Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Balik lagi di blog Jelaskan Pengertian. Di mana kita akan mengupas bermacam-macam pengertian, yang tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman pelajar. Nah! Pada kesempatan kali ini nih, seperti judul yang sudah kita di atas, kita akan jelaskan pengertian lembaga sosial nih. 

Jadi buat kamu yang membutuhkan penjelasan seputar lembaga sosial, seperti pengertian lembaga sosial, fungsi lembaga sosial, jenis-jenis lembaga sosial, dan contoh lembaga sosial, kamu bisa simak artikel ini. 

Jelaskan pengertian Lembaga sosial
Jelaskan pengertian Lembaga sosial

Namun sebelum lanjut, kami ingin merekomendasikan kepada teman-teman, mengenai tulisan kami, yaitu pengertian jujur, pengertian amanah, dan pengertian tanggung jawab. Siapa tahukan, mungkin diantara kamu ada yang membutuhkan informasi terkait, jadi ga perlu keliling Google lagi mencarinya.

Oke! Langsung saja simak penjelasan kami selengkapnya di bawah ini ya.

Pengertian Lembaga Sosial

Apa itu lembaga sosial? Lembaga sosial adalah sebuah komunitas sosial atau kelompok, yang terbentuk disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: faktor kepribadian, nilai, adat istiadat, norma, dan faktor-faktor lainnya yang berkembang sesuai dengan kondisi dan keadaan masyarakat di sebuah tempat.

Secara umum, sebuah kelompok atau lembaga sosial terbentuk dikarenakan munculnya kebutuhan masyarakat terhadap sesuatu dan keinginan masyarakat untuk menjalani kehidupan secara bersama.

Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan masyarakat turut berkembang dan menimbulkan kekompleksan yang menuntut pertambahan jumlah lembaga sosial di masyarakat. Sebab tanpa adanya keseimbangan antara pertumbuhan masyarakat dengan lembaga sosial, resiko menghadapi kerusuhan di lapisan masyarakat akan semakin besar pula.

Fungsi Lembaga Sosial di Tengah Masyarakat

Setelah memahami pengerti lembaga sosial di atas, penting bagi kita untuk mempelajari, apa saja fungsi lembaga sosial di tengah masyarakat. Sebab tanpa memahami fungsi sebenarnya dari sebuah lembaga sosial, kita tidak akan mungkin memahami esensi dari eksistensi sebuah lembaga sosial. Oleh sebab itu, kami telah merangkum beberapa fungsi lembaga sosial, yang dapat memberi pencerahan kepada para pelajar di mana pun berasa.

1. Sebagai Pemberi Pedoman Masyarakat

Diantara fungsi lembaga sosial di tengah masyarakat adalah menjadi sebuah lembaga yang memberikan arahan, petunjuk, atau pedoman bagi masyarakat, agar dapat berperilaku baik dan sesuai dengan norma-norma sosial. Khususnya pedoman yang berkaitan atas pemenuhan hak dan kewajiban, terhadap kebutuhan pokok masyarakat.

Pelajari : Pengertian Narasi

2. Sebagai Pembuat Aturan Dalam Bermasyarakat

Salah satu fungsi lembaga sosial di tengah masyarakat yaitu sebagai pembuat aturan di tengah masyarakat yang bertujuan menjaga kondisi lingkungan, agar situasi dapat berjalan dengan kondusif. Poin ini berkaitan erat dengan tata cara pengendalian sosial.

3. Sebagai Penanggung Jawab Keamanan Masyarakat

Disamping sebagai pembuat aturan dalam masyarakat, lembaga sosial juga berfungsi sebagai penanggung jawab atas keamanan masyarakat setempat. Diantara bentuk atau langkah yang dilakukan lembaga sosial sebagai bentuk tanggung jawab ini adalah dengan menghimpun setiap elemen masyarakat terkait, guna menciptakan integritas sosial di tengah masyarakat.

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Cukup mantap yah? Nah! Biar lebih mantap lagi, kami hadirkan juga jenis-jenis lembaga sosial, lengkap dengan pengertiannya, serta contoh lembaga sosial terkaitnya. Sudah penasaran apa itu? Berikut selengkapnya.

