Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Menggunakan Google Ads (Google AdWords)? Update

Jika Anda bosan dan lelah dengan ilmu SEO, namun hasrat untuk page one masih tetap tinggi, jangan pelit! Keluarkan dana Anda untuk dialokasikan ke Google AdWords atau yang biasa dikenal dengan istilah Google Ads.

Cara Menggunakan Google Ads
Cara Menggunakan Google Ads
Jika biasanya pembahasan kita selalu disampaikan dengan singkat, pada kesempatan kali ini tulisan saya akan sedikit lebih panjang dari biasanya. Disini saya akan menyampaikan tutorial atau panduan lengkap cara menggunakan Google Ads (Google AdWords). 

Namun sebelum masuk ke dalam topik utama kita, kami akan menjelaskan beberapa informasi penting terkait apa itu Google Ads (Google AdWords) dan informasi penting lainnya. Mari, langsung saja simak materi kami selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Google Ads?

Dikutip langsung dari halaman support Google, Google Ads adalah sebuah program periklanan online yang dikembangkan oleh perusahaan Google LLC. Istilah lain dari Google Ads ini biasa disebut dengan Google AdWords.

Sekilas Sejarah Google Ads

Beberapa tahun yang lalu tepatnya tahun 2000, Google Ads yang kita kenal saat ini masih bernama Google AdWords. Dulu, mereka yang beriklan di Google AdWords akan dikenakan biaya bulanan oleh Google, dan kampanye yang diajukan oleh pengiklan juga dikelola langsung oleh pihak Google, bukan seperti saat ini.

Singkat cerita, pada tahun 2018 yang lalu Google melakukan branding ulang terhadap Google AdWords, menjadi produk yang kita kenal seperti saat ini, dengan sebutan Google Ads. Bila Anda pernah mendengar blogger mendapatkan penghasilan dari periklanan Google, maka periklanan yang dimaksud tersebut yaitu Google Ads yang sedang kita bahasa saat ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Ads (Google AdWords)? 

1. Masuk ke Halaman Official Google Ads

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin menggunakan Google Ads yaitu memiliki akun Google Ads itu sendiri. Sebagaimana halnya kita saat ingin membuat status di Facebook, tentu kita harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu.

Untuk membuat akun Google Ads, silahkan masuk ke halaman resmi Google Ads

2. Setting Awal Akun

Setelah masuk ke halaman Google Ads, Anda akan dihadapkan dengan halaman awal akun, untuk mengatur nama akun, email yang hendak digunakan, serta kata sandi yang akan Anda pakai ketika login ke Google Ads nanti. Isi sebagaimana Anda membuat akun Google atau media sosial pada umumnya. 

3. Memilih Goal yang Sesuai dengan Bisnis

Setelah menyelesaikan pengisian data akun dan login, Anda akan dibawa masuk ke halaman pick a goal untuk memilih gol yang sesuai dengan bisnis Anda. Setidaknya ada 3 pilihan goal yang bisa kita pilih untuk disesuaikan dengan kampanye yang akan kita buat, yaitu:
  • Call Your Business
  • Visit Your Store
  • Take an Action on Your Website
Cara menggunakan Google Ads
Cara menggunakan Google Ads

Call Your Business

Saat Anda memilih goal “call your business”, itu berarti Anda lebih mengutamakan closing produk atau jasa melalui layanan telepon / panggilan. Goal tipe ini sangat cocok bagi Anda yang menjalankan bisnis konsultasi, seperti konsultasi digital marketing, konsultasi SEO, dan sejenisnya.

Visit Your Store

Adapun goal “visit your store” sangat relevan dengan Anda yang menjalankan bisnis offline, seperti: rumah makan, restoran, toko, dan beragam bentuk layanan bisnis yang memiliki bangunan fisik.

Take an Action on Your Website

Saat Anda memilih tipe goal ini, itu artinya Anda menginginkan pengunjung untuk masuk ke halaman website Anda dan melakukan transaksi di dalamnya.

Pilih atau klik salah satu dari ketiga goal di atas, kemudian klik “berikutnya” 

4. Buatlah Kampanye Baru

Bila Anda belum memiliki kampanye bisnis yang hendak diajukan ke Google Ads, klik “buat baru” untuk membuat kampanye baru. Isilah Nama bisnis Anda, lengkap dengan alamat website yang Anda miliki.
Cara menggunakan Google Ads

5. Memilih Jangkauan Lokasi Penayangan Iklan

Langkah berikutnya yaitu memilih jangkauan lokasi penayangan iklan. Disini kita dapat memilih secara spesifik dimana iklan kita akan tayang. Kita bebas menentukan jangkauan iklan, baik itu di dalam negeri, bahkan di luar negeri sekalipun. Menariknya, dengan Google Ads ini kita juga dapat menentukan lokasi dengan sangat sempit, seperti: penayangan iklan di wilayah kota saja, atau penayangan iklan di provinsi tertentu saja. Kendali lokasi penayangan iklan berada penuh di bawah kekuasaan kita sebagai penyelenggara kampanye ads.

