Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Mencapai Page One?

Untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan agar bisa mencapai page one di mesin pencari, kita memerlukan analisis detail terkait data informasi yang berkaitan langsung dengan situs itu sendiri, serta situs yang menjadi kompetitor kita di dalam mesin pencari. 

berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai page one
Ilustrasi - Mencapai page one di Google

Dalam hal ini, setidaknya ada 3 indikator penting yang wajib kita evaluasi, ketika berbicara mengenai hasil optimasi SEO di dalam mesin pencari. Ketiga hal tersebut adalah tingkat persaingan, backlink, dan konten.

Pada pembahasan singkat ini kita akan memfokuskan pembahasan, mengenai 3 indikator penting ini. Namun sebelum lanjut lebih dalam, kami undang Anda para pembaca untuk bergabung di grup Facebook “SEO Classroom” untuk bersama berbagi, dan membahas topik terkait SEO dan dunia website.

Intro

Dari sekian banyak pertanyaan yang masuk kepada penyedia jasa SEO, pertanyaan mengenai “berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menampakkan hasil SEO di mesin pencari?”
Selain menjadi pertanyaan yang paling sering masuk kepada SEO Agency, pertanyaan ini juga merupakan yang paling berat dan membuat sakit kepala para penyedia jasa SEO.

Pasalnya, klien yang hendak menyewa jasa SEO butuh kepastian waktu, sedangkan disisi lain ada banyak variable yang terlibat dan itu membutuhkan waktu yang sangat panjang dalam mengevaluasinya.
Namun, untuk kasus optimasi paling sederhana, umumnya hasil optimasi SEO dapat dilihat dalam kurun waktu 4 bulan, hingga 12 bulan.

Biasanya, taksiran rentang waktu ini erat kaitannya dengan 3 poin yang akan kita bahas saat ini, yaitu:
  1. Tingkat Persaingan
  2. Backlink
  3. Konten

Apa itu Tingkat Persaingan?

Ketika berbicara mengenai tingkat persaingan dalam SEO, hampir bisa dipastikan yang dimaksud persaingan tersebut adalah persaingan di dalam kata kunci atau keyword.

Penjelasan

Ketika Anda hendak menjual sebuah produk, anggaplah itu kue klepon di medan. Tentu saja Anda tidak akan menghadapi persaingan berat di mesin pencari, ketika ingin mengoptimalkan keyword tersebut pada website Anda.

Berbeda kondisi, ketika kita hendak menarget sebuah keyword, dimana keyword tersebut ternyata memiliki value yang besar, karena memiliki banyak peminat terhadap keyword tersebut.

Sebagai contoh, sebuah rumah makan lokal ingin mengoptimalkan pengembangan bisnisnya melalui media website. Persaingan yang akan dihadapi rumah makan tersebut saat ingin menarget keyword lokal di mesin pencari, tentu akan cenderung lebih ringan, bila kita bandingkan dengan perusahan level nasional yang membidik keyword dengan skala lebih luas. 
Logikanya cukup sederhana, semakin banyak halaman website yang membahas sebuah topik, maka waktu atau tempo yang dibutuhkan untuk sampai ke halaman pertama akan semakin lama pula.
Disamping faktor kuantitas halaman yang tinggi, faktor value dari sebuah keyword juga sangat menentukan tingkat persaingan. Misal, Anda tidak bisa menyamakan antara keyword harga “harga sandal” dengan keyword bernilai tinggi seperti “harga emas”.

Perbedaan value dari keyword ini akan berimbas pada tingkat persaingan website di dalam mesin pencari. Keyword yang dinilai lebih mampu mendatangkan keuntungan (uang) biasanya cenderung memiliki persaingan lebih tinggi, bila kita bandingkan dengan keyword yang tidak memiliki nilai bisnis sama sekali. 

Oleh sebab itu tidak perlu heran, bila Anda mendapati keyword potensial dalam bisnis selalu dikuasai oleh perusahaan besar. Sebab pada dasarnya, untuk memenangkan sebuah keyword dengan persaingan yang sangat tinggi, dibutuhkan modal yang cukup besar untuk menyewa jasa SEO.
Nah, bila Anda dihadapkan dengan dua permasalahan ini (banyaknya halaman web yang membahas sebuah topik, dan keyword potensial dalam bisnis), maka Anda harus siap untuk berjuang lebih keras dan tentunya dengan tempo yang lebih panjang pula.



