Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Charles Babbage adalah Penemu Empat Barang Penting, Apa itu?

Charles Babbage adalah Penemu
Charles Babbage adalah Penemu

Hallo Assalamu'alaikum para warnet di mana pun kalian berada saat ini. Menapaki sejarah dunia penemu, terkadang membuat kita takjub, sedih, dan rasa bahagia. Karena dengan barang temuan mereka, kita dapat menikmati kemudahan dalam melakukan aktifitas yang sebelumnya tergolong berat, menjadi lebih ringan. Pada pembahasan yang lalu, kita pernah membahas mengenai daftar nama-nama penemu secara umum, yang di mana dalam daftar tersebut terkumpul banyak nama penemu, lebih kurang 50 nama dan barang temuannya. Nah! pada kali ini, seperti judul kita di atas, kita akan membahas mengenai siapa itu Charles Babbage?, apakah Ia termasuk seorang penemu? dan kalau benar, Charles Babbage adalah penemu apa?

Siapa Charles Babbage?

Mengutip dari halaman Wikipedia, Charles Babbage merupakan seorang berkebangsaan Britania Raya. Ia lahir pada 25 Desember 1792. Charles Babbage merupakan almamater dari Peterhouse, Cambridge, dan wafat pada usia 79 tahun. Charles Babbage dikenal sebagai sosok pria yang ahli di bidang matematika dan ilmu komputer.

Charles Babbage adalah Seorang Penemu

Apakah Charles Babbage adalah seorang penemu? Jawabnya: Betul! Charles Babbage adalah penemu beberapa barang penting saat ini, seperti : Komputer, mesin analitis, mesin diferensial, dan penghalau rintang. Mungkin kalau fungsi komputer sudah banyak yang tahu yah, tapi kalau mesin analitis, diferensial dan penghalau rintang, masih banyak yang belum tahu. Oke! aku akan jelasi di bawah satu persatu.

Fungsi Mesin Diferensial

Mesin diferensial adalah mesin hitung yang dirancang sekitar tahun 1820-an. Mesin ini pertama kali dibuat oleh seorang ilmuwan Inggris Charles Babbage. Secara fungsi, mesin diferensial merupakan kalkulator mekanis otomatis yang dirancang untuk membuat tabel fungsi polinomial

Fungsi Mesin Analitis

Mesin analitis atau the analytical engine merupakan komputer serba guna mekanis yang pertama kali diusulkan oleh matematikawan Inggris yaitu Charles Babbage. Mesin ini pertama kali dijelaskan pada tahun 1837, dan dianggap sebagai generasi penerus mesin diferensial Charles Babbage, yang juga merupakan perancang komputer mekanis yang lebih sederhana.

Fungsi Mesin Penghalau Rintang

Nah! adapun fungsi penghalau rintang yaitu sebagai alat untuk menghalau rintangan di jalur kereta api yang biasanya dapat menyebabkan kereta api mengalami anjlokan. Istilah penghalau rintang ini dalam bahasa Inggris adalah cowcatcher atau pilot, sedangkan dalam bahasa Belanda penghalau rintangan disebut istilah koevanger.

Sekedar intermezzo sebelum artikel ini berakhir, mengutip dari halaman kompas, ada sebuah fakta menarik mengenai Charles Babbage ini. Disebutkan bahwa ternyata otak dari Charles Babbage dimuseumkan di Hunterian Museum untuk keperluan sains. Diketahui Charles Babbage wafat 18 Oktober tahun 1871. Disinyalir bahwa Charles Babbage meninggal akibat penyakit yang diidapnya. Nah! itulah sekilas artikel kita mengenai Charles Babbage. Sebenarnya kita patut bersyukur, karena dengan temuan sosok tersebut ada banyak kemudahan aktivitas yang bisa kita lakukan. Sampai di sini saja pembahasan kita kali ini. Semoga tidak ada lagi yang bertanya, Charles Babbage itu penemu apa. Karena sudah jelas kita sampaikan di atas Charles Babbage adalah penemu mesin komputer, mesin analitis, mesin diferensial, dan mesin penghalau rintang.

Wawasan lain: Daftar Kereta Api Tercepat di Dunia

Keyword: charles babbage adalah penemu brainly

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Charles Babbage adalah Penemu Empat Barang Penting, Apa itu?"