12 Februari Memperingati Hari Apa?

Setiap tanggal yang ada di kalender memiliki makna dan arti tersendiri. Salah satunya adalah tanggal 12 Februari. Apakah kamu tahu, 12 Februari memperingati hari apa? Mari kita simak bersama-sama.

1. Hari Kanker Anak Sedunia

Tanggal 12 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Anak Sedunia atau International Childhood Cancer Day. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker pada anak-anak serta memperjuangkan hak-hak anak penderita kanker.

Kanker pada anak-anak ternyata cukup sering terjadi. Bahkan, menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya terdapat sekitar 300.000 kasus kanker pada anak-anak di seluruh dunia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendukung perjuangan melawan kanker pada anak-anak.

2. Hari Darwin Sedunia

Selain Hari Kanker Anak Sedunia, 12 Februari juga diperingati sebagai Hari Darwin Sedunia atau International Darwin Day. Peringatan ini dilakukan untuk menghormati peran penting Charles Darwin dalam ilmu pengetahuan.

Charles Darwin adalah seorang naturalis asal Inggris yang terkenal dengan teori evolusinya. Teori ini menyatakan bahwa semua makhluk hidup berasal dari nenek moyang yang sama dan mengalami evolusi atau perubahan seiring waktu. Teori ini juga disebut sebagai teori seleksi alam.

3. Hari Pers Nasional

Tanggal 12 Februari juga diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai dan menghormati peran penting media massa dalam pembangunan bangsa.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus bisa memanfaatkan media massa dengan baik dan bijak. Kita juga harus menghargai kebebasan pers dan tidak melakukan tindakan yang merugikan profesi jurnalis.

4. Hari Konstitusi

Tanggal 12 Februari juga diperingati sebagai Hari Konstitusi. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai dan menghormati konstitusi sebagai dasar hukum negara.

Konstitusi merupakan hukum tertinggi di suatu negara. Konstitusi juga merupakan landasan bagi terciptanya keadilan, kebebasan, dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

5. Hari Sedunia untuk Tindakan Terhadap Suara Teredam

Selain empat peringatan di atas, 12 Februari juga diperingati sebagai Hari Sedunia untuk Tindakan Terhadap Suara Teredam atau World Day of Action Against Silence. Peringatan ini bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak korban pelanggaran HAM dan memperjuangkan kebebasan berbicara.

Banyak korban pelanggaran HAM yang tidak punya suara. Oleh karena itu, kita harus menjadi suara bagi mereka dan memperjuangkan hak-hak mereka agar dapat diakui.

6. Hari Peringatan Tragedi Pemerintahan Jenderal Soeharto

Di Indonesia, tanggal 12 Februari juga menjadi hari peringatan tragedi pemerintahan Jenderal Soeharto. Pada tanggal ini, pada tahun 1998, Jenderal Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Peristiwa ini dianggap sebagai akhir dari era Orde Baru yang dikenal dengan kebijakan otoriter dan pelanggaran HAM yang terjadi pada masa pemerintahan Jenderal Soeharto.

7. Hari Peringatan Nabi Yusuf

Di kalangan muslim, tanggal 12 Februari juga diperingati sebagai Hari Peringatan Nabi Yusuf. Nabi Yusuf merupakan nabi yang terkenal dengan kisahnya yang terdapat di dalam Al-Quran.

Kisah Nabi Yusuf mengajarkan kita tentang kesabaran, kejujuran, dan keikhlasan. Kisah ini juga mengajarkan kita tentang pentingnya berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT.

8. Hari Peringatan Pertempuran Surabaya

Tanggal 12 Februari juga menjadi hari peringatan Pertempuran Surabaya. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 dan dianggap sebagai salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran Surabaya merupakan perlawanan rakyat Indonesia terhadap tentara sekutu yang ingin menguasai kembali Indonesia pasca kemerdekaan. Peristiwa ini menghasilkan banyak korban jiwa dan menjadi simbol perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya.

9. Hari Peringatan Kelahiran Abraham Lincoln

Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika Serikat ke-16 yang terkenal dengan perjuangannya untuk menghapuskan perbudakan. Tanggal 12 Februari diperingati sebagai hari peringatan kelahiran Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln merupakan sosok yang sangat dihormati dan dijadikan panutan oleh banyak orang. Perjuangannya yang gigih dalam memperjuangkan hak asasi manusia, khususnya hak orang kulit hitam, akan selalu dikenang.

10. Hari Peringatan Kelahiran Charles Robert Darwin

Tanggal 12 Februari juga menjadi hari peringatan kelahiran Charles Robert Darwin. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Charles Darwin merupakan seorang naturalis asal Inggris yang terkenal dengan teori evolusinya.

Karya-karya Charles Darwin telah memberikan banyak kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, peringatan hari kelahirannya juga sangat penting sebagai bentuk penghargaan atas jasanya dalam dunia ilmu pengetahuan.

11. Hari Peringatan Kelahiran Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison adalah seorang penemu asal Amerika Serikat yang terkenal dengan penemuan-penemuannya yang revolusioner, seperti bola lampu pijar dan fonograf.

Tanggal 12 Februari diperingati sebagai hari peringatan kelahiran Thomas Alva Edison. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai jasa-jasa dan kontribusinya dalam dunia teknologi dan penemuan.

12. Hari Peringatan Kelahiran Christina Ricci

Christina Ricci adalah seorang aktris asal Amerika Serikat yang terkenal dengan perannya di film-film seperti The Addams Family dan Sleepy Hollow.

Tanggal 12 Februari juga diperingati sebagai hari peringatan kelahiran Christina Ricci. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai dan menghormati kontribusinya dalam dunia perfilman.

Kesimpulan

Tanggal 12 Februari ternyata memiliki banyak makna dan arti yang berbeda-beda. Mulai dari perjuangan melawan kanker anak, menghormati konstitusi sebagai dasar hukum negara, perjuangan melawan pelanggaran HAM, hingga menghargai kontribusi para ilmuwan dan tokoh ternama di dunia.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus bisa menghargai dan memaknai setiap peringatan yang ada. Kita juga harus bisa memanfaatkannya sebagai inspirasi dalam memperjuangkan kebaikan dan kesejahteraan bagi sesama.