Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe Karakteristik pengguna Facebook di Jagad Maya

Karakteristik pengguna Facebook
Karakteristik pengguna Facebook

Tipe Karakteristik pengguna Facebook - Siapa yang tidak tahu aplikasi facebook? Bisa dibilang kepopuleran aplikasi ini menduduki posisi ke1 sebagai aplikasi yang paling banyak di download di dunia saat ini. Beragam fitur menarik pun ditawarkan bagi siapa saja yang mau mendaftar menjadi pengguna akun facebook. Dilansir dari We Are Social dan Hootsuite ada sekitar 2 milliar lebih pengguna aktif facebook hingga saat ini. Dan Indonesia merupakan negara yang duduk di posisi ke4 sebagai negara dengan pengguna facebook paling banyak di dunia.

Udah tau belum? Restoran halal di Korea Selatan

Karakteristik pengguna Facebook Secara Garis Besar

Dari sekitar 2 milliar manusia yang berselancar di facebook, tentu bisa kita bayangkan, ada berjuta karakter dan sifat manusia yang bertemu didalam sebuah aplikasi pertemanan. Berangkat dari fakta banyaknya karakter dan sifat manusia di facebook, kali ini kita akan membahas mengenai Karakteristik pengguna Facebook yang beredar di dunia maya secara umum.

1. Tipe Tersembunyi

Apakah kamu punya teman di facebook yang hampir tidak pernah buat status, tidak pernah berkomentar, tidak pernah nge-like, dan tidak pernah ngeshare apapun? atau jangan jangan orang itu adalah kamu sendiri? Ini adalah jenis pengguna facebook yang pertama, dimana ia seakan akan tidak pernah ada, karena memang tidak pernah buat status, komentar atau pun nge-like, namun anehnya pengguna facebook yang satu ini selalu On setiap harinya. Ia aktif di facebook hanya untuk membaca status teman, melihat foto yang dibagikan teman, dan memperhatikan tautan yang dishare teman. Pengguna facebook yang satu ini sangat cocok menjadi pengamat. Karena, meskipun orang ini selalu diam tanpa memberi reaksi apapun di dumay, tidak jarang kalau jenis pengguna facebook seperti ini mengetahui banyak rahasia perselingkuhan teman temannya, karena ia selalu mengamati gerak gerik temannya yang sedang dilanda cinta di dunia maya.

2. Tipe Hadirun

Pernah liat, orang yang rajin update status, tapi semua statusnya ga pernah punya faedah? Seperti: "lagi boker" atau "Lapaar" atau "ON". Pliss.. jangan bilang kalau orang itu adalah kamu. Karakteristik pengguna Facebook yang satu ini bisa dibilang golongan orang yang ingin di akui keberadaanya, meski sebenarnya dirinya tidak memiliki manfaat besar dimata teman temanya. Sedih banget ya broh.. hehe. Biasanya pengguna facebook seperti ini paling suka berkomentar di status orang hanya dengan menuliskan "hahaha" tidak lebih dari itu. Namun ada sisi baiknya dari pengguna facebook yang satu ini, dimana ia tidak sungkan sungkan untuk memberikan like kepada teman temannya, yang sedang mengupdate status di facebook.

3. Tipe Miss / Mister Populer

Jenis pengguna facebook yang satu ini biasanya bisa ditandai dari friendlist yang dimilikinya. Umumnya pengguna facebook seperti ini memiliki jumlah teman dan follower yang sangat berlimpah, like mencapai ribuan, dan kolom komentar yang dipenuhi oleh para penggemarnya. Pengguna akun facebook seperti ini kadang patut dicurigai, karena sering terjadi kasus pencurian identitas, dengan memanfaatkan foto wanita cantik sebagai pemancing para hidung belang di dumay. Tapi meskipun begitu, tidak semua pengguna facebook dengan jumlah follower yang berlimpah, bisa kita vonis sebagai akun palsu.

