Film Animasi Terbaik: 30 Film Animasi Terbaik Yang Wajib Ditonton

1. Toy Story

Toy Story adalah film animasi pertama yang dirilis oleh Pixar Animation Studios pada tahun 1995. Film ini mengisahkan tentang sekelompok mainan yang hidup dan memiliki perasaan. Film ini menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa dan sukses besar di box office dengan meraih keuntungan lebih dari $373 juta di seluruh dunia.

2. The Lion King

The Lion King adalah film animasi Walt Disney yang dirilis pada tahun 1994. Film ini mengisahkan tentang kehidupan hewan di savana Afrika dan perjuangan seekor singa muda untuk menjadi raja. Film ini berhasil meraih pendapatan lebih dari $987 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

3. Finding Nemo

Finding Nemo adalah film animasi Pixar yang dirilis pada tahun 2003. Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang ikan kecil bernama Nemo yang berusaha untuk kembali ke rumahnya setelah diculik oleh sekelompok ikan. Film ini meraih keuntungan lebih dari $940 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

4. Up

Up adalah film animasi Pixar yang dirilis pada tahun 2009. Film ini mengisahkan tentang seorang kakek bernama Carl yang ingin memenuhi impian istrinya untuk pergi ke Amerika Selatan. Film ini meraih keuntungan lebih dari $735 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

5. WALL-E

WALL-E adalah film animasi Pixar yang dirilis pada tahun 2008. Film ini mengisahkan tentang robot kecil yang ditinggalkan di bumi dan berusaha untuk membersihkan planet yang penuh dengan sampah. Film ini meraih keuntungan lebih dari $533 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

6. Zootopia

Zootopia adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 2016. Film ini mengisahkan tentang seorang kelinci bernama Judy Hopps yang menjadi polisi di kota Zootopia yang dihuni oleh berbagai jenis hewan. Film ini meraih keuntungan lebih dari $1 miliar di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

7. Moana

Moana adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 2016. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis Polinesia yang berpetualang untuk menyelamatkan pulau tempat dia tinggal dari malapetaka alam. Film ini meraih keuntungan lebih dari $690 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

8. Frozen

Frozen adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 2013. Film ini mengisahkan tentang dua saudara perempuan, Elsa dan Anna, yang berjuang untuk menyelamatkan kerajaan mereka dari kekuatan sihir es yang dimiliki oleh Elsa. Film ini meraih keuntungan lebih dari $1,2 miliar di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

9. Inside Out

Inside Out adalah film animasi Pixar yang dirilis pada tahun 2015. Film ini mengisahkan tentang emosi-emosi dalam kepala seorang anak perempuan bernama Riley yang sedang menghadapi perubahan besar dalam hidupnya. Film ini meraih keuntungan lebih dari $857 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

10. The Incredibles

The Incredibles adalah film animasi Pixar yang dirilis pada tahun 2004. Film ini mengisahkan tentang keluarga superhero yang berjuang untuk menyelamatkan dunia dari ancaman jahat. Film ini meraih keuntungan lebih dari $633 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

11. Spirited Away

Spirited Away adalah film animasi Jepang yang dirilis pada tahun 2001. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis muda yang terperangkap di dunia roh dan harus berjuang untuk kembali ke dunia manusia. Film ini meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Animated Feature dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

12. Howl’s Moving Castle

Howl’s Moving Castle adalah film animasi Jepang yang dirilis pada tahun 2004. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis muda yang terperangkap di dalam rumah berjalan yang dimiliki oleh penyihir muda. Film ini meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Animated Feature dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

13. The Nightmare Before Christmas

The Nightmare Before Christmas adalah film animasi stop motion yang dirilis pada tahun 1993. Film ini mengisahkan tentang Jack Skellington, raja Halloween Town, yang mencoba untuk memahami makna Natal. Film ini menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa dan memiliki penggemar setia di seluruh dunia.

