Widget HTML Atas

Mengapa Ilmu Ekonomi Sangat Erat Hubungannya Dengan Perilaku Manusia

Mengapa Ilmu Ekonomi Sangat Erat Hubungannya Dengan Perilaku Manusia
Alasan Mengapa Ilmu Ekonomi Memiliki Hubungan Erat Dengan Perilaku Manusia

Muncul sebuah pertanyaan, Mengapa Ilmu Ekonomi Sangat Erat Hubungannya Dengan Perilaku Manusia? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.

Mengapa Ilmu Ekonomi Sangat Erat Hubungannya Dengan Perilaku Manusia? 

Jawaban 1:
Perlu teman-teman ketahui, bahwa ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang sangat erat kaitannya dengan perilaku manusia. Sebab, didalam ilmu ekonomi kita akan mempelajari bagaimana perilaku manusia dalam upayanya memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari. Oleh karena itulah, mengapa ilmu ekonomi ini dikatakan sangat erat hubungannya dengan perilaku manusia.

Jawaban 2:
Alasan lain mengapa Ilmu ekonomi sangat erat kaitannya dengan perilaku manusia, yaitu : karena seluruh kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh manusia adalah bentuk upaya dalam memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. 

Adapun bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia sangatlah beragam. Namun dari keseluruhan bentuk kegiatan ekonomi tersebut, selalu berfokus pada 3 
kegiatan pokok, yaitu: kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi. Dari masing-masing kegiatan sebelum dilakukan tentu harus dengan pengamatan.

Sebagai contoh: apabila kita hendak melakukan kegiatan produksi, maka kita harus mengamati kebutuhan manusia terlebih dahulu, kemudian setelah itu barulah kita mencari solusi yang tepat yang mampu menjawab kebutuhan manusia tersebut, sehingga lahirlah produk-produk bermanfaat yang berguna bagi manusia untuk menyelesaikan masalahnya.

Bukan hanya masalah produksi yang wajib untuk diamati, kegiatan konsumsi dan distribusi pun juga penting untuk dilakukan sebuah evaluasi untuk mencapai kegiatan ekonomi yang bersifat produktif dan menghasilkan keuntungan. Manusia sebagai mahluk ekonomi tentu tidak bisa dijauhkan dari kegiatan-kegiatan ekonomi itu sendiri, dan manusia sebagai mahluk sosial juga tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh sebab itu, kegiatan ekonomi selalu melibatkan banyak orang untuk berjalan lancar dan kondusif.

Mungkin demikian saja yang bisa kita sampaikan mengenai alasan mengapa ilmu ekonomi punya hubungan yang erat dengan perilaku manusia. Semoga bermanfaat dan membantu para pembaca khususnya anak pelajar Indonesia dimana pun dirumah. 

Tetap dirumah aja sampai kondisi aman yah



Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.