Widget HTML Atas

Sebutkan Faktor Faktor Pendorong Terjadinya Proklamasi Kemerdekaan !

Faktor Faktor Pendorong Terjadinya Proklamasi Kemerdekaan
Sebutkan Faktor Faktor Pendorong Terjadinya Proklamasi Kemerdekaan !

Sebutkan Faktor Faktor Pendorong Terjadinya Proklamasi Kemerdekaan !

Faktor Faktor Pendorong Terjadinya Proklamasi Kemerdekaan
Dalam Pembukaan UUD 1945 secara tegas dinyatakan bahwa kemerdekaan itu adalah atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas. Namun kita juga perlu memahami faktor subjektif dan objektif yang menyebabkan terjadinya proklamasi tersebut.

Faktor subjektif adalah faktor yang berasal dari dalam jiwa bangsa Indonesia sendiri, sedangkan faktor objektif adalah situasi dan kondisi kaum penjajah pada saat itu. Makna selengkapnya dari kedua faktor tersebut adalah sebagai berikut.

a. Faktor Subjektif 

1. Perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah berlangsung ratusan tahun lamanya (1511-1945) sampai pada titik kulminasinya dan atas keyakinan bangsa Indonesia, bahwa berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa yang melindungi dan meridloi perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.
2. Penderitaan rakyat akibat penjajahan telah meluas dan seakan-akan tak tertahankan meledak melahirkan tekad menentukan nasib atas kekuatan bangsa sendiri dengan pengorbanan serta berkat rahmat Allah Tang Maha Kuasa.

b. Faktor Objektif 

Waktu antara penyerahan Jepang kepada Sekutu (14 Agustus 1945) dan akan mendaratnya Sekutu ke tanah air (18 Agustus 1945) terdapat kekosongan kekuasaan pemerintahan (vacuum of power).
Dengan demikian jelaslah fakta-fakta berbicara, bahwa kemerdekaan Indonesia:
  • bukanlah "hadiah dari penjajah"; melainkan
  • berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa; dan
  • hasil perjuangan bangsa Indonesia atas kekuatan sendiri; dengan
  • pengorbanan jiwa dan raga para pahlawan kusuma bangsa.

Baca Juga : Jelaskan Makna Proklamasi Kemerdekaan !


DAFTAR PUSTAKA
Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.