Jenis jenis kontras dalam Desain Grafis, Desainer Pemula Wajib Tahu!

Apa sih yang dimaksud dengan kontras? Dalam desain grafis, kontras merupakan elemen yang sangat penting. Secara sederhana, kontras adalah penekanan pa
jenis jenis kontras dalam desain grafis
jenis jenis kontras dalam desain grafis

Apa sih yang dimaksud dengan kontras? Dalam desain grafis, kontras merupakan elemen yang sangat penting. Secara sederhana, kontras adalah penekanan pada daerah-daerah tertentu untuk memberikan traksi dan beragam variasi desain. Hampir dalam setiap disiplin terkait dengan rasa 'keindahan' selalu memberikan kontras yang membuat desain tertentu memiliki rasa yang berbeda.

Jenis-jenis Kontras Pada Desain Grafis

Secara umum, kontras dalam desain grafis dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  • Kontras dalam tipografi
  • Kontras posisi
  • Kontras bentuk
  • Kontras warna

Kita bahas satu persatu yah.

Kontras dalam Tipografi

Dalam desain tata letak, kontras dapat diterapkan untuk huruf, kata, kalimat atau paragraf. Dengan menambahkan efek seperti: Bold, italic, underline, huruf besar, huruf kecil, dan kasus judul dan kelas kalimat. Efek ini akan memberikan penekanan pada unsur-unsur desain tertentu. Perhatikan kontras yang diterapkan pada gambar di bawah ini.

kontras dalam desain grafis
kontras dalam desain grafis

Kontras Posisi

Menerapkan huruf yang berbeda pada layout halaman secara keseluruhan juga dapat melakukan kontras pada desain tata letak. Tapi Anda juga harus berhati-hati dalam memilih kontras surat tersebut, hal itu harus dipertimbangkan dengan hati-hati, untuk menghindari penambahan berlebihan kontras, yang hanya akan membunuh inti dari desain keseluruhan. Coba amati gambar di bawah ini dan pelajar, bagaimana sebuah desain menerapkan kontras posisi untuk menonjolkan POI.

kontras posisi desain grafis
kontras posisi desain grafis

Kontras Bentuk

Kontras adalah metode alternatif yang dapat menghasilkan tampilan tata letak dinamis visual. Untuk menghasilkan desain tata letak yang menarik, Anda bisa bereksperimen dengan menambahkan beberapa elemen desain lain, seperti dengan menggunakan proporsi yang lebih besar dari huruf, sehingga mendominasi body text, atau Anda juga dapat memberikan ilustrasi atau gambar. Silahkan amati gambar di bawah ini untuk contoh penerapan kontras bentuk. Adanya salah satu objek yang memiliki bentuk berbeda membuatnya terlihat lebih menarik perhatian.

kontras bentuk desain grafis
Kontras bentuk pada desain grafis

Kontras Warna

Kontras warna tidak dibatasi oleh warna yang sudah dikenal secara umum. Namun, menempatkan warna yang berlawanan, tapi ingat untuk menjaga mempertimbangkan harmoni antara dapat meningkatkan kontras dalam warna. Sebagai contoh, kontras dapat dihasilkan dari elemen grafis hitam memberikan latar belakang putih, atau warna yang mencolok dengan penyediaan latar belakang warna terang. Untuk contoh kontras warna ini sebenarnya sudah sangat banyak. Namun untuk mempermudah pemahaman teman di sini, silahkan amati gambar di bawah ini.

kontras warna desain grafis
kontras warna desain grafis

Kesimpulan

Jadi sebenarnya apa sih kontras pada desain grafis? Kontras bisa didefinisikan sebagai perbedaan dalam elemen visual yang bisa membuat sebuah objek dapat dibedakan dari objek lainnya dan/atau dari background. Apabila diadaptasi dalam pengertian yang lebih sederhana, kontras adalah elemen yang berbeda dari lainnya. Kontras bagaikan 'akar' dari semua desain. Itulah mengapa menguasai kontras itu wajib, terutama bagi para web designer. Mengarahkan pembaca pada area tertentu sesuai pada hierarki informasinya serta menyampaikan pada mereka pesan yang mudah dicerna dalam sebuah laman menjadi tugas desainer website yang paling penting. Contoh kontras yang paling wajar adalah yang saling berlawanan (seperti besar-kecil dan hitam-putih), tetapi pengaplikasian kontras dalam desain tak semudah itu. Desainer tak hanya membandingkan hal-hal yang saling berlawanan, tetapi juga berbeda (misalnya tombol "add to cart" dan "check out"). Kontras, sebagai prinsip vital dalam desain, sebenarnya lebih dari sekedar membedakan gelap dan terang saja. Penggunaannya pun harus bijak. Anda bisa mengeksplor kontras lebih dalam dan menggunakannya untuk membawa derajat desain Anda ke jenjang yang lebih tinggi.

Mungkin demikian saja yang bisa kami share tentang jenis-jenis kontras pada desain grafis. Semoga apa yang telah kami share dapat diambil manfaatnya bagi banyak orang. Ohiya, artikel ini kami kutip dari beberapa referensi blog, seperti : http://orkhacreative.blogspot.com/ dan http://halamadrid6661.blogspot.com/. 

Artikel menarik lainnya: Jenis-jenis Logo dan contohnya