14. Beauty and the Beast

Beauty and the Beast adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 1991. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis muda bernama Belle yang jatuh cinta dengan Beast yang sebenarnya adalah seorang pangeran yang terkutuk. Film ini meraih keuntungan lebih dari $400 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

15. Aladdin

Aladdin adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 1992. Film ini mengisahkan tentang seorang pemuda miskin bernama Aladdin yang menemukan lampu ajaib yang dapat memenuhi tiga permintaan. Film ini meraih keuntungan lebih dari $500 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

16. Tangled

Tangled adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 2010. Film ini mengisahkan tentang seorang putri bernama Rapunzel yang terperangkap di dalam menara oleh ibunya yang jahat. Film ini meraih keuntungan lebih dari $590 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

17. Kung Fu Panda

Kung Fu Panda adalah film animasi DreamWorks yang dirilis pada tahun 2008. Film ini mengisahkan tentang seekor panda bernama Po yang bermimpi menjadi seorang kung fu master. Film ini meraih keuntungan lebih dari $630 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

18. Shrek

Shrek adalah film animasi DreamWorks yang dirilis pada tahun 2001. Film ini mengisahkan tentang seekor ogre yang harus menyelamatkan seorang putri dari sebuah kastil yang dijaga oleh naga. Film ini meraih keuntungan lebih dari $484 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

19. Ratatouille

Ratatouille adalah film animasi Pixar yang dirilis pada tahun 2007. Film ini mengisahkan tentang seekor tikus yang bermimpi menjadi seorang chef di restoran terkenal di Paris. Film ini meraih keuntungan lebih dari $620 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

20. The Little Mermaid

The Little Mermaid adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 1989. Film ini mengisahkan tentang seorang putri duyung bernama Ariel yang ingin menjadi manusia untuk hidup bersama pangeran yang dicintainya. Film ini meraih keuntungan lebih dari $211 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

21. Mulan

Mulan adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 1998. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis muda bernama Mulan yang menyamar sebagai laki-laki untuk bergabung dengan tentara dan melawan invasi bangsa Hun. Film ini meraih keuntungan lebih dari $300 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

22. Big Hero 6

Big Hero 6 adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 2014. Film ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki jenius bernama Hiro Hamada yang bergabung dengan tim pahlawan super untuk menyelamatkan kota San Fransokyo dari ancaman jahat. Film ini meraih keuntungan lebih dari $657 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

23. The Jungle Book

The Jungle Book adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 1967. Film ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Mowgli yang dibesarkan oleh hewan liar di hutan. Film ini meraih keuntungan lebih dari $205 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

24. The Emperor’s New Groove

The Emperor’s New Groove adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 2000. Film ini mengisahkan tentang seorang kaisar yang sombong yang berubah menjadi seekor llama dan harus belajar menjadi lebih rendah hati untuk kembali menjadi manusia. Film ini menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa dan memiliki penggemar setia di seluruh dunia.

25. The Iron Giant

The Iron Giant adalah film animasi Amerika yang dirilis pada tahun 1999. Film ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang berteman dengan robot luar angkasa yang jatuh ke bumi. Film ini menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa dan memiliki penggemar setia di seluruh dunia.

26. Toy Story 3

Toy Story 3 adalah film animasi Pixar yang dirilis pada tahun 2010. Film ini mengisahkan tentang mainan-mainan Andy yang harus berjuang untuk selamat setelah mereka tersesat di tempat sampah. Film ini meraih keuntungan lebih dari $1 miliar di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

27. The Lego Movie

The Lego Movie adalah film animasi Amerika yang dirilis pada tahun 2014. Film ini mengisahkan tentang seorang pekerja bangunan bernama Emmet yang secara tidak sengaja terlibat dalam sebuah misi untuk menyelamatkan dunia dari kekuatan jahat. Film ini meraih keuntungan lebih dari $469 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

28. Coco

Coco adalah film animasi Disney yang dirilis pada tahun 2017. Film ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Miguel yang berpetualang ke dunia orang mati untuk mencari nenek moyangnya dan menemukan identitasnya sendiri. Film ini meraih keuntungan lebih dari $807 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

29. Despicable Me

Despicable Me adalah film animasi Amerika yang dirilis pada tahun 2010. Film ini mengisahkan tentang seorang penjahat bernama Gru yang mencoba untuk mencuri bulan tetapi malah jatuh cinta dengan tiga anak yatim piatu yang diadopsinya. Film ini meraih keuntungan lebih dari $543 juta di seluruh dunia dan menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

30. The Secret Life of Pets

The Secret Life of Pets adalah film animasi Amerika