Widget HTML Atas

7 Bahan Ampuh Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

7 Bahan Ampuh Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah
7 Bahan Ampuh Untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah
Pori-pori wajah yang besar adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dikeluhkan kaum wanita. Alasannya sederhana, wajah yang memiliki pori-pori yang besar akan terlihat kasar dan kusam. Banyak pula dari kaum wanita yang kehilangan rasa percaya dirinya disebabkan pori-pori wajah yang besar.

Penyebab masalah kulit ini pun sangat beragam, mulai dari karena paparan sinar matahari, malas membersihkan wajah, hingga produksi minyak berlebih pada wajah. Tapi sekarang tidak perlu khawatir, sudah banyak produk kecantikan yang bisa membantu masalah kulit anda.


Namun pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas bukanlah produk kecantikan yang dijual dipasaran. Kali ini yang akan kita bahas adalah 7 bahan alami yang bermanfaat mengecilkan pori-pori wajah anda. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasan kita dibawah ini:

7 bahan alami yang bermanfaat mengecilkan pori-pori wajah anda

1. Jeruk Nipis

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk nipis? Rasanya yang segar dan asam sering digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan dan minuman. Buah ini sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang bermanfaat sebagai booster pencerah wajah, mengatasi jerawat, mengangkat sel kulit mati, dan  membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Jika anda tertarik dengan cara ini, caranya sangatlah mudah.
  • Gunakan kapas yang telah dibasahi dengan air jeruk nipis
  • Usap / oleskan kapas tadi secara lembut ke area wajah yang memiliki pori-pori yang besar
  • Bilas dengan air bersih
* Gunakan cara ini 3x seminggu untuk hasil yang maksimal


2. Putih Telur

Cara yang sederhana bukan berarti hasilnya tidak efektif. Ada banyak sekali cara sederhana dalam merawat wajah yang justru lebih efektif dibandingkan menggunakan produk hasil pabrikan. Salah satunya adalah menggunakan masker putih telur. Cara yang satu ini telah terbukti ampuh dapat mengangkat komedo, mengencangkan kulit, mengangkat kotoran dan bakteri dengan sempurna, hingga membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Untuk mengaplikasikan masker alami ini sangatlah mudah. Tidak diperlukan keahlian khusus dalam membuatnya. Kamu cukup mencampurkan putih telur dengan madu dan air lemon, aduk hingga rata (masker telah jadi), berikutnya oleskan masker ke wajah dengan menggunakan kuas  khusus, setelah itu diamkan selama 15 menit.

*Lakukan cara ini 1x seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


3. Madu Murni

Cairan dari perut lebah ini, tidak hanya memiliki rasa yang lezat. Didalamnya juga terdapat banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh. Salah satunya, adalah untuk merawat kecantikan kulit.

Jika anda memiliki masalah dengan pori-pori wajah yang membesar, anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi masalah anda. Caranya sangat mudah. Anda cukup mengaplikasikan madu ke seluruh permukaan wajah anda (kecuali mata), kemudian pijatlah wajah anda dengan lembut. Lalu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu bilas wajah anda dengan menggunakan air yang bersih. Kandungan vitamin E dan Antioksidan pada madu akan merawat kesehatan dan kecantikan kulit anda.

* Gunakan cara ini 2x seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal


4. Oatmeal

Bahan yang satu ini biasa dikonsumsi para pelaku diet dan penderita diabetes. Hal ini dikarenakan, oatmeal adalah makanan yang mengandung tinggi serat, yang membantu melancarkan proses pencernaan dan memberikan efek kenyang diperut.

Oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang bermanfaat mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah. Disamping itu semua, ternyata oatmeal juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah. Oatmeal dapat bertindak sebagai eksfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati tanpa harus membuat iritasi wajah. Cara membuatnya sangat mudah.
  • Campurkan satu sendok makan oatmeal dan satu sendok madu,
  • Tambahkan satu sendok susu cair
  • Aduk hingga merata (masker siap dipakai)
  • Aplikasikan masker pada wajah secara merata
  • Diamkan selama tiga puluh menit.
  • Setelah itu, bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin.
*Gunakan cara ini 2x seminggu untuk hasil yang maksimal


5. Mentimun

Sampai sekarang masih diperdebatkan apakah mentimun digolongkan kedalam jenis sayuran ataukah jenis buah-buahan. Terlepas dari perdebatan itu, disini kita akan menjelaskan bahwa selain biasa digunakan sebagai lalapan, ternyata mentimun juga memiliki manfaat lain seperti: mengecilkan pori-pori wajah dan menyejukkan wajah.

Cara membuat masker mentimun ini sangat mudah
  • Sediakan Mentimun secukupnya
  • Iris tipis mentimun
  • Tempelkan irisan mentimun diwajah dan biarkan sekitar 20 menit.
  • Setelah itu, bilas wajah anda dengan menggunakan air bersih
*Gunakan cara ini 3x seminggu untuk hasil yang maksimal


6. Aloe Vera

Jika mendengar kata Aloe Vera, mungkin yang terbetik dalam fikiran kita ada manfaatnya untuk kesehatan rambut. Karena ada banyak sekali produk shampo yang menggunakan Aloe Vera sebagai bahan dasar produk mereka. Tapi anda perlu tahu, bahwa Aloe Vera juga memiliki manfaat lain selain untuk kesehatan rambut.

Vitamin C, Vitamin E dan Antioksidan yang terkandung dalam Aloe Vera, memiliki peranan penting dalam merawat keindahan dan kesehatan kulit anda. Gunakan masker Aloe Vera agar kulit anda senantiasa terlihat cerah, kencang, lembut dan halus. Penggunaan yang rutin dari masker ini juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah anda.

*Gunakan masker ini 2x seminggu untuk hasil yang maksimal


7. Pepaya

Kandungan vitamin dan mineral didalam buah pepaya mampu menutrisi kulit wajah secara optimal. Selain mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penggunaan rutin masker pepaya, akan melembabkan kulit anda dan membuat wajah anda terlihat lebih sehat merona. Kulit yang sehat dengan sendiri akan menyempitkan pori-pori wajah yang membesar.

Cara membuat masker pepaya ini sangat mudah.
  • Sediakan pepaya secukupnya
  • Haluskan dengan menggunakan sendok atau blender
  • Tambahkan sedikit madu murni (opsional)
  • Masker bisa langsung anda gunakan.
  • Setelah masker terpakai sempurna, diamkan sekitar 20 menit
  • Terakhir bilas wajah anda dengan menggunakan air yang bersih

Itu saja pembahasan kita mengenai 7 bahan alami yang bermanfaat mengecilkan pori-pori wajah anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Manfaat Terapi Bekam
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.