Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Amanah, Jenis, Manfaat, dan Contoh Perilakunya

seokilat.com – Kemarin kita telah jelaskan pengertian adil kepada para pembaca, khususnya adik-adik pelajar yang sedang mengerjakan tugas sekolahnya. Adapun pada kesempatan kali ini, persis seperti tema kita di atas, kita akan coba jelaskan pengertian amanah, sehingga adik-adik atau para pembaca yang budiman dapat memahami secara substantif, terkait makna amanah itu sendiri. Tentu saja, selain pengertian amanah, kita juga akan uraikan beberapa materi pendukung lainnya seperti: manfaat amanah, jenis-jenis amanah, dan contoh perilaku amanah.

Baiklah, kami rasa untuk mempersingkat dan menghemat waktu teman-teman semua, mari langsung saja sama-sama kita simak, uraian materi selengkapnya di bawah ini.

Jelaskan pengertian amanah
Jelaskan pengertian amanah

Pengertian Amanah

Secara lughowi (bahasa), kata “amanah” yang kita kenal saat ini, hakikatnya bersumber dari kosa kata bahasa Arab, yaitu : أمانة, yang berarti terpercaya atau kejujuran, integritas. Adapun pengertian amanah secara istilah yaitu sebuah sikap atau perilaku yang menunjukkan karakter kejujuran, dapat dipercaya, dan penuh tanggung-jawab terhadap sesuatu yang telah dititipkan. 

Seorang yang amanah umumnya mampu menjaga sesuatu dengan sangat baik, tanpa mengurangi, menambah, atau memanipulasi apa yang telah dititipkan kepadanya. Dalam islam, sikap atau perilaku amanah merupakan salah satu akhlak islam yang sangat penting untuk kita jaga. Mengacuhkan akhlak ini akan menumbuhkan sifat munafik dalam diri, dan akan menjauhkan kita dari surgaNya Allah ‘Azza wa Jalla. Kita berlindung pada Allah dari sifat yang tidak amanah.


Manfaat Sikap atau Perilaku Amanah

Khususnya bagi temen-temen yang muslim nih, Allah itu telah berfirman menyampaikan perihal amanah ini di dalam surah Annisa ayat 58, yang artinya lebih kurang : “Sesungguhnya Allah telah memerintahkan kalian agar menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya”. Nah, dari potongan ayat yang mulia tersebut, terdapat banyak hikmah mengapa Allah memerintahkan kita untuk menunaikan amanah yang diembankan kepada kita. Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu, melainkan di dalamnya ada banyak manfaat bagi diri kita pribadi dan orang lain, apa saja manfaat perilaku amanah? Berikut selengkapnya.

1. Membentuk diri menjadi pribadi yang ikhlas dan ridha terhadap takdir

2. Menjadikan diri lebih berwibawa

3. Membentuk karakter pemimpin teladan

4. Menjadi sosok yang dapat dipercaya

5. Menjadi pribadi yang bertanggung-jawab

6. Menjauhkan diri dari sifat munafik

8. Meringankan beban di kehidupan akhirat


Jenis-Jenis Amanah

Setelah kita jelaskan pengertian amanah dan manfaat darinya, diantara hal terkait amanah yang perlu kita ketahui antara lain yaitu jenis-jenis amanah. Apa saja itu? Berikut beberapa jenis amanah yang telah kami rangkum

1. Amanah Fitrah

Dalam islam, ada istilah yang disebut dengan fitrah. Secara sederhana, fitrah adalah sesuatu yang merupakan kecenderungan diri manusia secara alami, atau biasa disebut dengan pembawaan lahir manusia. Begitu pula amanah, diantara jenis-jenis amanah yaitu amanah fitrah. Amanah fitrah yaitu berupa kecenderungan manusia terhadap kebaikan, tauhid, kebenaran, dan seluruh unsur yang dekat kepada sisi positif kehidupan.

