Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Artikel SEO Sesuai Guidelines Google

 
Cara Menulis Artikel SEO
Cara Menulis Artikel SEO

Update: 8 Juni 2020

Halo bro, berhubung ini adalah artikel santai dan saya susun dalam keadaan santai (sambil nyeruput teh susu), jadi saya sedikit mengabaikan tata bahasa penulisan yang baik dan benar yah. Jadi kalau ada salah-salah kata, yah dimaklumi aja.  

Ohiya bro, sesuai judul yang udah ente-ente lihat, disini saya akan SEDIKIT memberikan beberapa tips dasar bagaimana caranya kita agar dapat menyusun atau menulis artikel yang SEO dan tentunya tidak melanggar guidelines Google. 

Pembukaan

Jadi temen-temen, sebenarnya untuk memahami apa itu SEO butuh waktu dan pengalaman yah. Karena sejatinya, SEO itu sendiri sifatnya sangat dinamis alias terus berkembang menyesuaikan waktu, kondisi, dan user tentunya. Lalu apakah bisa kita mempelajari SEO secara instan? 

Jawabannya tergantung. Tergantung siapa pematerinya, dan siapa audiensnya (dalam hal ini orang yang mempelajarinya). 


Pengertian SEO

Sedikit meluruskan, SEO sebenarnya hanyalah sebuah metode, bukan tujuan. Sebab tujuan dari seluruh penerangan metode SEO adalah trafik. Jadi harap diingat baik-baik. Oke! Lalu SEO itu apa bos? 

Sederhananya, SEO adalah sebuah metode, cara, trik, dan tips yang berfungsi mendongkrak artikel kita, naik hingga posisi teratas halaman Google. Dalam definisi lain, SEO merupakan seperangkat aturan, yang menjadi standar kualitas sebuah halaman web/blog layak untuk masuk ke halaman pertama Google.  

Jadi, sebuah halaman web/blog yang tidak lolos standar kualitas menurut mesin pencari, maka tidak layak pula untuk dimasukkan ke halaman pertama Google. Adapun yang menjadi standar mesin pencari tersebut, bisa kita namai dengan algoritma mesin pencari. 

Cara Menulis Artikel SEO Sesuai Guidelines Google

Oke, lanjut pada fokus topik kita kali ini, berikut adalah beberapa langkah dasar dalam proses pembuatan artikel yang sesuai dengan standar guidelines Google. 

1. Buat Artikel Orisinil

Ibaratkan sebuah mahakarya, sebuah artikel yang orisinil akan membantu sebuah artikel untuk masuk ke halaman pertama Google. Saat robot Google mencrawl sebuah artikel, robot tersebut mampu mengidentifikasi apakah artikel tersebut plagiat ataukah orisinil. Jika artikel tersebut teridentifikasi sebagai artikel yang plagiat, copy paste, dan sejenisnya, tentu saja akan sulit baginya untuk masuk ke halaman pertama Google. Semakin orisinil sebuah artikel, maka akan semakin tinggi pula nilainya di mata mesin pencari, karena telah mengikuti aturan guidelines Google

2. Masukan Keyword

Berhentilah menulis sia-sia. Maksudnya yaitu berhenti menulis sebuah artikel tanpa memiliki substansi yang jelas. 

Ketika kita hendak menulis sebuah artikel yang SEO friendly, kita harus memiliki tujuan yang jelas keyword apa yang ingin kita bidik. Ketika kita sudah menentukan keyword yang hendak diincar, silahkan masukan keyword tersebut secara proporsional di titik-titik terbaik. 

3. Perhatikan Tata Bahasa

Bro.. Ini zaman sudah kelewat canggih. Pengembangan AI (artificial intelligence) telah masuk ke dalam taraf yang cukup mencengangkan. Dalam rangka menghadirkan konten relevan dan memberi solusi bagi para user, Google selalu mesin pencari terbesar saat ini berulang kali melakukan update core. Salah satu langkah update yang dilakukan oleh Google adalah penggunaan AI tingkat tinggi dalam mengidentifikasi konten. 

Walhasil, artikel yang menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, sesuai dengan ejaan yang disempurnakan akan cenderung lebih unggul di mata mesin pencari. 

4. Tidak Over Keyword

Memasukkan keyword terbidik ke dalam konten tentu sebuah keharusan. Namun perlu diingat, kita sedang menyusun konten untuk manusia bukan untuk robot. Sekalipun yang memindai konten kita adalah seperangkat robot Google, ujung-ujungnya nilai relevansi kontenlah yang akan membawa sebuah artikel naik ke halaman pertama Google. Oleh sebab itu, masukkan keyword seproporsional mungkin, dan jangan berlebihan adalah aturan Google yang perlu kita taati untuk menghasilkan artikel yang SEO. Including keyword yang berlebihan akan membuat konten atau halaman web yang kita bangun ditandai sebagai halaman dengan spam keyword oleh Google. 

5. Buat Artikel Setampan Mungkin

Saat Anda menulis sebuah artikel, maka buatlah artikel Anda setampan mungkin, sehingga menarik perhatian mesin pencari. Anda wajib menyusun artikel yang mampu menjadi sebuah jawaban atas apa yang dicari oleh user. Artikel yang mampu menjawab dengan baik selalu akan menjadi prioritas untuk masuk ke jajaran artikel di halaman pertama Google. 

