Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Golden Ratio Dalam Desain?

Golden Ratio Dalam Desain
Golden Ratio Dalam Desain

Golden Ratio Dalam Desain - Hallo gan/sis di mana pun kalian berada saat ini, semoga senantiasa dalam keadaan sehat, diberi kelapangan waktu, dan bertaqwa kepada Rabb semesta alam dengan sebenar-benar taqwa.  Terlebih lagi bila kita telah mengetahui antara mana yang haq dan mana yang bathil. Oleh karenanya kita dianjurkan untuk berdoa kepada Rabb, ya Allah tampakkan kepadaku yang hak dan anugerahi aku untuk mengikutinya, dan tampakan padaku kebathilan dan anugerahi aku untuk meninggalkannya.

Apa itu Golden Ratio Dalam Desain?

Pada kesempatan kali ini seperti judul yang sudah kalian lihat, kita akan membahas secara singkat dan gamblang tentang apa itu golden ratio dalam desain, contoh penggunaan golden ration dan hasil karya dari sebuah penerapan golden ratio. Seperti apa penjelasannya?

Udah tau jenis-jenis logo?

Pengertian Golden Ratio

Golden ratio dalam desain adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan proporsional bentuk dari sebuah karya desain, yang dibuat dengan menggunakan rasio tertentu yang telah ditetapkan. Untuk lebih mudah memahami apa yang dimaksud dengan golden ratio, coba amati gambar di bawah ini. Gambar berikut adalah contoh penggunaan golden ratio dengan perbandingan 1,2,3,5,8,13,21,34,55,89,144,233, dan seterusnya. 

Contoh pola golden ratio
Bilangan golden ratio

Dan angka angka tersebut bila kita amati dengan seksama maka akan terlihat bahwa angka-angka tersebut diperoleh dengan menjumlahkan dua bilangan/angka terdekat untuk menentukan angka berikutnya. 

Pelajari juga: perbedaan RGB dan CMYK

Penggunaan Golden Ratio Dalam Dunia Desain

Bila kita amati dengan seksama, kita akan dapati bahwa logo-logo terkenal di dunia umumnya dibentuk atau dihasilkan dengan menggunakan golden ratio. Oleh sebab itu tidak perlu heran bilamana logo yang dihasilkan sangat presisi dan estetik dibanding dengan logo yang dibuat tanpa menggunakan golden ratio. Dari sekian banyak logo yang menggunakan golden ratio, berikut di bawah ini adalah logo-logo populer yang terbukti dibuat menggunakan golden ratio.

1. Logo Apple

2. Logo Twitter

3. Logo Pepsi

4. Logo Philips

Contoh Desain Dengan Golden Ratio

Selain dari logo-logo terkenal di atas, contoh desain golden ratio lainnya bisa teman-teman lihat di sini. Logo-logo tersebut dibuat menggunakan golden ratio. Ohiya, logo-logo tersebut kami duplikat dengan menggunakan tools desain Inkscape dan kami ambil dari situs sosial media pinterest. 

Kesimpulan

Golden ratio dalam desain dibuat dengan menerapkan rasio atau deret angka Fibonacci. Dengan menguasai penerapan Golden Ratio dalam desain, kita akan mampu menghasilkan desain karya lebih baik, dibanding dengan logo atau desain tanpa golden ratio. Demikian saja pembahasan kita kali ini mengenai golden ratio dalam design. Bila kamu rasa apa yang kami sampaikan ini bermanfaat, bantu kami memperluas manfaat artikel dengan menyebarkan di sosial media-mu. Terima kasih karena sudah mengikuti tulisan singkat ini dengan sabar. Semoga Allah memberkahi kita di atas kebaikan.

Udah tau belum? Macam-macam software desain grafis

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things. Follow IG : @desain.grafis.io