Korelasi Backlink dengan Waktu Untuk Mencapai Page One

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimization), kekuatan backlink sebagai fondasi halaman website bukan sesuatu yang baru lagi. Banyak situs-situs besar mengeluarkan budget ekstra hanya untuk mendapatkan backlink dari situs yang berkualitas.

Akan tetapi, berapa lama waktu yang dibutuhkan situs untuk mencapai page one, setelah mendapatkan asupan backlink?

Untuk menaksir tempo SEO dalam kaitannya dengan backlink, kita butuh beberapa indikator umum yang nantinya akan kita evaluasi saat menjelaskan waktu untuk mencapai page one dengan backlink. Indikator tersebut antara lain yaitu:

Kualitas Backlink

Saat Anda ingin membangun kekuatan situs dengan backlink, satu hal yang wajib Anda perhatikan adalah lihat bagaimana kualitas situs yang Anda jadikan sebagai tempat backlink. Mungkin sudah pernah kami sampaikan, bahwa kekuatan 1 backlink dari situs yang berkualitas, setara dengan kekuatan 1000 backlink dari situs abal-abal.

Kuantitas Backlink

Dua backlink tentu lebih baik daripada satu buah backlink. Dalam konteks ini kita bukan berbicara mengenai kualitas backlink. Kita anggap bahwa yang dimaksud backlink disini memiliki kualitas yang sama rata.

Adapun korelasi antara waktu optimasi dengan jumlah backlink, tentu memiliki kaitan yang sangat erat. Semakin tinggi kuantitas backlink yang di dapat sebuah situs, progress SEO untuk mencapai page one umumnya akan cenderung lebih cepat, dibanding dengan halaman yang minim jumlah backlink.

Kecepatan Dalam Membangun Backlink

Ketika Anda membangun struktur backlink, perhatikan pula kecepatan pertumbuhan backlink Anda. Google membangun sistem mesin pencari bukan menyewa engineer yang abal-abal. Para praktisi yang terjun dalam merancang mesin pencari Google menggunakan algoritma tingkat tinggi, sehingga mampu membaca pertumbuhan website dan membedakan, mana progress SEO yang alami dan mana yang menggunakan SEO blackhat.

Dalam hal ini yang ingin kami sampaikan, perhatikan kecepatan Anda dalam membangun struktur backlink. Website dengan kuantitas backlink yang tinggi memang hebat, tapi pertumbuhan jumlah backlink yang tidak wajar dapat menimbulkan efek buruk di mata mesin pencari


Konten

Sebanyak apapun backlink Anda, serendah apapun tingkat persaingan keywordnya, tanpa konten, Anda akan mengalami kesulitan untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari.

Semakin tinggi kualitas konten yang Anda buat, maka perkembangan SEO website yang Anda kelola akan semakin baik pula. Bila Anda masih bingung bagaimana artikel yang berkualitas, Anda bisa membaca cara menulis artikel SEO sesuai guidelines Google.

Pertanyaan

Apakah mempublikasikan artikel dalam jumlah banyak setiap hari memberi dampak buruk bagi website?

Jawab

Ada sebuah mitos yang beredar khususnya di kalangan para blogger, yang menyebutkan: publikasi konten dalam jumlah banyak setiap hari, akan membuat situs terlihat tidak wajar di mata Google. Anggapan ini jelas salah. Mitos terkait hal ini sebenarnya telah dibantah secara resmi oleh Google.

Justru, semakin banyak konten yang Anda terbitkan, dan semakin berkualitas kandungan yang Anda sampaikan, maka akan semakin cepat pula progress SEO Anda di mata mesin pencari. 

Menunda-nunda publikasi konten hanya akan memperlambat perkembangan SEO sebuah website. 

Catatan Tambahan

Tidak ada korelasi yang jelas, antara usia halaman website dengan peringkatnya di dalam mesin pencari.

Kesimpulan

Kesimpulan dalam pembahasan ini yaitu ada banyak variable yang terlibat dalam SEO saat kita berbicara waktu untuk mencapai page one di Google. Keterlibatan 3 faktor di atas adalah asas paling mendasar, ketika Anda ingin bersaing masuk ke halaman pertama mesin pencari. 

Semakin baik asas yang Anda miliki, maka tempo yang Anda butuhkan untuk mencapai page one akan semakin singkat pula.

Demikian saja pembahasan kita kali ini mengenai “berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai page?”. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, semoga konten ini bermanfaat. Jangan lupa, beri kami dukungan dengan membagikan tulisan ini ke sosial media. Setiap dukungan yang Anda berikan akan memberi kami semangat untuk berbagi informasi terkait SEO lebih dalam lagi. Sayonara!
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.