Istri Presiden Korea Selatan: Lee Hee-ho, Yuk Young-soo, dan Kim Jung-sook

Korea Selatan adalah salah satu negara yang memiliki seorang presiden. Di balik setiap presiden, pasti ada seorang istri yang menjadi pendamping. Istilah untuk istri presiden Korea Selatan adalah “Ibu Negara”. Setiap Ibu Negara memiliki kisah hidup dan peran yang berbeda-beda. Mari kita kenali lebih dekat istri-istri presiden Korea Selatan.

Lee Hee-ho, Ibu Negara Pertama Korea Selatan

Ibu Negara pertama Korea Selatan adalah Lee Hee-ho. Ia adalah istri dari Presiden pertama Korea Selatan, Syngman Rhee. Lee Hee-ho lahir pada 20 Maret 1922 di Seoul. Sebelum menikah dengan Syngman Rhee, Lee Hee-ho adalah seorang guru di sekolah menengah. Lee Hee-ho dan Syngman Rhee menikah pada 1942 dan memiliki dua orang anak.

Selama menjadi Ibu Negara, Lee Hee-ho aktif dalam kegiatan sosial. Ia mendirikan Yayasan Rhee Syngman untuk membantu orang miskin dan juga Yayasan Lee Hee-ho untuk memajukan pendidikan dan budaya.

Lee Hee-ho meninggal dunia pada 10 Juni 2019 di usia 97 tahun. Di akhir hayatnya, ia menjadi sosok yang dihormati dan diingat oleh banyak orang di Korea Selatan.

Yuk Young-soo, Ibu Negara yang Terbunuh

Yuk Young-soo adalah istri dari Presiden kedua Korea Selatan, Park Chung-hee. Ia lahir pada 29 September 1925 di Gyeonggi-do. Sebelum menikah dengan Park Chung-hee, Yuk Young-soo adalah seorang perawat. Mereka menikah pada 1950 dan memiliki empat orang anak.

Pada 26 Agustus 1974, Yuk Young-soo meninggal dunia akibat terkena tembakan pada saat upaya pembunuhan terhadap Presiden Park Chung-hee. Peristiwa ini terjadi saat mereka menghadiri sebuah acara di Blue House. Yuk Young-soo menjadi Ibu Negara pertama yang tewas di tangan pembunuh.

Setelah kematiannya, Yuk Young-soo dikenang sebagai sosok yang berdedikasi untuk negara dan rakyat. Banyak kegiatan sosial yang didirikan untuk mengenang jasa-jasanya.

Kim Jung-sook, Ibu Negara Terkini Korea Selatan

Ibu Negara saat ini adalah Kim Jung-sook. Ia adalah istri dari Presiden ke-19 Korea Selatan, Moon Jae-in. Kim Jung-sook lahir pada 12 Juli 1954 di Taegu. Sebelum menikah dengan Moon Jae-in, Kim Jung-sook adalah seorang guru di sekolah menengah. Mereka menikah pada 1981 dan memiliki dua orang anak.

Selama menjadi Ibu Negara, Kim Jung-sook aktif dalam kegiatan sosial dan kebudayaan. Ia mendirikan Yayasan Kim Jung-sook untuk membantu anak-anak dan remaja yang kurang beruntung. Kim Jung-sook juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan rakyat dan banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan publik.

Kim Jung-sook menjadi Ibu Negara pada Mei 2017 setelah suaminya, Moon Jae-in terpilih sebagai Presiden Korea Selatan. Sejak itu, ia aktif mendampingi suaminya dalam berbagai kesempatan resmi dan non resmi.

Kesimpulan

Kisah hidup dan peran dari setiap Ibu Negara Korea Selatan memiliki nilai-nilai yang patut diapresiasi. Lee Hee-ho, Yuk Young-soo, dan Kim Jung-sook masing-masing memiliki dedikasi dan kontribusi mereka sendiri dalam pembangunan dan kemajuan Korea Selatan. Sebagai pendamping dari seorang presiden, mereka juga menjadi sosok yang memberikan inspirasi dan motivasi bagi rakyat Korea Selatan.