Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Macam-macam Obeng dan Kegunaannya!

Macam-macam Obeng
Macam-macam Obeng dan kegunaannya

Macam-macam obeng - Hallo semua para pembaca di mana pun kalian berada. Bagi sebagian orang ngotak ngatik peralatan elektronik dan mesin bisa jadi sebuah hal yang dianggap merepotkan, ribet dan bisa jadi menyulitkan. Tapi, membongkar alat elektronik dan otomotif bisa jadi sebuah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Ga percaya? Coba saja tanya anak-anak sekolah jurusan mesin dan elektronik. Rata-rata kebanyakan diantara mereka sangat senang dengan yang namanya membongkar, tapi malas memasang, hehe.

Udah tau? Fungsi LCD

Macam-macam Obeng dan Kegunaannya

Nah! Ngomongin soal bongkar-bongkar perangkat otomotif atau elektronik, pasti kita tidak lepas dari yang namanya obeng. Makanya, salah satu peralatan wajib yang harus dimiliki oleh siswa SMK mesin dan elektronik adalah obeng. Yang jadi pertanyaan adalah, tahukah kamu jenis atau macam-macam obeng? Kalau belum tahu, simak penjelasan kami berikut ini.

1. Obeng Pipih atau Obeng Minus

Obeng pipih biasanya lebih dikenal dengan nama obeng minus, khususnya di toko-toko elektronik maupun toko perkakas. Obeng ini termasuk salah satu jenis obeng serba guna, sebab selain kegunaannya untuk membuka dan menutup baut dengan kepala minus, obeng ini juga biasa dipakai untuk melubangi beragam objek. Bisa jadi untuk melubangi lapisan plastik, melubangi kayu, atau untuk melubangi hatinya mantan. (canda bos). Hehe

2. Obeng Bunga atau Obeng Plus

Obeng bunga juga sama seperti obeng pipih. Obeng ini juga memiliki nama lain yang biasa disebut dengan obeng plus. Penamaan obeng plus karena kepala dari obeng ini berbentuk tanda “tambah” atau plus. Kegunaan obeng ini sangat banyak sekali. Selain berperan penting dalam dunia otomotif dan elektronik untuk membuka dan menutup baut berkepala plus, obeng ini juga sering dijadikan sebagai alat perlindungan diri oleh anak-anak STM tatkala dihadang oleh sekumpulan orang-orang jahat.

3. Obeng Fleksibel

Obeng jenis ini biasa kita dapatkan secara gratis saat kita membeli sepeda motor baru di showroom resmi. Kalau teman-teman belum tahu seperti apa obeng fleksibel, obeng ini bisa kita tandai dari kepala obeng yang bisa dicabut dan memiliki dua sisi. Sisi satu adalah kepala obeng pipih/minus, dan sisi satunya lagi adalah kepala obeng Bunga atau plus. Obeng fleksibel ini bisa kita beli di toko perkakas ataupun toko panglong.

4. Obeng Ratchet

Obeng ini biasanya dibandrol dengan harga yang cenderung lebih mahal dibanding 3 obeng di atas. Obeng jenis ini bisa kita kenali dari bentuk ujung atau kepalanya yang berlubang. Lubang pada kepala obeng inilah yang berfungsi sebagai pencengkram kepala baut untuk kemudian diputar. Sistem kerja obeng ini mirip dengan yang namanya kunci pas atau kunci ring. Ohiya, kepala dari obeng ini mirip dengan obeng flexible karena bisa kita lepas dan menggantinya dengan ukuran yang berbeda-beda pula. Biasanya untuk mendapatkan jenis obeng ini, kita harus mencarinya ke toko perkakas yang besar atau ke mall perkakas kota. Hampir kelupaan, kegunaan obeng ini bisa dipakai untuk membuka dan menutup baut dengan model kepala yang sedikit berbeda dengan baut minus dan plus.

5. Obeng Gagang Stabil Atau Kunci T

Obeng jenis ini sebenarnya dibanyak toko dikenal dengan nama kunci T. Tentu saja penamaan kunci ini berangkat dari bentuknya yang menyerupai huruf capital T. Sama menariknya dengan obeng ratchet, obeng gagang jenis ini biasanya memiliki banyak jenis kepala. Sehingga kita bisa mengganti jenis kepalanya sesuai dengan kondisi kepala baut yang hendak kita buka. Biasanya, kegunaan obeng jenis ini lebih aktif di dunia otomotif ketimbang dunia elektronik. Kamu bisa temukan obeng jenis ini di toko-toko spare part otomotif.

6. Obeng Tespen

Obeng tespen sebenarnya bila ditinjau dari aspek bentuk kepala termasuk jenis obeng minus atau pipih. Akan tetapi, pengkhususan klasifikasi jenis obeng ini kepada jenis khusus dikarenakan kegunaan obeng ini mampu sebagai detektor arus listrik AC (arus listrik bolak balik). Obeng jenis ini bisa kita kenali dari gagangnya yang memiliki lampu di dalamnya.

7. Obeng Bermagnet

Obeng jenis ini secara klasifikasi sebenarnya juga tergolong jenis obeng minus atau plus. Hanya saja, penamaan obeng bermagnet ini berangkat dari material pembentuk kepala obeng. Kepala obeng jenis ini biasanya dibuat dengan kandungan magnet. Sehingga tatkala membuka atau menutup baut besi, baut tidak akan terlepas atau terjatuh, karena menempel pada kepala obeng.

8. Obeng Elektrik

Obeng elektrik secara fungsi tidak jauh berbeda dengan obeng pada umumnya. Kegunaan obeng ini sebagai alat pembuka dan penutup sekrup. Mulai dari sekrup tipe kepala plus ataupun kepala minus. Kelebihan dari obeng jenis ini adalah kita tidak perlu repot repot memutar obeng, karena cukup dengan menekan tombol pada obeng ini, kepala obeng akan memutar dengan kecepatan tinggi dan otomatis akan membuka dan menutup sekrup. Ohiya, kelebihan lainnya adalah harganya yang mahal. Hehe. Kalau kamu bingung seperti apa bentuk obeng elektrik, obeng ini berbentuk seperti pistol. Langsung aja cek di Google yah.

9. Obeng Asesoris

Obeng asesoris sedikit berbeda dengan obeng pada umumnya. Bila obeng kebanyakan terbuat dari material yang keras dan kuat, obeng jenis ini sangat rawan rusak karena gagang dari obeng ini biasanya terbuat dari material yang cukup mudah rusak. Sesuai namanya, kegunaan obeng ini biasa dipakai untuk membuka baut sekrup yang terdapat pada asesoris, seperti kacamata, jam tangan, ponsel dan lain lain.

Dari sekian banyak jenis atau macam-macam obeng di atas, kamu punya yang mana? Mungkin hanya demikian saja informasi yang bisa kami bagikan terkait macam-macam obeng dan kegunaannya. Terima kasih karena telah menyimak sampai akhir. Sampai jumpa pada postingan bermanfaat kami yang lainnya.

Bagikan artikel macam-macam obeng ini ke sosial media kamu bila apa yang kami sampaikan telah membantumu. Dengan membagikan artikel ini, kamu telah berpartisipasi dalam mencerdaskan warga Indonesia.

Udah tau? Fungsi potensiometer 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things. Follow IG : @desain.grafis.io