Cara menggunakan Google Ads
Cara menggunakan Google Ads

6. Tentukan Kata Kunci Iklan Anda

Untuk menjangkau audiens yang tepat sasaran, Anda harus menentukan kata kunci iklan yang akan Anda selenggarakan di dalam kampanye Google Ads. Semakin spesifik kata kunci Anda, maka akan semakin besar pula peluang iklan dalam menjangkau audiens yang tepat.

Cara menggunakan Google Ads

7. Jelaskan Bisnis Anda

Setelah menentukan kata kunci iklan, Anda akan dibawa ke halaman deskripsi iklan. Isilah deskripsi iklan dengan seksama, mulai dari:
  • Judul 1
  • Judul 2
  • Judul 3
  • Deskripsi 1
  • Deskripsi 2
  • Tujuan klik iklan
Untuk tujuan klik iklan, Anda bisa mengisinya dengan URL halaman yang hendak Anda promosikan. Kemudian, pilih berikutnya.

Cara menggunakan Google Ads

8. Isi Kontak yang Bisa Dihubungi

Pada halaman ini Anda diminta untuk mengisi nomor telepon atau handphone yang dapat dihubungi. Kemudian pilih “berikutnya”

Cara menggunakan Google Ads

9. Menentukan Anggaran yang Akan Digunakan

Pada halaman ini Anda diminta untuk menentukan jumlah anggaran iklan yang nantinya akan menjadi tagihan pembayaran atas kampanye yang Anda selenggarakan. Secara umum, ada 3 rekomendasi anggaran yang bisa kita pilih, namun jika Anda ingin mengkustom anggaran tersebut, silahkan pilih masukan anggaran Anda (lihat gambar). Setelah selesai, pilih berikutnya.

Cara menggunakan Google Ads
Cara menggunakan Google Ads

10. Preview Setelan Kampanye

Setelah menetapkan anggaran kampanye, kita akan masuk ke halaman preview setelan kampanye. Kita dapat melihat taksiran tayang iklan di mesin pencari, jumlah klik, tampilan iklan di mesin pencari, keyword yang digunakan, taksiran anggaran, serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Pilih berikutnya.
Cara menggunakan Google Ads

11. Halaman Pembayaran / Metode Pembayaran

Setelah mengisi seluruh data terkait kampanye di atas, langkah terakhir adalah melakukan pembayaran. Saat ini ada 2 metode pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk menyelenggarakan kampanye iklan, yaitu pembayaran otomatis (kartu kredit) dan pembayaran manual (transfer bank). 

Saat memilih pembayaran manual, Anda akan diminta untuk mengisi jumlah saldo yang akan Anda top up ke akun Google Ads Anda. Jadi, iklan tidak akan bisa dijalankan bilan Anda belum mentop-up saldo ke Akun Google Ads.
 
Cara menggunakan Google Ads
Cara menggunakan Google Ads
Setelah menyelesaikan tahap ini, Anda akan diberi nomor rekening unik Google. Kirimkan dana yang telah Anda sepakati ke nomor rekening tersebut. Dana yang telah Anda kirim ke nomor rekening Google, nantinya akan masuk ke dalam saldo Google Ads Anda.

Kelebihan Menggunakan Google Ads

Jika kita evaluasi secara mendalam, tentunya ada beberapa kelebihan yang dapat kita peroleh saat menggunakan Google Ads (Google AdWords) sebagai media pemasaran digital. Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan dari Google Ads yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Dana Promosi Menjadi Lebih Efisien

Saat Anda menggunakan Google Ads (Google AdWords), biaya iklan atau promosi terhadap produk/layanan Anda, tentunya akan menjadi lebih efisien dan menghemat budget perusahaan. Adapun alasan dibalik hematnya promosi melalui Google Ads dibanding dengan media promosi konvensional, yaitu karena skema pembayaran yang diterapkan di dalam Google Ads menganut sistem PPC (Pay per Click). Dengan metode PPC, saldo iklan Anda hanya berkurang bila pengunjung melakukan klik terhadap iklan yang Anda jalankan.

