Widget HTML Atas

Sebutkan Pengertian Multimedia dan Jenis-jenisnya!

Sebutkan pengertian multimedia
Sebutkan pengertian multimedia

Assalamu’alaikum. Kembali lagi di kanal informasi seokilat. Mengingat betapa pentingnya peran multimedia dalam bidang ekonomi dan sosial, disini kami akan mulai membahas beberapa topik mengenai apa itu multimedia secara spesifik.

Nah! Adapun pada materi pembahasan kali ini, yang akan menjadi pembahasan utama adalah mengenai pengertian multimedia, baik itu pengertian secara etimologi, ataupun pengertian multimedia menurut para ahli. 

Tidak hanya sebatas pengertian, disini kita juga akan membahas mengenai klasifikasi atau pembagian jenis-jenis multimedia, sehingga pelajar atau para pembaca dapat memahami apa saja jenis-jenis multimedia secara ilmiah.

Pelajari: Pengertian Perangkat Multimedia dan Jenis-jenisnya

Untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak uraian materi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Multimedia

Multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium. Multi berarti bermacam-macam, atau banyak. Medium berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.

Secara terminologi (menurut istilah) multimedia adalah proses atau bentuk penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian multimedia secara etimologi, kita juga perlu mengetahui apa saja pengertian multimedia menurut para ahli sebagaimana penjelasan di bawah ini.

a. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)

b. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)

c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001)

d. Multimedia dalam konteks komputer Hofstetter, 2001 adalah: Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.

Jenis-Jenis Multimedia

Setelah memahami secara substansi mengenai definisi multimedia, poin berikutnya adalah mempelajari jenis-jenis multimedia. Nah, bila kita merujuk pada buku panduan yang diterbitkan oleh Kemendikbud, multimedia ternyata dapat dibagi menjadi dua jenis kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication

a) Multimedia Content Production

Dalam jenis multimedia content production, definisi multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, film, game, entertaiment, dan lain-lain) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.

Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :

  • Media Teks
  • Media Audio
  • Media Video
  • Media Animasi
  • Media Graph / Image
  • Media Interactivity
  • Media Special Effect

b. Multimedia Communication

Adapun yang dimaksud multimedia dalam jenis multimedia communication adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, public-city, entertaiment, news, education, dan lain-lain.

Dalam kategori ini media yang digunakan adalah

  • TV
  • Radio
  • Film
  • Cetak
  • Musik
  • Game
  • Entertaiment
  • Tutorial
  • ICT (Internet)

Komponen-Komponen Multimedia

Mengenai komponen penyusun, ada beberapa jenis komponen yang merupakan struktur alami dari sebuah sistem multimedia. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah

a) Teks

Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.

b) Grafik (Gambar)

Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.

c) Audio

Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain.

d) Video

Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.

e) Animasi

Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.

Multimedia dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.

Contoh Penerapan Multimedia Dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan multimedia menurut Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :

1) Penerapan Dalam Bisnis

Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan- perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.

2) Penerapan Dalam Pendidikan

Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.

3) Penerapan Dalam Rumah

Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.

4) Tempat umum

Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.


Kesimpulan

Multimedia adalah penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.Multimedia dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication. Multimedia content production adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia. Multimedia communication adalah penggunaan multimedia untuk tujuan komunikasi.

Multimedia dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang.

Mungkin ini saja materi yang dapat kami angkat mengenai pengertian multimedia, dan jenis-jenis multimedia. Terima kasih atas kunjungan dan partisipasinya, semoga apa yang kami hadirkan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi para pelajar di mana pun berada. Salam.

Pelajari: Fungsi Potensiometer 

Sumber

Buku SMA/SMK KELAS XI - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.