Widget HTML Atas

Jelaskan Pengertian Kalor ?

Jelaskan Pengertian Kalor
Jelaskan Pengertian Kalor ?

Pengertian Kalor

Kalor adalah salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu lebih rendah. Karena kalor sangat identik dengan panas, dalam kehidupan sehari-hari kalor sering digunakan untuk mengganti kata panas. Satuan kalor setara dengan satuan energi, yaitu Joule yang dinotasikan J. Satuan ini ditetapkan oleh James Presscott Joule setelah ia melakukan penelitian menggunakan alat yang kini disebut kalorimeter. Selain dinyatakan dalam joule, kalor juga dapat dinyatakan dalam satuan lain yang disebut kalori, dengan nilai perbandingan 1 Joule = 0,24 kalori.
Meski secara alamiah kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah, tapi dengan perlakuan tertentu ternyata kalor dapat berpindah dengan arah yang sebaliknya. Contoh perpindahan kalor dari benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tinggi adalah pada proses pembuatan es dan pendingin ruangan.
Baca Juga : Contoh Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sumber : Alam Sekitar IPA Terpadu : untuk SMP/MTs Kelas VII /penulis Diana Puspita, Iip Rohima : penyunting, Akfen Efendi . — Jakarta Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 20:09.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.