2. Meningkatkan Peluang Bisnis

Meningkatnya visibilitas produk di mesin pencari akan berbanding lurus dengan peningkatan peluang bisnis yang Anda kelola. Atas dasar itulah, mengapa kami katakan menggunakan Google Ads sebagai media pemasaran merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan peluang bisnis. Sebab dengan Google Ads, segala produk dan jasa yang Anda tawarkan akan langsung masuk ke halaman pertama mesin pencari, detik itu juga.

3. Meningkatkan Trafik dengan Audiens Tertarget

Salah satu manfaat menggunakan Google Ads atau Google AdWords yaitu adanya peningkatan trafik dengan ciri audiens yang memiliki minat sama, dengan apa yang kita tawarkan melalui kampanye ads. Oleh sebab itu, metode pemasaran seperti ini sangat efektif menjaring calon konsumen, khususnya calon konsumen yang merupakan pengguna mesin pencari Google.


Bagaimana Cara Kerja Google Ads Dalam Menampilkan Iklan? 

Pengetahuan tentang cara kerja Google Ads dalam menampilkan iklan adalah satu hal basic yang wajib diketahui seorang penyelenggara kampanye ads. Buta akan informasi ini, secara tidak langsung akan menurunkan efektifitas kampanye yang Anda selenggarakan. Bagaimana cara kerja Google Ads? Simak di bawah ini.

Ketika Anda mengaitkan sebuah keyword ke dalam kampanye iklan, itu bukan berarti hanya Anda seorang yang menggunakan keyword tersebut untuk mendatangkan calon konsumen.

Sebagai contoh, keyword “jasa SEO Medan”. Pihak atau perusahaan yang menarget keyword tersebut bukan hanya pelaku digital marketing Medan ataupun Anda seorang saja. Lebih daripada itu, keyword tersebut bahkan juga diincar oleh digital marketer Jakarta yang notabene sama sekali bukan berdomisili di Medan.

Dari penjelasan singkat di atas dapat kita ambil sebuah kesimpulan:

1. Keyword yang kita target ternyata juga ditarget oleh orang lain juga

2. Google memiliki algoritma khusus untuk menilai, iklan siapa yang layak untuk tayang di halaman pertama Google

Muncul pertanyaan, apa saja faktor pendukung yang meningkatkan peluang tayang iklan kita menjadi lebih tinggi di dalam mesin pencari? Jawabannya adalah Google Quality Score.

Apa itu Google Quality Score?

Google Quality Score adalah rangkaian sistem yang dikembangkan oleh Google untuk menilai tingkat relevansi sebuah iklan, dengan request pencarian pengguna di dalam mesin pencari. Dalam melakukan penilaian, Google Quality Score memiliki 3 indikator utama, yaitu:

1. Tingkat Relevansi Landing Page

Google akan melakukan penilaian relevansi terhadap landing page Anda, dengan keyword yang diketik oleh pengguna di mesin pencari. Semakin tinggi nilai relevansi yang ditunjukkan landing page, peluang iklan Anda untuk tampil di halaman pertama Google akan semakin tinggi pula.

2. Tingkat Relevansi Keyword

Sebagaimana yang telah kita sampaikan saat membuat kampanye di atas. Kita akan mengaitkan beberapa keyword ke dalam kampanye iklan, untuk meningkatkan peluang tayang iklan sesuai dengan apa yang diketik oleh pengguna di mesin pencari. Semakin tinggi relevansi keyword yang kita masukan ke dalam kampanye iklan, dengan keyword yang diketik pengguna mesin pencari, maka akan semakin besar pula peluang kampanye kita untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari.

3. Perkiraan Peluang Klik / CTR

Google memiliki cara tersendiri dalam menilai peluang klik terhadap sebuah iklan, namun salah satu yang menjadi pertimbangan Google adalah seberapa menarik iklan yang kita tawarkan. Semakin menarik desain dan konten iklan kita, maka peluang untuk menang dalam kampanye iklan akan menjadi lebih besar pula.

Kesimpulan

Google Ads atau Google AdWords adalah layanan periklanan Google yang terbukti memiliki efektivitas tinggi dalam meningkatkan penjualan. Menggunakan Google Ads sebagai media pemasaran, tentu merupakan salah satu solusi instan dalam digital marketing, bagi Anda yang ingin menampilkan iklan di halaman pertama mesin pencari.

Mungkin ini saja pembahasan kita kali ini mengenai cara menggunakan Google Ads (Google AdWords) dan keuntungan yang dapat diperoleh darinya. Seperti biasa, bila Anda merasa artikel ini bermanfaat bagi para pelaku bisnis, beri kami support dengan membagikan tulisan ini ke teman terdekat Anda. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, salam sukses dan berkah. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.