Tips Keamanan WordPress Seri 2: Cara Mengubah Nama User Admin di Database MySQL

Setelah mempelajari tips keamanan WordPress seri 1, pada seri 2 ini kita akan membahas cara mengubah nama user admin di database MySQL. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari serangan hacker yang mencoba membobol website WordPress kita.

Kenapa Harus Mengubah Nama User Admin?

User admin adalah akun yang memiliki akses penuh ke website WordPress kita. Jika akun ini berhasil diretas oleh hacker, maka mereka bisa dengan mudah merusak atau mencuri data dari website kita. Oleh karena itu, mengubah nama user admin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keamanan website WordPress kita.

Langkah-langkah Mengubah Nama User Admin di Database MySQL

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat backup database MySQL kita. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari kehilangan data jika terjadi kesalahan saat mengubah nama user admin.

Setelah itu, kita bisa memulai langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke phpMyAdmin

Untuk masuk ke phpMyAdmin, kita bisa membuka cPanel hosting kita dan mencari menu phpMyAdmin di bagian database. Setelah itu, masukkan username dan password untuk masuk ke phpMyAdmin.

2. Pilih Database WordPress Kita

Pada halaman utama phpMyAdmin, kita akan melihat daftar database yang ada di hosting kita. Pilih database WordPress kita dengan mengklik namanya.

3. Pilih Tabel wp_users

Setelah masuk ke database WordPress kita, pilih tabel wp_users. Tabel ini berisi informasi tentang semua user yang terdaftar di website kita.

4. Ubah Nama User Admin

Cari baris dengan username admin dan klik tombol Edit. Pada kolom user_login, ubah admin menjadi nama user lain yang sulit ditebak oleh hacker. Pastikan untuk mengingat nama user baru ini karena kita akan menggunakannya untuk login ke website WordPress kita.

5. Simpan Perubahan

Setelah mengubah nama user admin, jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol Simpan.

Kesimpulan

Mengubah nama user admin di database MySQL adalah salah satu cara untuk meningkatkan keamanan website WordPress kita. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kita bisa melindungi website kita dari serangan hacker yang mencoba membobol akun user admin. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperbarui versi WordPress kita dan menggunakan plugin keamanan untuk menjaga website kita tetap aman.