Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elemen Desain Grafis - Garis: Pengertian, Jenis, Style dan Fungsinya

elemen desain grafis
elemen desain grafis - garis

Elemen Desain Grafis bag-1 - Masih di kanal informasi pengetahuan seokilat.com. Pada materi multimedia sebelumnya kita telah mengulas dan menjabarkan klasifikasi warna yang tentunya membantu kita dalam menggunakan elemen warna sehingga lebih tepat guna dan menghasilkan nilai estetika.

Nah! Adapun pada pagi ini (sabtu), yang akan kami paparkan adalah berkaitan dengan elemen desain grafis. Tema ini kami angkat, karena sepertinya selaku penggiat desain kita perlu sedikit mengenal esensi atau makna yang terkandung di setiap elemen desain grafis. Jadi, bukan hanya mampu menciptakan sebuah karya desain, namun kita juga memahami setiap makna yang terkandung di dalam elemen desain dari karya yang kita ciptakan. Seperti apa penjelasannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Elemen Desain Grafis - Garis

Secara garis besar, elemen desain grafis terbagi menjadi enam bagian. Elemen-elemen tersebut yaitu: garis, bentuk, tekstur, ruang, ukuran, dan warna. Keenam elemen ini adalah yang paling utama yang bisa kita temui di setiap desain grafis. Lalu, bagaimana penjelasan setiap elemen desain tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Pengertian Garis

Secara umum, garis adalah sebuah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik lainnya, sehingga tercipta sebuah garis lurus ataupun lengkung. Dalam hal ini, keberadaan garis adalah paling utama untuk menciptakan sebuah bentuk ataupun sebuah konstruksi desain. Dalam definisi lain, garis diartikan sebuah goresan atau batas limit suatu benda, ruang, warna, tekstur dan lainnya.

2. Fungsi Garis

Dalam elemen desain, garis memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. Sebagai representasi atau citra struktur, bentuk ataupun bidang dari sebuah karya desain. Biasanya garis yang dimaksud disini adalah jenis garis kontur yang berfungsi sebagai garis tepi.

2. Sebagai penekan nilai ekspresi. Misalnya untuk mencitrakan sebuah nilai gerak, dinamika, irama, dan nilai arah.Dalam hal ini, garis jenis ini dikenal dengan nama garis grafis.

3. Sebagai pencipta kesan matra atau dimensi, maupun kesan barik atau tektur. Dalam desain grafis, jenis garis ini biasa disebut dengan nama garis tektur atau garis arsir. Menariknya, garis jenis ini akan memberikan nilai estetika lebih baik, bila kita merabanya.

3. Jenis-jenis Garis Dalam Desain Grafis

Oke! Setelah mengenal apa saja fungsi garis secara umum dalam desain grafis, berikutnya kita akan mempelajari, apa saja jenis jenis garis ditinjau dari elemen desain grafis.

1. Garis Vertikal

Jenis garis yang pertama adalah garis vertikal. Dalam desain grafis, garis tipe vertikal memberikan kesan kekuatan, keseimbangan, sekaligus kemegahan.

2. Garis Horizontal

Dalam desain grafis, garis horizontal bermakna atau memberi kesan bahagia, atau menunjukkan sesuatu yang bergerak.

3. Garis Diagonal

Adapun garis diagonal atau garis miring mencerminkan sesuatu yang tidak seimbang, dinamis, atau menunjukkan sesuatu yang bergerak.

4. Garis Melengkung

Dalam desain grafis, garis melengkung atau kurva memberikan kesan lembut dan anggun.

4. Jenis-jenis Gaya atau Style Garis Dalam Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis, kita mengenal beberapa jenis style atau gaya garis. Seperti apa style garis dalam desain grafis? Berikut contoh-contohnya.

1. Garis Lurus Penuh. __________

2. Garis dot - berupa titik-titik yang terurai memanjang. ....................

3. Garis dash - berupa garis putus-putus yang tersusun memanjang. - - - - - - - - - 

4. Garis dash dot - jenis garis gabungan antara style dash dan dot. -.-.-.-.-.-.-.-

5. Garis Kaligrafi - Style garis yang tercipta dari mengikuti gaya goresan kuas. ೯

6. Garis artistik - Style garis yang diciptakan secara khusus dan tidak terikat pada konversi tertentu, dan memberikan kesan yang sangat artistik.

Demikian saja penjelasan kita kali mengenai elemen desain grafis. Namun karena beberapa kendala, sepertinya pembahasan ini akan kami bagi menjadi enam bagian dan ini adalah bagian pertama. Terima kasih atas kebersamaannya, jangan lupa bagikan tulisan seokilat.com ke teman teman kalian, agar manfaat dari artikel ini semakin tersebar luas. 

Pelajari juga: Elemen desain grafis bag-2

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.