Widget HTML Atas

Apa itu PQ dan Faktor yang Mempengaruhinya

Mungkin sebagian diantara Anda sudah tidak asing dengan singkatan PQ saat mengecek metrik dari sebuah domain. Tapi apakah Anda sudah mengenal secara spesifik apa sih PQ itu?

Apa itu pq
Ilustrasi - apa itu PQ

Pada kesempatan yang singkat ini, admin SEO Kilat akan mencoba sedikit menguraikan penjelasan terkait PQ secara detail, namun dengan penyampaian yang seminim mungkin. Bagaimana bisa?

Tentu saja bisa! Saya akan sampaikan kepada Anda esensi ilmu yang berkaitan langsung dengan metrik yang satu ini, dengan penjelasan sesederhana mungkin. Adapun yang menjadi fokus kita kali ini adalah
1. Apa itu PQ (Page Quality)? 
2. 5 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Halaman (Page Quality)

Baiklah, untuk menghemat waktu, langsung saja simak materi singkat kami di bawah ini terkait PQ.

Apa itu PQ (Page Quality)?

Page Quality atau yang biasa disingkat dengan istilah PQ adalah metrik atau ukuran yang menjelaskan persentase kualitas halaman dari sebuah website. Nilai PQ sangat ditentukan oleh beberapa aspek khusus, seperti yang akan kita jelaskan berikut ini.


5 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Halaman (Page Quality)

Berikut di bawah ini adalah rincian penjelasan, terkait faktor atau aspek yang dapat mempengaruhi nilai PQ dari sebuah website. 

1. Tujuan Halaman Website

Diantara faktor yang dapat mempengaruhi kualitas halaman dari sebuah website adalah tujuan dari halaman itu sendiri. Maksudnya adalah semakin jelas visualisasi dari sebuah website dalam menggambarkan tujuan halaman, maka akan semakin baik pula nilai PQ yang akan diperoleh oleh website tersebut.

Adapun yang dimaksud visualisasi disini yaitu bagaimana konten yang kita hadirkan mampu menjelaskan, sehingga esensi yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan secara utuh, tanpa menimbulkan kesalahpahaman.

Dalam konteks ini, Google selaku mesin pencari akan menerapkan metode pencarian semantic, guna mensinkronisasikan antara request keyword pengguna, dengan tujuan dari sebuah halaman website. Sehingga, Google mampu menyajikan jawaban terbaik kepada pengguna, setelah mengidentisifikasi tujuan dari sebuah halaman.

Jenis-Jenis Tujuan Halaman Secara Umum

  • Halaman beranda dari sebuah website berita
  • Halaman kategori website ecommerce
  • Halaman situs pribadi
  • Halaman FAQ
  • Halaman unduhan software
Ketika kita membuat sebuah halaman website, kita harus mampu memastikan tujuan dari halaman tersebut, sehingga mesin pencari mampu mengidentifikasi, dan mengelompokkan halaman tersebut sebagai jawaban atas request keyword pengguna di dalam mesin pencari.

2. Kapasitas Keahlian, Kepiawaian, dan Kepercayaan

Diantara faktor lainnya yang dapat mempengaruhi nilai PQ atau kualitas halaman adalah nilai EAT dari sebuah konten. Halaman web dengan nilai EAT yang tinggi, memiliki peran besar dalam menentukan page quality dari sebuah website. 

Semakin tinggi faktor EAT di dalam sebuah website, maka akan semakin tinggi pula nilai PQ yang terangkum di dalam metrik sebuah website. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang EAT untuk memahami korelasinya dengan Search Engine Optimization.

3. Kualitas dan Kuantitas Konten

Perlu Anda ketahui, diantara faktor terkuat yang mampu mempengaruhi metrik page quality yaitu kualitas dan kuantitas dari sebuah konten. Dalam menentukan kualitas, Google akan memberlakukan beberapa standarisasi yang harus dipenuhi oleh sebuah halaman web. Beberapa standarisasi tersebut antara lain:
  • Tidak ada typo atau kesalahan dalam ejaan
  • Konten jelas, lengkap, dan mudah dipahami
  • Menyajikan informasi yang valid
  • Penyampaian materi yang terstruktur
  • Menghadirkan UX (User Experience) yang baik
  • Tidak ada fitur halaman yang rusak
  • Nilai EAT yang baik

4. Reputasi dari Website

Tahukah Anda? Google selaku mesin pencari ternyata mampu melakukan identifikasi situs, untuk mengetahui sejauh mana kualitas sebuah halaman website di mata para penggunanya. Dalam hal ini, Google menggunakan beberapa indikator khusus dalam menentukan, apakah sebuah situs memiliki reputasi yang cukup ataukah tidak? Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis indikator yang biasa digunakan Google dalam menentukan sebuah reputasi.
  • Ulasan website dari media berita skala nasional 
  • Situs yang mendapatkan penghargaan dari praktisi terkait
  • Ulasan positif terhadap halaman situs ecommerce
  • Profil kontributor, khususnya dalam konten yang berhubungan dengan topik YMYL
  • Ulasan dari website tetangga yang memiliki reputasi baik.

5. Informasi Situs yang Kredibel

Diantara faktor yang dapat mempengaruhi metrik page quality sebuah website adalah keberadaan informasi web yang jelas dan dapat dipercaya. Informasi yang kami maksud disini, seperti: profil kontributor, alamat kantor, kontak yang dapat dihubungi, dan rincian lainnya yang berkaitan dengan website itu sendiri.
Informasi atau profil yang kredibel dari sebuah website dapat meningkatkan kepercayaan terhadap mesin pencari, dan pengguna website itu sendiri. Imbasnya, metrik PQ dari sebuah yang website yang menyertakan informasi lengkap, akan cenderung lebih tinggi dibandingkan website yang tidak melengkapi informasi situsnya.

Kesimpulan

Kualitas halaman atau page quality sebuah website dapat dibangun dengan mengoptimalkan 5 faktor yang telah kita sampaikan di atas. Meski PQ tidak memiliki hubungan langsung dengan SEO, namun bisa kita pastikan. Website dengan metrik PQ yang tinggi, umumnya memiliki kualitas konten yang baik dan dapat dipercaya dari segi validitas informasi.

Mungkin ini saja yang bisa kami bagikan terkait apa itu PQ dan faktor yang dapat mempengaruhinya. Bila Anda merasa terbantu dengan informasi yang kami sampaikan, beri kami dukungan dengan membagikan artikel ini ke sosial media Anda. Dukungan dari Anda akan membantu kami untuk lebih baik lagi, dalam upaya menghasilkan konten yang berkualitas. Terima kasih dan sampai jumpa. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.