Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Narasi, Ciri-ciri, Jenis dan Tujuannya

Jelaskan Pengertian narasi
Jelaskan Pengertian narasi

Jelaskan Pengertian Narasi

Kembali lagi di blog Jelaskan Pengertian. Seperti yang kamu lihat, kali ini pembahasan kita tidak jauh-jauh dari materi bahasa. Lebih tepatnya kita akan jelaskan pengertian narasi sesederhana mungkin, agar kamu dapat benar-benar memahaminya, bahkan mampu memahami tujuan narasi.

Namun sebelum lanjut ke inti pembahasan kita, kami ingin sedikit menginformasikan, blog “jelaskan pengertian” adalah media online yang menjelaskan ragam pengertian terkait suku kata, istilah atau objek ilmiah apapun. Kamu bisa jadikan blog ini sebagai sumber referensi kamu dalam belajar.

Oke, langsung saja kita lanjut yah, mengenai pengertian narasi, ciri-ciri narasi, jenis-jenis narasi, dan tujuan narasi sederhana. Selamat membaca!

Pengertian Narasi

Bila kita mengutip dari Wikipedia, lebih kurang pengertian narasi adalah salah satu jenis atau bentuk pengembangan paragraf di dalam sebuah tulisan, yang di mana paragraf tersebut menggambarkan kondisi suatu peristiwa, mulai dari urutan awal, di bagian tengah, dan di bagian akhir.

Pelajari : Pengertian Jujur

Beberapa pengertian narasi lainnya seperti:

  • Narasi adalah salah satu bentuk wacana yang bertujuan menjelaskan sebuah kisah atau kejadian, sehingga membuat pendengar atau pembacanya seakan melihat langsung peristiwa tersebut.
  • Narasi adalah suatu bentuk teks atau percakapan, di mana isi yang terkandung di dalamnya bertujuan menjelaskan rangkaian kejadian atau pengalaman yang dialami manusia secara runut, dari awal hingga akhir.
  • Narasi adalah suatu uraian teks yang berfungsi sebagai penjelas atas kejadian atau peristiwa, sehingga pendengar atau pembacanya mampu memahami kaitan peristiwa, mulai dari awal hingga akhir.

Ciri-Ciri Narasi

Setelah menjelaskan pengertian narasi, berikut di bawah ini kami akan uraikan ciri-ciri narasi yang secara dzahir dapat kita amati. Seperti apa ciri-cirinya?

1. Teks atau isi narasi dirangkai berdasarkan pengalaman yang dialami oleh penulis.

2. Teks atau isi narasi bisa bersifat fiktif, nyata, atau semi (fiktif dan nyata).

3. Teks atau isi narasi umumnya disusun dengan konflik agar lebih menarik

4. Teks atau isi narasi umumnya memiliki nilai estetika.

5. Teks atau isi narasi bersifat menjelaskan rangkaian peristiwa

6. Teks atau isi narasi biasanya cenderung menonjolkan unsur perbuatan

7. Teks atau isi narasi dirangkai untuk menjelaskan suatu kronologi.

Secara sederhana, 7 poin di atas adalah ciri-ciri narasi yang dapat kita temui dan amati.

Jenis-Jenis Narasi

Setelah memahami pengertian narasi dan ciri-cirinya, berikutnya kami telah rangkum di bawah ini, apa saja jenis-jenis narasi tersebut? 

1. Narasi Informatif

Pengertian narasi informatif adalah suatu bentuk atau jenis narasi yang bertujuan menyampaikan informasi dari suatu kejadian secara akurat, agar pendengar atau pun pembaca mampu menangkap informasi dari teks atau kalimat secara jelas dan gamblang.

2. Narasi Artistik

Pengertian narasi artistik adalah suatu bentuk atau jenis narasi yang bertujuan menyampaikan kisah atau cerita, dengan menggunakan bahasa yang bernilai seni, baik itu kisah nyata atau pun rekaan.

3. Narasi Ekspositorik

Pengertian narasi ekspositorik adalah suatu bentuk atau jenis narasi yang bertujuan menyampaikan rangkaian peristiwa, yang dibangun atas dasar fakta dan data valid. Dalam jenis narasi ini, kita bisa ambil contoh yaitu narasi dalam biografi.

4. Narasi Sugestif

Pengertian narasi sugestif adalah suatu bentuk atau jenis narasi, di mana teks atau kalimat narasi tersebut merupakan hasil rekayasa atau imajinasi sang pengarang. Rangkaian peristiwa dalam narasi jenis ini bersifat fiktif dan dibangun atas dasar imajinasi.

Pelajari; Pengertian Ruang dan Interaksi

Tujuan Narasi

Bila kita mengamati dengan seksama pengertian narasi, jenis, dan ciri-cirinya, seharusnya kita sudah dapat memahami apa tujuan narasi sebenarnya. Benar sekali!

Tujuan narasi adalah menjelaskan atau menyampaikan suatu rangkaian peristiwa, kisah atau kejadian, sehingga pendengar atau pun pembaca dapat memahami esensi, seakan melihat peristiwa kejadian tersebut secara langsung.

Penutup

Kita telah jelaskan pengertian narasi, ciri-ciri narasi, jenis-jenis narasi dan tujuannya secara sederhana. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan membantu kamu memahami maksud dari narasi. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, sampai jumpa di pembahasan pengertian lainnya. 

Disclaimer : Artikel ini bersifat menjelaskan materi pendidikan yang berlaku di Indonesia. Penulis tidak mendukung atas tindakan apapun, baik dunia atau akhirat, bila pembaca terinspirasi untuk membuat karangan dusta.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Narasi, Ciri-ciri, Jenis dan Tujuannya"