Widget HTML Atas

Baca Kelebihan dan Kekurangan Realme C3 serta Spesifikasinya

Kelebihan dan kekurangan Realme c3
Kelebihan dan kekurangan Realme c3

Kelebihan dan Kekurangan Realme C3

Mungkin sebagian diantara kita ada yang bingung, smartphone Realme termurah apa yah kira-kira? Jawabannya gampang koq, ponsel termurah keluaran Realme adalah keluarga atau series C. Seperti: Realme c1 dan Realme C2. Kedua smartphone ini dipasarkan dengan harga sekitar satu jutaan saja.

Menariknya, ternyata Realme C tidak sebatas seri C1 dan C2. Smartphone Realme C telah merilis Realme C3 yang tentunya cukup menarik untuk kita bahas. Nah, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan Realme C3? Yuk! Simak selengkapnya di bawah ini.

Ohiya, selain artikel mengenai Realme C3, kami juga telah mengulas sisi kelebihan dan kekurangan dari Realme 5 Pro, Realme 5 dan Realme C2. Jadi, temen-temen bisa menambah referensi ponsel manakah yang paling cocok dengan kamu.

Kelebihan Realme C3

Apa saja kelebihan Realme C3 yang akan kami ulas? Mari amati dengan seksama, agar tidak gagal paham mengenai spesifikasi detail Realme C3. Oke.

Kelebihan dan kekurangan Realme c3
Kelebihan dan kekurangan Realme c3

1. Dilengkapi 3 Lensa Kamera Belakang

Realme C3 adalah generasi penerus dari seri smartphone sebelumnya, yakni Realme C2. Bila Realme C2 hanya dibekali 2 kamera belakang, berbeda dengan smartphone Realme C3 yang telah dibekali dengan 3 lensa kamera untuk menghasilkan tangkapan objek yang lebih baik.

Ketiga kamera ini terdiri dari kamera 12 MP yang berfungsi sebagai kamera utamanya, kemudian didukung dengan kamera 2 MP yang berfungsi sebagai kamera makro, dan satu lagi kamera 2 MP yang berfungsi sebagai sensor kedalaman kamera.

Kamera belakang ini bahkan mampu merekam video berkualitas, dengan resolusi 1080 Pikesel dan sebanyak 30 fps. Untuk ukuran smartphone low end, tentunya spek ini sangat lumayan dan berguna. Oke, kita lanjut ke kelebihan Realme C3 berikutnya.

2. Kinerja Chipset yang Cukup Baik di Kelasnya

Bila kita sekilas membandingkan antara chipset Realme C3 dan Realme C2, ada sedikit perbedaan. Di mana smartphone Realme C3 sudah menggunakan chipset Helio G70, sedangkan Realme C2 hanya menggunakan Helio P22.

Secara spesifik, chipset Helio G70 sudah sangat baik di kelasnya, karena kinerjanya hampir mendekati chipset Helio G90 di mana chipset ini digunakan oleh smartphone Redmi Note 8.

Mengenai chipset Helio G70, chipset ini bekerja dengan prosesor octa core yang merupakan gabungan dari core Cortex-A75 dengan kecepatan 2.0 GHz, dan 6 core Cortex-A55 dengan kecepatan 1.7 GHz. Berdasarkan analisa melalui AnTuTu Checker, kinerja dari smartphone Realme C3 mampu mencapai skor sekitar 190 ribuan.

Kelebihan dan kekurangan Realme c3
Kelebihan dan kekurangan Realme c3

Nah, bila kamu rasa spesifikasi ini sudah sangat baik, gampang! Tinggal datangi konter hp, beli deh. Hoho.. Next kelebihan Realme C3 berikutnya..

3. Kapasitas Baterai Mantap 5.000 mAh

Bila kamu rasa kapasitas baterai pada Realme C2 masih kurang, kamu bisa andalkan smartphone Realme C3. Kenapa? Karena Realme C3 telah dibekali baterai super mantap dengan kapasitas arus sebesar 5.000 mAh. 

Di mana dengan kapasitas baterai yang besar ini, kamu tentu akan lebih nyaman menggunakan, karena tidak perlu berulang kali mengisi arus baterai. 

Meskipun menurut salah satu kanal gadget luar kinerja baterai ini masih biasa saja. Namun, bila penggunaan smartphone ini hanya diperuntukan sebatas komunikasi, kami rasa Realme C3 dapat bertahan cukup lama, bahkan dapat lebih dari 24 jam.

Oleh sebab itu, spesifikasi baterai Realme C3 ini sangat support buat kamu yang sedang travelling, atau perjalanan jauh. Next, kelebihan Realme C3 berikutnya.

4. Support Keamanan Sidik Jari

Realme C3 bisa dibilang cukup membeda-bedakan spesifikasi ponselnya di berbagai negara. Sebagaimana Realme C3. Bila smartphone ini di India tidak mendukung sistem keamanan sidik jari, berbeda dengan Indonesia. 

Di negara singkong ini, smartphone Realme C3 telah mendukung sistem keamanan finger print atau sidik jari. Sehingga, buat kamu yang tidak suka menggunakan keamanan dengan pin atau kode, kamu bisa memanfaatkan fitur sidik jari ini dengan Realme C3.

