Widget HTML Atas

Bingung Pilih Samsung atau Oppo

Pilih Samsung atau Oppo
Pilih Samsung atau Oppo

Bingung Pilih Samsung atau Oppo? 

Samsung atau Oppo -  masih di blog informasi Tahukah kamu. Mungkin di antara kalian sudah tidak asing dengan vendor smartphone Yang dua ini, benar, Samsung dan Oppo. Baik Samsung maupun Oppo keduanya dikenal memiliki keunggulan pada fitur kameranya. 

Sesuai judul diatas, tulisan ini akan membahas tentang komparasi antara smartphone Oppo Oppo dan Samsung. Tujuan tulisan ini kami rasa cukup jelas, yaitu untuk membantu para pembaca agar mampu menetapkan pilihan lebih objektif. Sehingga tidak ada lagi istilah ah bingung pilih Samsung atau Oppo. Untuk mempersingkat waktu langsung saja ikuti ulasan kami di bawah ini.  

Ditinjau Dari Aspek Desain

Bila kita mengamati perkembangan dunia gadget khususnya smartphone, maka Tidak diragukan lagi bahwa desain generasi terbaru saat ini adalah smartphone dengan layar full display. Di mana yang menjadi pengusung atau inspirasi model ini adalah iPhone X. Di dalam lingkup pengguna Samsung sendiri, bila tidak benar-benar jeli akan cukup sulit membedakan masing-masing tipe smartphone yang mengadopsi layar full display. Seperti halnya Samsung A70 dan A20. Dari segi kelas, Samsung A70 adalah smartphone tipe high end, sedangkan Samsung A20 masuk dalam kategori smartphone tipe low end. Namun, karena keduanya sama-sama mengadopsi desain layar full display, tidak sedikit yang keliru dalam membedakan keduanya, khususnya mereka yang masih Awam dalam dunia gadget. 

Implementasi atau penerapan desain layar full display ini bukan hanya ada pada Samsung, smartphone asal Tiongkok, yakni Oppo, juga ikut mengadopsi desain layar full display Bagaimana Samsung yang mengikuti jejak iPhone X. Namun sedikit berbeda dengan Samsung, vendor smartphone Oppo dinilai lebih inovatif dalam urusan desain. Hal ini bisa kita lihat dari produk terbaru mereka yaitu Oppo Reno. Bukan hanya sekedar menampilkan desain layer full display, Oppo melakukan sebuah inovasi yaitu dengan penyematan hidden camera cara atau kamera tersembunyi. Sehingga, meski tampak biasa-biasa saja, namun hakikatnya nya terdapat sebuah inovasi tersembunyi yang tidak dimiliki oleh smartphone sekelasnya. Nah, mau pilih Samsung atau Oppo? 

Ditinjau Dari Segi Garansi

Membeli sebuah produk tentu bukan hanya sekedar mendapatkan barang saat itu juga, mereka yang berpengalaman dan jelih dalam transaksi jual beli tentu paham bahwa kemudahan dalam mengklaim garansi adalah suatu hal yang sangat urgensi. Sebab kita tidak bisa menjamin Apakah barang yang kita terima benar-benar 100% produk yang lolos, atau jangan-jangan didalamnya terdapat kecacatan yang bisa muncul kapan saja. Bila dilihat dari segi kemudahan dalam mengklaim garansi, kami rasa kedua vendor ini memiliki level yang sama. Maksudnya adalah, baik vendor Samsung maupun Oppo masing-masing telah memiliki persebaran service center yang cukup merata. Di Indonesia sendiri, Oppo juga merupakan brand yang cukup terkemuka. Sehingga tidak jauh berbeda dengan Samsung, kita pun dapat dengan mudah mencari service center Oppo. Namun meski Begitu Tetap saja, Samsung selaku brand  yang lebih dulu berada di Indonesia  tentu  memiliki  customer center yang lebih banyak dibandingkan dengan Oppo. Nah, mau pilih Samsung atau Oppo? 

Ditinjau Dari Aspek Ekonomis / Harga

Selain mempertimbangkan masalah kemudahan dalam mengklaim garansi, yang tidak kalah mempengaruhi yaitu masalah tingkat ekonomis atau harga dari smartphone itu sendiri. Berdasarkan harga pasar dan pengamatan penulis, Smartphone Samsung adalah Ponsel pintar yang memiliki harga cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan Android sekelasnya, termasuk di dalamnya smartphone Oppo. Hal ini bukan rahasia lagi, kita sering mendapati dimana smartphone dengan harga low end pada Android di luar Samsung, kita sudah bisa menikmati beberapa fitur yang terdapat pada smartphone high end. Sebaliknya, bila kita membeli smartphone Samsung dengan level low end, harga tersebut sudah cukup untuk membeli smartphone diluar brand Samsung dengan beberapa fitur high end. Tapi semua terserah kamu, mau pilih Samsung atau Oppo?

Kesimpulan

Berdasarkan 3 pertimbangan utama di atas, mulai dari aspek desain, kemudahan dalam mengklaim garansi, serta tingkat ekonomis, sepertinya Samsung lebih unggul. Hanya saja untuk memiliki smartphone Samsung, Sepertinya kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam. Tapi meskipun begitu, mengeluarkan sejumlah dana untuk mendapatkan produk yang lebih baik tentu tidak. Tapi semua kembali lagi padamu, membeli smartphone tujuannya untuk apa, mau pilih Samsung atau Oppo semua kembali padamu. 

Mungkin itu saja yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan tulisan singkat di atas bisa menghilangkan keraguan kamu, serta rasa Bimbang dan Dilema antara pilih Samsung atau Oppo. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, bantu kami untuk menyebarluaskan dengan menekan tombol share. Salam tekno. 


Note: tulisan adalah opini pribadi




Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.