Secara asal, manusia lahir dalam keadaan fitrah yang suci. Namun seiring berjalannya waktu dan interaksi dengan banyak manusia, sebagian diantaranya tidak dapat mempertahankan fitrahnya, sehingga lebih cenderung hidup di atas keburukan, kriminal, dan maksiat. 


2. Amanah Taklif Syar’i

Diantara contoh dari amanah taklif syari yaitu seperti: sholat, puasa, zakat, haji, dan segala perintah Allah kepada ummat muslim untuk menunaikannya. Sederhananya, amanah taklif syari adalah amanah yang diembankan Allah kepada hamba-hambanya, dalam bentuk syariat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.


3. Amanah Dakwah

Lebih spesifik dari amanah taklif syari, amanah dakwah adalah sebuah tanggung-jawab yang dipikul seorang muslim, untuk menyampaikan kebenaran islam, kepada yang berhak menerimanya. Dakwah tidak melulu menyampaikan lewat mimbar, sebab esensi dari dakwah tersebut yaitu menyampaikan kebenaran. Terlebih di era teknologi seperti saat ini, dakwah dapat disampaikan melalui media sosial, seperti facebook, instagram, YouTube, website, dan lain-lain. Seorang muslim wajib hukumnya menunaikan amanah dakwah. Ingat pesan baginda shallallahu ‘alaihi wa sallam? “Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat”. 

Mungkin ini saja jenis-jenis amanah yang dapat penulis uraikan. Jenis-jenis amanah ini bukan bertujuan membatasi, karena tidak menutup kemungkinan adanya jenis amanah lainnya dalam tinjauan aspek atau kacamata yang berbeda. Allah a’lam.


Contoh Perilaku Amanah

Tentunya ada banyak sekali yah contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat kehidupan manusia tidak pernah lepas dari yang namanya amanah. Lalu, apa saja sih contohnya? Berikut beberapa contoh perilaku amanah yang telah kami rangkum untuk teman-teman pelajar Indonesia.

1. Menunaikan zakat harta apabila jumlah yang kita miliki telah mencapai batasnya (nisobnya).

2. Mengerjakan sholat bila telah memasuki waktunya.

3. Menyampaikan pesan secara utuh apabila diemban untuk menyampaikannya, tidak mengurangi ataupun menambahi pesan tersebut.

4. Menjaga saldo atau manajemen keuangan kas, apabila bertanggung-jawab sebagai bendahara.

5. Menjaga ketertiban kelas, bila menjabat sebagai ketua kelas.

6. Menjaga kebersihan kelas, ketika dijadwal sebagai petugas kebersihan.

7. Mengerjakan PR di rumah, tatkala diberi tugas rumah oleh guru.

8. Tidak mengurangi timbangan, saat berjualan.

9. Tidak lupa untuk mengembalikan pinjaman ketika telah tiba waktunya. Baik itu meminjam buku, uang, atau apapun.


Kesimpulan

Kesimpulan pada pembahasan ini antara lain yaitu hendaklah kita menjadi pribadi yang memegang teguh amanah tatkala dipercaya untuk mengemban sebuah tugas. Lalai dari menjalankan amanah tidak hanya menambah dosa kita, lebih daripada itu, kita telah menzalimi orang lain akibat ketidakbertanggungjawaban kita atas tugas yang kita emban. Oleh karenanya, materi tentang amanah ini penting untuk diajarkan, guna meningkatkan kualitas interaksi sosial dalam bermasyarakat.

Baiklah, kita telah jelaskan pengertian amanah, manfaat, jenis, dan contoh perilakunya. Semoga uraian singkat ini dapat bermanfaat, dan membantu para pelajar yang sedang mengerjakan tugas via daring. Ikuti terus materi pembelajaran dari blog seokilat.com – dan jangan lupa bantu kami untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Terima kasih! 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Amanah, Jenis, Manfaat, dan Contoh Perilakunya"