1. Lembaga Hukum

Secara sederhana, lembaga hukum adalah sebuah lembaga sosial yang berfungsi sebagai penegak hukum, untuk mewujudkan kehidupan sosial bermasyarakat yang adil, baik secara lahir maupun bathin. Lembaga hukum juga berperan penting sebagai penengah dalam menyelesaikan sengketa atau pertikaian yang terjadi di tengah tengah masyarakat. Contoh lembaga hukum, yaitu: Kepolisian Republik Indonesia.

2. Lembaga Ekonomi

Sederhananya, lembaga ekonomi adalah sebuah lembaga sosial yang berfungsi menangani segala bentuk permasalahan, yang melibatkan kegiatan ekonomi di tengah-tengah masyarakat. Contoh lembaga ekonomi, seperti : Bank BRI.

3. Lembaga Agama

Lembaga agama ialah lembaga sosial di tengah-tengah masyarakat, yang mengajarkan, membimbing, dan memberi petunjuk atas sebuah permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat, di mana permasalahan tersebut absolut melibatkan perkara agama. Contoh lembaga agama, seperti: MUI (Majelis Ulama Indonesia).

4. Lembaga Politik

Adapun lembaga politik adalah sebuah lembaga sosial di dalam masyarakat atau negara, yang bertugas menangani setiap permasalahan, baik itu permasalahan administrasi, tata tertib, hingga keamanan sebuah negara. Contoh dari sebuah lembaga politik, seperti: MPR atau majelis permusyawarahan Rakyat.

5. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah sebuah lembaga sosial di tengah masyarakat yang bertugas membimbing, mendidik, dan mengajarkan seseorang, terhadap satu atau lebih cabang keilmuwan. Contoh paling umum dari lembaga pendidikan adalah sekolah.

6. Lembaga Keluarga

Keluarga bisa dibilang adalah salah satu kelompok terkecil dalam sebuah masyarakat. Umumnya, sebuah keluarga terdiri dari ayah yang berperan sebagai kepala keluarga, ibu yang berperan sebagai sosok yang merawat anggota keluarga, dan anak yang memiliki kewajiban menaati kedua orang tua.

Contoh Lembaga Sosial di Indonesia

Setelah menjelaskan pengertian lembaga sosial, dan menguraikan jenis-jenis lembaga sosial, berikutnya yang perlu kita ketahui adalah contoh lembaga sosial itu sendiri. Nah! Di bawah ini telah kita susun, beberapa contoh lembaga sosial, sesuai dengan jenis-jenisnya.

1. Contoh Lembaga Pendidikan

  1. Sekolah Dasar
  2. Sekolah Menengah Pertama
  3. Sekolah Menengah Atas
  4. Perguruan Tinggi
  5. Balai Pelatihan
  6. Lembaga bimbingan belajar
  7. Taman Kanak-Kanak
  8. Taman Pendidikan Alquran

2. Contoh Lembaga Politik

  1. Majelis Permusyawarahan Rakyat
  2. Mahkamah Konstitusi
  3. Mahkamah Agung
  4. Dewan Perwakilan Rakyat
  5. Partai Politik

3. Contoh Lembaga Ekonomi

  1. Pegadaian
  2. Bank
  3. Koperasi Simpan Pinjam
  4. Perusahaan Asuransi
  5. Pasar Modal

4. Contoh Lembaga Agama

  1. Majelis Ulama Indonesia
  2. Perwakilan Umat Buddha
  3. Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia
  4. Konferensi Gereja Indonesia
  5. Parisada Hindu Dharma Indonesia

5. Contoh Lembaga Hukum

  1. Kehakiman
  2. Kepolisian
  3. Lembaga Permasyarakatan
  4. Advokat
  5. Kejaksaan

Mungkin itu saja uraian materi tentang pengertian lembaga sosial, jenis-jenisnya, fungsi dan contoh lembaga sosial. Terima kasih atas perhatian dan keluangan waktunya. Ohiya, baca juga tulisan kami lainnya mengenai pengertian jujur, dan pengertian amanah

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis dan Contohnya"