Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Hubungan Hardware, Software dan Brainware

hubungan hardware software dan brainware
hubungan hardware software dan brainware

Hubungan Hardware, Software dan Brainware

Hallo, kembali lagi di seokilat.com sebuah kanal informasi yang berperan menjawab pertanyaanmu. Muncul pertanyaan, sebenarnya apa hubungan Hardware, Software dan Brainware? Baik!, perlu teman-teman ketahui, hadware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna) sebenarnya merupakan 3 rangkaian komponen dasar yang sangat penting, sebab apabila salah satunya tidak saling melengkapi, maka akan mengakibatkan komputer tidak dapat berjalan dengan baik.

Untuk lebih memahami paragraf pembuka di atas, berikut di bawah ini kami jelaskan satu persatu apa yang dimaksud hardware, software, dan brainware.

1. Hardware (Perangkat Keras)

Hadware atau perangkat keras adalah suatu komponen yang terdapat dalam sebuah komputer. Hardware ini dapat dilihat dengan cara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Beberapa contoh dari hadware adalah sebagai berikut :

  • Perangkat input (masukan). Ini adalah sebuah perangkat keras yang dipakai untuk memasukkan (input) dari user (pengguna) yang akan di proses oleh komputer. Misalnya : mouse, keyboard, joystick, touchpad, ligh pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
  • Perangkat proses. Ini adalah suatu perangkat keras yang gunanya adalah untuk memproses masukan (input) yang sudah diberikan oleh pengguna (user). Misalnya : processor.
  • Perangkat output (keluaran). Ini adalah sebuah perangkat keras yang secara fungsi berperan untuk memperlihatkan hasil yang sudah di olah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna (user). Contohnya: monitor, printer, speaker, proyektor, plotter, dan lain sebagainya.

2. Software (Perangkat Lunak)

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Adapun data komputer yang disimpan dapat berupa progam yang berfungsi menjalankan suatu perintah di dalam sistem komputer. Software ini bersifat tak kasat mata dan tidak bisa dipegang. Beberapa contoh software adalah sebagai berikut :

  • Sistem operasi. Ini adalah suatu perangkat lunak atau software yang memang ada dan sebagai media penghubung antara user (pengguna) dengan hardware (perangkat keras). Contoh sistem operasi paling populer, seperti: Windows, Linux, dan Mac OS
  • Software aplikasi. Ini adalah suatu perangkat lunak yang berfungsi memenuhi kebutuhan atau kepentingan user (pengguna). Contohnya seperti : Microsoft Office, Libre Office, Corel Draw, Photosop, dan lain-lain.

3. Brainware (pengguna)

Adapun yang dimaksud brainware adalah pengguna yang mengoperasikan komputer itu sendiri. Brainware dapat diartikan manusia yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya manusia yang mengoperasikan, komputer tidak akan pernah bisa dijalankan. Maka, peran brainware disini sangatlah fital agar komputer dapat digunakan dan di operasikan dengan baik oleh penggunanya. Beberapa contoh Brainware, seperti:

  • Programmer. ini adalah manusia atau orang rang yang membuat program atau aplikasi yang digunakan dalam perangkat komputer.
  • Operator. Ini adalah manusia atau orang yang menjalankan sebuah program atau aplikasi yang digunakan dalam sebuah perangkat komputer sesuai petunjuk penggunaannya.
  • Teknisi. Yaitu manusia atau orang yang menguasai dengan dan bertanggungjawab atas maintenance dan segala macam permasalahan yang ada pada komputer.
  • Trainer. Yaitu orang yang tahu dan memahami segala pengetahuan dan ilmu tentang komputer dan mengajarkannya pada orang lain.
  • Desainer Grafis. Ini adalah sebutkan untuk orang yang mahir dalam membuat produk grafis melalui perangkat komputer.
  • Sistem Analis. Yaitu orang yang bertugas untuk menganalisa produk berupa program aplikasi komputer untuk dipastikan performa dan hasil akhirnya.
  • Database Administrator. Mirip programer, ini adalah orang yang bertanggungjawab mengelola dan mengatur database.
  • Teknisi Jaringan. Yaitu manusia yang mahir dalam hal jaringan dalam perangkat komputer.
  • Projek Manager. Sebutan untuk orang yang bertugas sebagai pimpinan sekaligus orang yang bertanggungjawab terhadap suatu proyek tertentu.
  • Konsultan. Ini adalah sebutan untuk orang yang memberikan konsultasi terhadap suatu hal dalam bidang tertentu.

Hubungan antara Hardware, Software dan Brainware

Hardware atau perangkat keras komputer apabila tanpa Software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Maksudnya adalah suatu komputer tidak akan berguna tanpa adanya hardware. Karena Software diciptakan untuk menulis fungsionalitas pada komputer tersebut, maka terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk di gunakan sesuai fungsinya tersebut. Apabila Hardware dan software komputer telah diciptakan, namun tidak terdapat Brainware untuk mengoprasikannya, maka komputer tersebut hanyalah seonggok mesin yang tidak memiliki fungsi (tidak bisa beroperasi). Atau dapat kita katakan sebagai robot yang diam. Maka, Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen yang penting, yang berfungsi mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionaliats. Serta, agar dari komputer itu kita semua dapat mengghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi penggunanya.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Hardware Software dan Brainware merupakan elemen atau pondasi penting untuk membangun sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan bagi para pengguna. Tidak adanya salah satu komponen pendukung tersebut akan menyebabkan infungsionalitas secara makna pada suatu perangkat komputer.

Info komputer lain: Perusahaan Komputer Paling Terkenal di Dunia

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Hubungan Hardware, Software dan Brainware"