Udah tau belum? Sungai terpanjang di Indonesia

4. Tipe Anak Gaming

Karakteristik pengguna Facebook yang satu ini sesuai dengan namanya. Kalau kamu punya teman yang selalu invite atau mengundang kamu untuk bermain game di facebook, atau teman yang timeline-nya selalu dipenuhi dengan tautan game, fix.. teman kamu itu masuk kedalam kategori pengguna facebook gamers.

5. Tipe Da'i

Jenis pengguna facebook yang satu ini adalah kategori pengguna dengan akun paling berkah se-facebook raya. Biasanya mereka ini hanya mengupdate status terkait hal hal yang sifatnya islami dan mengajak manusia kepada kebaikan. Mulai dari ayat ayat suci alquran, kumpulan hadits shahih beserta penjelasannya, jadwal tabligh akbar, hingga perkataan para ulama dunia. Jenis pengguna facebook sepertilah yang paling banyak meraih pahala di hari kiamat.

6. Tipe Ababil

Ini adalah salah satu jenis pengguna facebook yang bisa kita tandai dari jenis status yang ia update. Mulai dari penggunaan bahasa yang tidak mengikuti kaidah (dibaca: Alay), hingga status yang selalu terkesan emosional, baik itu menampakkan kemarahan, kesedihan, atau pun bahagia secara berlebih lebihan. Sesuai dengan penamaannya Ababil, Karakteristik pengguna Facebook golongan ini biasanya didominasi oleh para remaja yang masih labil. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya para pengguna dewasa yang juga layak digolongkan, kedalam jenis pengguna facebook ababil.

7. Tipe Likers

Jenis pengguna facebook yang satu ini mirip seperti yang no2, hanya saja tipe yang satu ini sangat jarang upadate status atau pun berkomentar. Seakan akan facebook diciptakan cuma untuk nge-like status doank. Saking "anehnya" pengguna facebook jenis ini, dia tidak bisa membedakan antara mana status yang layak untuk di like dan mana yang tidak. Pokoknya setiap status yang lewat diberandanya pasti akan dia like (otaknya tidak dipakai), meskipun itu menjelek jelekkan agama, ras, atau suku. 

8. Tipe Pengumpat

Bisa dibilang pengguna facebook yang satu ini adalah yang paling buruk dari semua jenis pengguna facebook yang ada. Karena tipe yang satu ini biasanya cuma update status untuk mengutuk orang lain, mencela, menghina, menebar kebencian, dan merendahkan individu yang tidak ia sukai.

9. Tipe Buaya Darat/Hidung Belang

Untuk mendeteksi jenis pengguna facebook yang satu ini bisa kita temukan di status status para cecan (cewe cantik). Dan komentar golongan hidung belang ini umumnya berupa kalimat kalimat manis rayuan, baik dengan cara memuji sifat si cewe, kecantikan si cewe, bahkan tingkat yang paling parah  yaitu mereka akan berkomentar untuk mengajak mesum si cewe tersebut. Bagi kalian para cewe yang sedang membaca artikel ini, sebaiknya buruan blokir teman teman facebook model begini, sebelum mereka mengirim foto yang aneh aneh ke dalam inbox kalian.

10. Tipe Selfie Mania

Sesuai namanya Selfie Mania. Beranda pengguna facebook yang satu ini akan dipenuhi dengan kumpulan album selfie miliknya. Bahkan tidak jarang kita muak melihat facebook karena isi beranda kita hanya dipenuhi oleh foto selfie temen yang satu ini. Karakteristik pengguna Facebook yang satu ini juga punya kebiasaan aneh, dimana ia sangat hoby sekali mengganti profil picture, bahkan sehari bisa menggantinya berkali kali.

Baik, itulah pembahasan singkat kita mengenai jenis jenis pengguna facebook yang beredar di dumay. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, share artikel ini keteman temanmu yah.

Udah tau belum? Nama puncak tertinggi di India

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.