6. Buatlah Artikel Dengan Konsep Sempurna

Saat Anda membuat sebuah artikel, hal pertama yang harus Anda ingat adalah Anda harus membuat sebuah artikel yang mampu menjadi jawaban bagi user search engine. Tidak peduli sepanjang apapun artikel Anda, bila tidak memiliki solusi di dalamnya maka akan percuma. AI yang dikembangkan oleh Google, dalam hal ini tentu telah mampu mengidentifikasi jawaban yang dibutuhkan oleh user, dengan menilai tingkat relevansi konten terbaik di dalam mesin pencari. Lalu bagaimana yang dimaksud dengan artikel dengan konsep sempurna? 
Cara Menulis Artikel SEO
Cara Menulis Artikel SEO - Buat Artikel Terstruktur


Sederhana saja, buatlah artikel sedetail mungkin terkait keyword utama yang ingin Anda bahas. Misal, bila Anda ingin membahas keyword "ikan mas", tentu akan lebih baik jika Anda menyusun satu buah artikel dengan lengkap seperti:
  • Apa itu ikan mas? 
  • Jenis-jenis ikan mas
  • Umpan ikan mas terbaik
  • Cara memelihara ikan mas
  • Dan lain-lain terkait dengan ikan mas
Dalam hal ini, artikel 1500 kata dengan 5 sub topik di atas, hasilnya akan lebih baik di dalam mesin pencari, ketimbang artikel 1500 kata dengan satu sub topik tok, misal hanya " Apa itu ikan mas". Artikel yang lebih lengkap cenderung diutamakan oleh mesin pencari, ketimbang artikel yang miskin data dan tidak menjawab. 

7. Hindari Artikel Spinner

Salah satu cara untuk menghasilkan sebuah konten artikel yang SEO adalah dengan menghindari konten-konten hasil generate atau spinner tools. Artikel yang benar-benar SEO bukanlah artikel yang dihasilkan dari sebuah tools. Sebab artikel yang benar-benar SEO selalu datang dari penulis yang benar-benar faham bagaimana mesin pencari bekerja. Oleh sebab itu, tulislah artikel secara manual. Buat sedemikian rupa agar artikel yang kita susun mengandung value dan solusi bagi user mesin pencari. 

8. Lakukan Analisa Artikel Page-One

Salah satu proses atau tahap untuk menghasilkan artikel yang benar-benar SEO antara lain adalah dengan mengamati langsung artikel-artikel yang berada di halaman pertama Google. Kita bisa melihat bagaimana kompetitor kita menyusun tahap demi tahap artikelnya. Perhatikan pula bagaimana mereka menempatkan keyword di paragraf yang potensial. Mengamati langsung jajaran artikel page-one adalah cara tersingkat untuk memahami bagaimana yang dimaksud dengan optimasi SEO On-page. 

9. Perhatikan Struktur URL

Membuat ataupun menulis artikel SEO bukan hanya soal value dari artikel yang sedang kita susun. Lebih detail daripada itu, sebuah artikel yang sesuai dengan standar SEO yang benar bahkan juga harus mempertimbangkan struktur URL dari artikel tersebut. Pemilihan struktur URL yang tepat bukan hanya mempengaruhi nilai SEO (search engine optimization) semata. Lebih dari itu, penggunaan struktur URL yang tepat juga dapat menciptakan sebuah kesan terhadap artikel, sehingga pembaca mengira bahwa artikel tersebut adalah artikel yang benar-benar fresh, padahal tidak. 
Cara Menulis Artikel SEO
Cara Menulis Artikel SEO Sesuai Guidelines Google

10. Lengkapi Artikel Dengan Gambar Pendukung

Salah satu hal penting saat membuat konten, dalam hal ini menulis artikel yang SEO adalah menyertakan gambar di dalamnya. Sekali lagi kami ingatkan, Google yang sekarang bukanlah Google 10 tahun yang lalu. Perkembangan AI dalam mengidentifikasi konten jauh berkali-kali lipat dibanding satu dekade yang lalu. Oleh karenanya, menyertakan gambar pendukung akan membuat artikel yang Anda tulis lebih memiliki value di mata AI, sehingga peluang untuk masuk ke halaman pertama Google akan lebih besar lagi. 

Terlebih lagi, bila artikel yang Anda tulis berisi tutorial atau cara menyelesaikan sesuatu. Maka memasukkan gambar pendukung ke dalam artikel bisa jadi adalah salah satu indikator wajib untuk masuk ke halaman pertama Google. 

11. Mengoptimalkan Alt+tag Gambar

Dalam membuat artikel yang SEO, kita bukan cuma sekedar memasukkan gambar pendukung ke dalamnya. Lebih daripada itu, kita juga dituntut untuk cerdas mengoptimalkan gambar tersebut, bagaimana caranya agar setiap gambar yang kita upload memiliki nilai SEO di mata mesin pencari. Salah satu cara mengoptimalkan gambar yang kita maksud disini adalah including keywords. Dengan memasukkan keywords ke dalam gambar, langkah ini akan memberi nilai SEO tersendiri bagi artikel di dalamnya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menambahkan Alt+tag / keywords ke dalam gambar kamu yah. 

Segini dulu yah.. Nanti kita update lagi. Dipantau aja setiap hari.