Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Placement, Content Placement dan Manfaatnya

Pengertian Placement, content Placement
Pengertian content Placement

Pengertian Placement - Kembali lagi di kanal informasi seokilat. Pada konten terkait ekonomi sebelumnya, kita telah membahas mengenai pengertian sistem ekonomi, sekaligus macam-macamnya. Nah! Adapun pada kesempatan kali ini, seperti judul yang telah kita lihat bersama, kita akan membahas mengenai apa itu placement, content placement dan keuntungan dari menerapkan content placement dari sisi bisnis. Tapi sebelum lanjut lebih dalam, kami ingin mengingatkan sedikit kepada para pembaca, bila apa yang kami sampaikan dirasa dapat memberi jawaban, mohon bagikan artikel ini agar manfaat yang dirasakan dapat lebih luas lagi.

Udah tau? Apa itu hukum dan permintaan hukum?

Pengertian Placement

Pengertian placement memiliki banyak definisi, tergantung dari sisi mana kita mendefinisikannya. Namun secara umum, placement adalah kegiatan penempatan suatu objek di suatu tempat tertentu dengan suatu tujuan yang jelas. Adapun objek yang kami maksud di sini yaitu bisa bermacam-macam, seperti: penempatan dana, penempatan konten, dan jenis-jenis penempatan lainnya. Namun, biasanya penggunaan istilah placement ini cenderung lebih sering digunakan dalam kegiatan bisnis-ekonomi-marketing. 

Pengertian Content Placement

Content Placement adalah sebuah istilah dalam dunia bisnis/marketing, di mana menepatkan sebuah konten pada media publikasi, dengan tujuan meningkatkan brand awerness hingga profit sebuah perusahaan/bisnis. Adapun yang dimaksud media publikasi di sini tentu sangat bervariasi, mulai dari blog, website, media sosial, baliho, billboard, dan lain-lain. 

Manfaat Content Placement

Seiring perkembangan dunia digital saat ini, praktik marketing telah banyak mengalami perubahan dari yang sebelumnya menggunakan metode konvensional berubah ke arah digital. Maka jangan heran bila metode marketing menggunakan platform media sosial kini sangat diminati, seperti FB Ads, Instagram Ads, hingga TikTok Ads. Lalu, sebenarnya apa sih manfaat dari content placement? Cek di bawah ini.

1. Dari Sisi Brand Awareness

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari metode content placement adalah meningkatkan brand awareness merek yang sedang kita kembangkan. Alasannya tentu sangat jelas, terlebih bila kita meletakkan konten bisnis kita pada media yang memiliki trafik tinggi dan minat yang related dengan produk yang sedang kita tawarkan.

2. Dari Sisi Optimasi SEO

Dalam tinjauan website atau blog, penerapan content placement (dengan backlink) yang tepat sasaran bahkan dapat meningkatkan optimasi SEO. Dan yang menjadi dasar atau alasan atas hal ini adalah sebagaimana kita ketahui bersama bahwa backlink dari sebuah website yang memiliki reputasi baik ke website objek, dapat meningkatkan kepercayaan Google terhadap sebuah website. Bila Anda belum mengetahui apa itu SEO, sederhananya SEO adalah teknik optimasi mesin pencari.

3. Meningkatkan Trafik Referral

Tidak jauh berbeda dengan nomor 2, diantara manfaat content placement yaitu dapat meningkatkan trafik referral ke halaman landing page bisnis yang kita jalankan. Dengan jumlah trafik yang meningkat, tentu peluang pertumbuhan profit akan lebih baik pula.

4. Memperluas Pasar

Dengan menerapkan metode content placement, kita dapat memperluas daya jangkau produk ke ruang lingkup yang lebih luas. Dan sama seperti penjelasan di nomor 3, pola seperti ini akan meningkatkan peluang bisnis menjadi lebih besar dibanding tanpa menerapkan content placement.

5. Meningkatkan Kepercayaan (Trust)

Salah satu manfaat yang dapat kita hasilkan dari penerapan content placement yaitu meningkatnya kepercayaan terhadap brand yang kita miliki. Perlu diketahui juga, kepercayaan orang-orang terhadap brand adalah sebuah kunci penting suksesnya sebuah bisnis.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita tentu telah memahami bahwa content placement dalam bisnis bukan hanya sekedar teknik untuk meningkatkan brand awareness. Lebih daripada itu ada banyak keuntungan atau manfaat dari penerapan content placement bagi pertumbuhan profit dan kepercayaan brand yang kita kembangkan. Mungkin demikian saja yang bisa kami hadirkan pada kesempatan kali ini, bila Anda merasa apa yang kami sampaikan bermanfaat dan membantu, jangan lupa bagikan artikel content placement ini ke teman-teman Anda. Bantu kami menyebarkan artikel ini agar manfaat yang kami angkat dapat lebih tersebar luas.

Udah tau belum? Apa itu resesi?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.