Mengingat perbedaan fitur antara India dan Indonesia, mungkin kita-kita jadi sedikit bangga yah, karena ada pengistimewaan. Hallaah.. gitu aja bangga. :v

5. Tahan Banting Percikan Air

Kelebihan dan kekurangan Realme c3
Kelebihan dan kekurangan Realme c3

Diantara kelebihan Realme C3 yang dapat kita temukan adalah smartphone ini didesain agar tahan percikan air atau anti kelembaban. Realme C3 sengaja dirancang seapik mungkin, sehingga mampu menciptakan desain yang tahan cipratan air, mencakup part, seperti: penutup plastik, segel port, dan celah-celah rawan lembab lainnya.

6. Menggunakan OS Android 10 dengan Realme UI

Salah satu keunggulan dari Realme C3 adalah sistem operasi yang sudah menggunakan Android 10. Menariknya lagi, antar muka atau UI pada Realme C3 telah menggunakan UI asli yang merupakan besutan dari Realme.

Di mana antar muka dari Realme ini menawarkan desain tampilan yang cukup simple, dan mudah digunakan. Gimana? Tertarikah untuk membelinya? Jangan lupa belikan mimin juga yah. Muehehe.

Itulah 6 kelebihan Realme C3 yang mungkin dapat kami angkat dalam tulisan ini. Berikutnya di bawah ini kami akan ulas juga beberapa kekurangan yang menurut kami terdapat pada smartphone Realme C3.

Kekurangan Realme C3

Realme C3 memiliki cukup banyak keunggulan untuk ukuran smartphone di kelas. Namun hal tersebut tidak menafikan bahwa smartphone ini memiliki beberapa poin yang menurut kami adalah suatu kekurangan. Apa saja itu?

1. Belum Mendukung Teknologi Fast Charging

Sehebat-hebatnya smartphone Realme C3, perangkat seluler ini belum mendukung teknologi fast charging seperti Realme 5 Pro. Hal ini bisa kita amati dari deskripsi, di mana Realme C3 hanya mendukung pengisian daya 10W saja. 

Tentu saja, dengan besar daya tersebut, smartphone ini mumbutuhkan waktu pengisian yang cenderung sangat lama, untuk membuat baterai dalam kondisi full. Bahkan sangking lamanya, menurut salah satu kanal gadget, yakni Gizmologi, pengisian baterai hingga full memakan waktu hingga 3 jam lebih.

Oleh karena itu, bila kamu rasa waktu 3 jam adalah waktu yang sangat lama untuk mengisi ponsel, sepertinya kamu perlu mengganti pilihan ke produk smartphone lainnya.

2. Masih Menggunakan Port microUSB

Salah satu kekurangan Realme C3 yang mungkin dianggap mencolok adalah sistem konektivitas USB nya. Bila kita membanding Realme C3 dengan smartphone Redmi 8A, kita akan dapati bahwa Realme C3 belum menggunakan USB Type-C, melainkan masih menggunakan Port microUSB.

Oleh karenanya, di mata sebagian pengguna ini adalah sebuah kekurangan yang terdapat pada Realme C3. Gimana? Masih tertarik?

3. Hasil Kamera yang Terasa Biasa

Meskipun smartphone Realme C3 telah dibekali dengan 3 kamera pendukung, menurut beberapa pengamat, hasil tangkapan kameranya belum cukup maksimal dan memuaskan. Akan tetapi, semua kembali lagi pada penilaian pengguna. Karena tidak jarang sesuatu tersebut dianggap belum maksimal, namun di mata pengguna lain hal tersebut cukup baik dan memuaskan.

Kelebihan dan kekurangan Realme c3
Kelebihan dan kekurangan Realme c3

Spesifikasi Realme C3

UMUM

Diumumkan

Februari, 2020

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY

Dimensi

164.4 x 75 x 9 mm

Berat

195 g

LAYAR

Jenis

Layar sentuh kapasitif IPS LCD

Ukuran

6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3

Resolusi

720 x 1560 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~270 ppi)

HARDWARE

Chipset

Mediatek Helio G70 (12 nm)

CPU

Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.7 GHz Cortex-A55)

GPU

Mali-G52 2EEMC2

MEMORI

RAM

3 GB

Memori Internal

32 GB

Memori Eksternal

microSDXC (slot khusus)

KAMERA UTAMA

Jumlah Kamera

3

Resolusi

12 MP + 2 MP + 2 MP

Fitur

- 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8", 1.25µm, PDAF

- 2 MP, (makro)

- 2 MP, f/2.4, (sensor mendalam)

LED flash, HDR, panorama

Video

1080p@30fps

KAMERA SELFIE

Jumlah Kamera

1

Resolusi

5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5", 1.12µm

Fitur

HDR, panorama

Video

1080p@30fps

KONEKTIVITAS

Wlan

Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE, aptX

Infrared

NFC

 -

GPS

A-GPS, GLONASS, BDS

USB

microUSB 2.0, USB On-The-Go

BATERAI

Jenis

Li-Po

Kapasitas

5000 mAh tidak dapat dilepas

Wireless Charging

-

Fitur

Pengisian daya baterai 10W

OS (Saat Dirilis)

Android 10

Sensor

Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass

3.5mm Jack

WARNA

Frozen Blue, Blazing Red

Lainnya

- Tahan percikan

Kelebihan dan kekurangan Realme c3
Kelebihan dan kekurangan Realme c3

Bagaimana menurutmu Realme C3 ini? Mungkin hanya ini informasi yang bisa kami sampaikan terkait kelebihan dan kekurangan Realme C3 serta spesifikasi lengkapnya. Terima kasih telah berkunjung, dan jangan lupa bersyukur. Bye! 

Pelajari : Kelebihan dan kekurangan Realme 5S

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.