Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Sunnah-Sunnah di Hari Jumat yang Perlu Kamu Tahu!

seokilat.com - Sebagai seorang muslim, tentu kita tahu bahwa ada keutamaan yang sangat besar pada hari Jum'at. Dan sudah seharusnya pula, kita bersemangat dan berbahagian dengan datangnya hari Jum'at tersebut, dengan memperbanyak amal sholeh. 

Wawasan Islam : Daftar Mesjid di Jepang

Sunnah-Sunnah di Hari Jumat
Sunnah-Sunnah di Hari Jumat

Sunnah-sunnah di Hari Jum'at

Nah! pada kesempatan kali ini aku ingin sedikit berbagi, yang hitung-hitung sebagai amal sholeh jariyah dengan menyampaikan satu dua hadits tentang hari Jum'at. Seperti apa kira-kira pembahasan kita kali ini? Berikut tentang sunnah-sunnah di Hari Jum'at yang sayang untuk dilewatkan.

1. Membaca Surah Sajadah dan Al-Insan

Salah satu sunnah yang dianjurkan ketika di hari Jum'at adalah membaca surah Sajadah dan Al Insan. Sunnah ini sangat selaras dengan apa yang disabdakan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ ( هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا) 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al Insan) pada raka’at kedua.” (HR. Muslim)

2. Memperbanyak Membaca Shalawat kepada Baginda Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam

Sunnah di hari Jum'at lainnya adalah memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi kita yang mulia Muhammad Shallalahu 'alaihi wa sallam, karena setiap shalawat yang kita baca dengan ikhlas mengharapkan ridho Allah, niscaya akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً 

“Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Thabrani)

3. Memperbanyak Doa di Hari Jum'at

Mungkin banyak diantara saudara muslim kita belum mengetahui bahwa salah satu amalan yang dianjurkan di hari Jum'at adalah memperbanyak doa dan memohon kebaikan kepada Allah. Karena hari Jum'at adalah salah satu waktu yang disebutkan Baginda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai waktu paling mustajab. Hal ini sebagaimana disabdakan beliau: 

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. ( HR. Bukhari dan Muslim).

4. Membaca Surah Al Kahfi

Salah satu sunnah yang dianjurkan untuk diamalkan di hari Jum'at adalah membaca surah Al-Kahfi. Hal ini juga termaktub di dalam kitab-kitab hadits, yang di mana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 

إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at” (HR. Hakim)

5. Mandi Jum'at

Salah satu amalan sunnah di hari Jum'at adalah membersihkan diri dengan cara mandi Jum'at. Mandi Jum'at ini maksudnya adalah mandi besar dengan meratakan air keseluruh permukaan tubuh, sebelum sholat Jum'at. Hal ini selaras dengan apa yang disabdakan Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam.

مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خَطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi pada awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi)

Mungkin demikian saja beberapa amalan sunnah di hari Jum'at yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan yang sedikit ini dapat bermanfaat, khususnya bagi diri penulis pribadi agar dapat dan tetap semangat mengamalkan Sunnah-sunnah di hari Jum'at. Sekian dan kami ucapkan terima kasih. Sampai jumpa di pembahasan kami berikutnya, Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Wawasan Islam : Daftar Ustadz Manhaj Salaf

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Berikut Sunnah-Sunnah di Hari Jumat yang Perlu Kamu Tahu!"