Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Tahapan Membuat Gambar Ilustrasi Manual dan Digital!

Sebutkan Tahapan Membuat Gambar Ilustrasi Manual dan Digital
Sebutkan Tahapan Membuat Gambar Ilustrasi Manual dan Digital

Assalamu’alaikum.. Bagi sebagian orang menciptakan sebuah desain adalah sebuah hal yang menarik, karena dapat menjadi sarana penyaluran ekspresi. Sebuah karya yang baik, selalu berawal dari sketsa yang baik pula.

Tahukah kamu? Seiring perkembangan teknologi saat ini, ilustrasi tidak hanya berupa karya seni rupa di atas sebuah kanvas kertas/manual. Sekarang, ilustrasi juga dapat diartikan sebagai karya seni rupa atau  sebuah karya desain, yang terdapat dalam sebuah kanvas digital.

Nah! Sesuai judul kita di atas, disini kita akan menjelaskan apa saja tahapan membuat gambar ilustrasi manual dan digital. Seperti apa penjelasannya? Berikut selengkapnya.

Pelajari juga: Apa itu Sketsa?

Sebutkan Tahapan Membuat Gambar Ilustrasi Manual dan Digital!

Sebelum masuk ke tahapan selengkapnya, teman-teman perlu tahu nih, apa sih yang dimaksud gambar ilustrasi manual dan digital? Sederhananya, gambar ilustrasi manual dan digital adalah gambar ilustrasi atau suatu karya desain yang dibuat dengan menggabungkan antara teknik manual dan teknik digital. Untuk lebih memahami gambar ilustrasi manual dan digital, berikut ini kami telah kami susun beberapa tahapan untuk membuat gambar ilustrasi manual dan digital. Cek di bawah ini yah! 

1. Membuat Sketsa

Tidak berbeda dengan membuat karya desain pada umumnya, ketika hendak membuat ilustrasi, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah sketsa di atas kanvas atau kertas putih. Buatlah sketsa sesuai dengan konsep dan ide yang akan kita visualisasikan. Dalam hal ini, sketsa bisa kita buat dengan menggunakan alat-alat seni rupa, seperti: pensil, spidol, dan alat gambar lain yang dapat menghasilkan warna

2. Menampilkan Sketsa Pada Komputer

Apabila sketsa manual telah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menscanningnya dan menyimpannya kedalam hardisk komputer. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses desain, saat menggunakan perangkat digital. Sketsa yang telah kita scan, dapat kita tampilkan pada layar monitor untuk dijadikan pola gambar.

3. Menggambar Digital

Proses menggambar digital dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi atau software pengolah gambar seperti: macromedia flash, corel draw dan lain lain. Apabila sketsa gambar manual telah ada dilayar monitor, maka pembuatan sketsa digital dapat kita mulai. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan corel draw, maka sketsa manual yang muncul di layar bisa kita dijadikan langsung  sebagai acuan. Adapun bagi yang belum terbiasa, maka sketsa manual tersebut dapat kita dijadikan pola untuk membuat sketsa digital.

4. Mewarna Ilustrasi

Apabila sketsa dan gambar telah selesai dibuat menggunakan software komputer, Langkah selanjutnya adalah mewarnai gambar digital tersebut.

Pelajari juga: Apa yang dimaksud dengan menggambar bentuk?

5. Membuat Detail Ilustrasi

Meskipun kita telah sampai di tahap mewarnai, namun agar ilustrasi gambar yang kita buat tampak lebih sempurna, maka kita perlu mengolah beberapa bagian lagi dari ilustrasi yang sudah diwarna.

Kesimpulan

Dari uraian singkat materi di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan sederhana, bahwa gambar ilustrasi manual dan digital adalah gambar ilustrasi atau karya desain yang dibuat dengan memadukan antara teknik manual dan teknik digital. Adapun tahap-tahap atau langkah dalam membuat gambar ilustrasi manual dan digital yaitu: membuat sketsa, menampilkan sketsa pada komputer, menggambar digital dengan software pengolah gambar, kemudian mewarnai gambar ilustrasi dan membuat detail gambar ilustrasi agar tampak lebih sempurna.

Demikianlah pembahasan singkat kita kali ini, semoga dapat dimengerti dan menjadi ilmu yang berkah digunakan untuk kebaikan. Terima kasih atas kebersamaannya hingga akhir dan setia menyimak materi sederhana kami tentang tahapan membuat gambar ilustrasi manual dan digital. Mohon  keikhlasan teman-teman untuk membagikan tulisan ini ke sosial media yah. Arigato! 

Pelajari juga: Apa itu Estetika dan Unsur Seni Rupa?

Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.