Penghargaan Adipura 2023: Apa Itu, Bagaimana Cara Mendapatkannya, dan Mengapa Penting?

Penghargaan Adipura 2023 adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada daerah yang memiliki kualitas lingkungan yang baik. Penghargaan ini diberikan setiap tiga tahun sekali dan diharapkan dapat memotivasi daerah-daerah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas lingkungan.

Apa Itu Adipura?

Adipura merupakan singkatan dari Anugerah Desa Wisata dan Kota Tanpa Sampah. Penghargaan ini pertama kali diberikan pada tahun 1986 oleh Presiden Soeharto untuk mendorong pengelolaan lingkungan yang lebih baik di Indonesia.

Adipura mempunyai dua kategori yaitu Adipura Kota dan Adipura Desa Wisata. Adipura Kota diberikan kepada kota-kota yang memiliki kualitas lingkungan yang baik, sedangkan Adipura Desa Wisata diberikan kepada desa-desa yang berhasil mengembangkan pariwisata dengan memperhatikan lingkungan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Adipura?

Untuk mendapatkan penghargaan Adipura, setiap daerah harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh KLHK. Kriteria tersebut mencakup lima aspek yaitu kebersihan, pengelolaan sampah, penghijauan, air bersih dan sanitasi, serta lingkungan.

Setiap daerah yang ingin mendapatkan penghargaan Adipura harus mengikuti proses seleksi dan verifikasi yang dilakukan oleh tim penilai dari KLHK. Tim penilai akan melakukan survei langsung ke daerah yang mendaftar untuk melihat kondisi lingkungan di sana. Hasil survei tersebut akan menjadi dasar untuk menentukan apakah daerah tersebut layak mendapatkan penghargaan Adipura atau tidak.

Mengapa Penting untuk Mendapatkan Adipura?

Mendapatkan penghargaan Adipura bukan hanya sekadar prestasi semata, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi daerah tersebut. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain:

1. Meningkatkan citra daerah. Penghargaan Adipura dapat menjadi bukti bahwa daerah tersebut peduli dan serius dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Hal ini dapat meningkatkan citra daerah di mata masyarakat dan investor.

2. Meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan memiliki lingkungan yang bersih dan sehat, masyarakat akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kotoran dan sampah.

3. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Lingkungan yang bersih dan sehat dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut.

4. Meningkatkan potensi pariwisata. Daerah yang memperoleh penghargaan Adipura Desa Wisata dapat menarik wisatawan yang mencari suasana alam yang sejuk dan bersih. Hal ini dapat membuka peluang bisnis pariwisata di daerah tersebut.

Kapan Penghargaan Adipura 2023 Akan Diberikan?

Penghargaan Adipura 2023 rencananya akan diberikan pada tahun 2024. Sebelum itu, setiap daerah harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh KLHK.

Saat ini, KLHK telah membuka pendaftaran untuk daerah yang ingin mengikuti seleksi Adipura 2023. Setiap daerah yang tertarik untuk mengikuti seleksi tersebut dapat mendaftar melalui website resmi KLHK.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan?

Untuk meningkatkan kualitas lingkungan, setiap individu dan masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

1. Membuang sampah pada tempatnya. Sampah yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

2. Menghemat penggunaan air. Air adalah sumber daya yang sangat berharga, oleh karena itu harus dijaga dan dimanfaatkan dengan bijaksana.

3. Menanam pohon. Pohon dapat membantu menjaga kualitas udara dan mengurangi polusi.

4. Mengurangi penggunaan plastik. Plastik merupakan bahan yang sulit diuraikan dan dapat mencemari lingkungan. Oleh karena itu, sebaiknya mengurangi penggunaan plastik dan beralih ke bahan yang ramah lingkungan.

5. Menghindari pembakaran sampah. Pembakaran sampah dapat mencemari udara dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Lebih baik memilah sampah dan mengirimkannya ke tempat pemrosesan sampah yang sudah ditentukan.

Kesimpulan

Penghargaan Adipura 2023 adalah penghargaan yang diberikan oleh KLHK kepada daerah yang memiliki kualitas lingkungan yang baik. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, setiap daerah harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh KLHK. Mendapatkan penghargaan Adipura dapat memberikan manfaat yang besar bagi daerah tersebut, seperti meningkatkan citra daerah, kesehatan masyarakat, kualitas hidup masyarakat, dan potensi pariwisata. Untuk meningkatkan kualitas lingkungan, setiap individu dan masyarakat harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.