Contoh Visi Misi OSIS

Apa itu OSIS?

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi yang dibentuk di setiap sekolah sebagai wadah bagi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri. OSIS memiliki visi dan misi yang menjadi pedoman dalam menjalankan kegiatan-kegiatan mereka. Visi dan misi inilah yang akan membantu OSIS mencapai tujuan yang diinginkan.

Visi OSIS

Visi merupakan gambaran mengenai apa yang ingin dicapai oleh OSIS. Visi ini menjadi acuan bagi semua anggota OSIS dalam menjalankan tugas-tugas dan kegiatan-kegiatan mereka. Berikut ini adalah contoh visi OSIS:

Menjadi organisasi siswa yang berperan aktif dalam pengembangan potensi dan kesejahteraan siswa, serta menjadi wadah untuk mengembangkan kepemimpinan dan kebersamaan.

Misi OSIS

Misi merupakan langkah-langkah konkret yang harus dilakukan oleh OSIS untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Misi ini menjadi panduan bagi OSIS dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan mereka. Berikut ini adalah contoh misi OSIS:

1. Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

2. Mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam.

3. Menjalin kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dan pihak luar untuk meningkatkan kesejahteraan siswa.

4. Mengadakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat sekitar.

5. Mengembangkan kepemimpinan dan kebersamaan melalui pelatihan dan kegiatan-kegiatan lainnya.

6. Menjadi perwakilan siswa dalam menyampaikan aspirasi dan kebutuhan siswa kepada pihak sekolah.

7. Mengadakan kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai kebersihan, keamanan, dan kedisiplinan.

8. Meningkatkan rasa solidaritas dan persatuan antar siswa.

9. Mengadakan kegiatan yang mendukung pembentukan karakter siswa.

10. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar anggota OSIS.

Kesimpulan

Visi dan misi OSIS sangat penting dalam menjalankan kegiatan-kegiatan mereka. Dengan memiliki visi yang jelas, OSIS dapat memfokuskan upaya mereka untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Misi-misi yang ditetapkan juga memberikan langkah-langkah konkret yang harus dilakukan oleh OSIS. Dengan menjalankan visi dan misi ini, OSIS dapat memberikan kontribusi yang positif bagi siswa, sekolah, dan masyarakat sekitar.