Scale Horisontal Stateless dan Stateful di Dewacloud

Di era digital saat ini, skalabilitas sangat penting bagi bisnis online. Dalam dunia komputasi awan, skalabilitas dapat dilakukan secara vertikal dan horizontal. Skalabilitas vertikal adalah memperbesar sumber daya komputasi pada satu mesin. Sementara skalabilitas horizontal adalah memperbesar sumber daya dengan menambahkan mesin yang sama.

Stateless dan Stateful

Ada dua jenis aplikasi dalam dunia komputasi: Stateless dan Stateful. Stateless adalah jenis aplikasi yang tidak menyimpan data atau informasi di server, jadi setiap kali pengguna mengakses aplikasi, server akan mengirimkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Sedangkan Stateful adalah jenis aplikasi yang menyimpan data atau informasi di server, sehingga setiap kali pengguna mengakses aplikasi, server akan mengambil data dari server.

Horizontal Scaling

Dalam horizontal scaling, kita dapat menambahkan mesin untuk meningkatkan performa aplikasi. Dalam skalabilitas horizontal, kita bisa melakukan scaling dengan dua cara: stateless dan stateful.

Stateless Horizontal Scaling

Pada aplikasi stateless, ketika kita menambahkan mesin, aplikasi akan bekerja dengan baik. Karena aplikasi tidak menyimpan data atau informasi di server, jadi ketika mesin ditambahkan, tidak ada data yang hilang atau bermasalah.

Contoh kasus aplikasi stateless adalah web server. Ketika kita menambahkan mesin, web server akan bekerja dengan baik. Meskipun ada beberapa pengguna yang menggunakan mesin yang berbeda, tidak ada data atau informasi yang hilang atau bermasalah.

Stateful Horizontal Scaling

Pada aplikasi stateful, ketika kita menambahkan mesin, aplikasi mungkin tidak akan bekerja dengan baik. Karena aplikasi menyimpan data atau informasi di server, ketika mesin ditambahkan, beberapa data mungkin hilang atau bermasalah.

Contoh kasus aplikasi stateful adalah aplikasi database. Ketika kita menambahkan mesin, aplikasi database mungkin tidak akan bekerja dengan baik. Beberapa data mungkin hilang atau bermasalah. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan skalabilitas horizontal dengan hati-hati ketika menggunakan aplikasi stateful.

Dewacloud

Dewacloud adalah penyedia layanan komputasi awan terkemuka di Indonesia. Dewacloud menawarkan layanan cloud computing yang inovatif dan terjangkau. Dewacloud menyediakan layanan stateless dan stateful, sehingga pengguna dapat memilih layanan yang tepat untuk bisnis mereka.

Stateless di Dewacloud

Dalam layanan stateless di Dewacloud, kita dapat menambahkan mesin dengan mudah. Karena aplikasi tidak menyimpan data di server, maka ketika kita menambahkan mesin, aplikasi akan bekerja dengan baik. Dewacloud menyediakan layanan web server yang dapat di-skala secara horizontal dengan mudah.

Stateful di Dewacloud

Dalam layanan stateful di Dewacloud, kita harus memperhatikan skalabilitas horizontal dengan hati-hati. Karena aplikasi menyimpan data di server, maka ketika kita menambahkan mesin, beberapa data mungkin hilang atau bermasalah.

Dewacloud menyediakan layanan database yang dapat di-skala secara horizontal dengan aman. Dewacloud menggunakan teknologi replikasi untuk menjaga keamanan data pengguna. Dengan teknologi replikasi, data akan disalin ke mesin lain secara otomatis, sehingga data akan aman dan tidak hilang.

Conclusion

Dalam dunia komputasi awan, skalabilitas sangat penting. Dalam skalabilitas horizontal, kita dapat menambahkan mesin untuk meningkatkan performa aplikasi. Ada dua jenis aplikasi dalam dunia komputasi: Stateless dan Stateful. Stateless adalah jenis aplikasi yang tidak menyimpan data atau informasi di server, sedangkan Stateful adalah jenis aplikasi yang menyimpan data atau informasi di server.

Dalam layanan stateless di Dewacloud, kita dapat menambahkan mesin dengan mudah. Karena aplikasi tidak menyimpan data di server, maka ketika kita menambahkan mesin, aplikasi akan bekerja dengan baik. Sedangkan dalam layanan stateful di Dewacloud, kita harus memperhatikan skalabilitas horizontal dengan hati-hati. Dewacloud menyediakan layanan database yang dapat di-skala secara horizontal dengan aman menggunakan teknologi replikasi untuk menjaga keamanan data pengguna.