Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Terbesar Di Dunia, Kamu Perlu Tahu!

Air Terjun terbesar di dunia
Ilustrasi Air Terjun Terbesar di dunia

Air Terjun Terbesar Di Dunia - Jika kita merujuk pada wikipedia mengenai definisi air terjun, air terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan, yang mengalami erosi dan jatuh kebawah dari ketinggian.

10 Air Terjun Terbesar Di Dunia

Di Indonesia sendiri, air terjun sering dijadikan sebagai tempat rekreasi objek wisata. Mungkin karena view dan lingkungan yang asri, wajar saja jika air terjun sering dijadikan opsi tujuan saat liburan telah tiba. Tapi teman-teman, pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas bukanlah mengenai air terjun yang ada di negeri kita indonesia. Karena pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 10 air terjun terbesar di dunia dengan ukuran yang tertunya sangat luar biasa.

Simak juga: 9 Kapal laut terbesar di dunia

Dan untuk mempersingkat waktu kita, langsung saja simak pembahasan kita dibawah ini mengenai nama-nama air terjun terbesar di dunia. 

1. Chutes de Khone 

Ternyata oh ternyata,, setelah kita mengira air terjun terbesar berada di afrika atau amerika, ternyata air terjun terbesar di dunia berada di Asia, lebih tepatnya di Laos. Chutes de Khone adalah air terjun yang memiliki lebar, hampir 2x panjang jembatan Suramadu. Tercatat, bahwa air terjun ini mempunyai lebar 10.783 meter..!!

2. Salto Para 

Air terjun yang terletak di Venezuela ini, memiliki lebar 5.608 meter. Itu artinya, lebar air terjun ini lebih panjang dari jembatan terpanjang di indonesia (Suramadu) yang memiliki panjang 5.438 meter. Dengar ukuran raksasa tersebut, wajar saja Salto Para ini menjadi air terjun terbesar ke-1 di Benua Amerika, dan terbesar ke-2 di Dunia.

3. Salto Del Guaira

Air terjun yang terletak di wilayah Brazil ini, mempunyai sebuah fakta yang unik dan menarik, dimana gejolak air terjun salto del guaira ini, mampu menghasilkan suara yang dapat terdengar sejauh 32 kilometer!!. Bukan hanya itu, air terjun salto del guaira ini juga memiliki ukuran yang sangat besar, yaitu 4.828 meter.

4. Kongou Falls

Air terjun dengan ketinggian 56 meter dan lebar 3.200 meter ini, menduduki posisi ke-4 sebagai air terjun terbesar di dunia. Terletak di Taman Nasional Ivindo, Gabon Timur, air terjun ini mampu mengalirkan rata-rata 900 meter kubik air per-detik. 

5. Cataratas Del Iguazu

Sebuah air terjun yang terkenal akan keindahannya, yang memiliki lebar 2.682 meter. dan terletak di perbatasan negara bagian parana, brazil (20%), dan misiones, Argentina (80%). Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah spanyol bernama Conquistador Alvar Nunez Cabeza de Vaca pada tahun 1541.

6. Saltos Del Mocona

Air terjun yang terletak di argentina ini memiliki lebar 2.065 meter dan sangat populer sebagai objek wisata mancanegara. Hal ini terbukti dengan banyaknya promo wisata dibeberapa negara dengan tujuan saltos del mocona, Argentina. 

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Hujan

7. Salto Dol Patos El Maribondo

Memiliki ukuran dan wilayah yang sama dengan salto do urubupunga, air terjun ini masuk dalam urutan ke-7 sebagai air terjun terbesar di dunia dengan lebar 2.012 meter.

8. Salto Do Urubupunga

Merupakan air terjun yang terletak di Mato Grosso Brazil. Air terjun dengan ukuran 2.012 meter ini, dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air di Brazil, karena memiliki gaya /tekanan hidrolik yang setara dengan 447.000 HP (tenaga kuda). Kebayang tidak, berapa besar energi yang dihasilkan 447.000 ekor kuda? Bukan ekornya doang, tapi sama kudanya.

9. Vermillion Falls

Posisi ini ditempati oleh vermillion falls. Tidak banyak informasi yang bisa kita sajikan mengenai air terjun vermillion falls ini. Namun untuk tempat atau letak, air terjun ini terletak dipusat kota Hastings Minnesota, dan memiliki lebar sekitar 1.829 meter.

10. Celilo Falls

Di posisi kesepuluh kita mempunyai celilo falls. Sebuah air terjun yang terletak di wilayah amerika serikat. Air terjun ini juga memiliki 2 nama lain selain nama aslinya, seperti The Chutes Great Falls dan Columbia Falls. Dengan Spesifikasi lebar 1.768 meter, celilo falls ini dahulunya biasa dijadikan sebagai tempat memancing dan bertukang barang selama 15.000 tahun lamanya. Dan menurut sejarah, ada sekitar 15 hingga 20 juta ikan salmon melewati air terjun ini setiap tahunnya, dan hal itu menjadikan celilo falls,  sebagai salah satu tempat memancing terbesar di Amerika Utara.

Itu saja yah pembahasan kita kali ini, mengenai 10 air terjun terbesar di dunia. Semoga tulisan singkat diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman. Sampai jumpa lagi, Salam seokilat!

Baca Lagi : Fakta Menarik Tentang Negara Singapura

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.