsumen 
  • Memelihara website dan melakukan analisis data 
  • Melakukan update basis data dengan sistem Customers Relationship Management (CRM)
  • Mengorganisir acara untuk kebutuhan pemasaran
  • Menulis atau mengoreksi copywriting
  • Kolaborasi dengan tim desain untuk memperkuat branding
  • Membuat iklan, baik di media konvensional maupun media digital.
  • Manajemen kampanye iklan di sosmed. Seperti di FB Ads, IG Ads, TikTok Ads, Google Ads dan lainnya
  • Memperhatikan pergerakan kompetitor agar mampu bersaing dalam menguasai pasar.
  • Melakukan kolaborasi dengan media online atau penerbit untuk menghasilkan produk banner, pamflet buletin, atau sejenisnya.
  • Mencari sumber dana, investor atau sponsor

Gaji Marketing Executive

Jika berbicara soal gaji, pada umumnya seseorang yang mengambil posisi di marketing executive memiliki gaji atau upah kerja Rp 5,5 juta hingga Rp 15 juta perbulannya. Namun angka ini tentu sangat relatif tergantung kualifikasi individu juga.


4 Strategi Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, tidaklah cukup hanya mengandalkan tekad kuat semata. Ada ilmu khusus yang mengedukasi kita bagaimana agar penjualan dapat terjadi dan tentunya semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Berikut di bawah ini kami telah susun 4 langkah atau strategi marketing yang biasa disebut dengan istilah 4 P.

1. Produk (Product)

Salah seorang pengusaha muda Indonesia, yakni Tengku Wisnu pernah mengatakan, bahwa marketing terbaik sebenarnya adalah produk itu sendiri. Sebuah produk yang berkualitas akan mampu mengundang konsumen lainnya dengan sendirinya. Sebab dengan produk yang berkualitas pula, orang-orang akan senang hati mempromosikan produk kita ke orang-orang terdekatnya.

Melakukan sebuah bisnis bukan soal selera kita selaku owner, tapi kita harus jeli melihat produk apa yang dibutuhkan oleh orang-orang. Karena ketika kita berbicara bisnis, itu berarti kita berbicara soal selera orang lain.

2. Tempat (Place)

Dalam sebuah bisnis, memiliki tempat yang startegis adalah suatu keharusan. Mulai dari kemudahan akses lokasi, sampai tingginya trafik adalah beberapa indikator yang umumnya dimiliki oleh tempat strategis. Hal ini sangat penting. Sebab sebaik apapun produk yang kamu miliki, bila konsumen mengalami banyak hambatan untuk membeli produkmu, cepat atau lambat bisnis tersebut pasti akan mengalami gulung tikar. Begitu pula soal trafik, seluas apapun dan selebar apapun jalan menuju tokomu, bila lokasi tersebut minim akan trafik, maka kamu akan menghadapi banyak kendala dalam meningkatkan penjualan. Oleh karenanya, bila kita berbicara soal bisnis, perhatikanlah tempat. Di mana kita akan melakukan pemasaran.

3. Harga (Price)

Salah satu yang perlu dipikirkan dengan matang adalah penentuan harga produk atau layanan. Bagaimana agar harga tersebut dapat dijangkau oleh konsumen, dan tetap memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

4. Promosi

Dengan melakukan promosi yang tepat, kita bukan hanya sekedar menjual produk, namun kita juga membangun kedekatan dengan pelanggan. Dengan harapan pelanggan tersebut kembali membeli produk atau layanan jasa dari kita. 

Keempat pilar ini wajib kita terapkan dalam strategi pemasaran. 

Mungkin demikian saja pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Tugas Marketing, Definisi, dan Marketing Executive. Semoga dengan penjelasan singkat yang kami sampaikan semakin menambah semangat kepada tim marketing dalam meningkatkan penjualan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kalian agar semakin banyak orang-orang yang memahami dunia marketing dan tentunya semakin baik dalam berbisnis.

Lainnya: Cara Menggunakan Google Ads

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Tugas Marketing, Definisi, dan Marketing Executive"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote