Contoh Makalah: Panduan Lengkap Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Apakah kamu sedang mempersiapkan tugas sekolah atau kuliah yang memerlukan pembuatan makalah? Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas contoh makalah serta tips dan trik untuk membuat makalah yang baik dan benar.

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang berisi analisis, pemikiran, dan hasil penelitian terhadap suatu topik tertentu. Makalah memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi dan pendapat secara sistematis dan terstruktur.

Tahapan Membuat Makalah

Untuk membuat makalah yang baik dan benar, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, di antaranya:

1. Menentukan Topik

Langkah pertama dalam membuat makalah adalah menentukan topik yang akan dibahas. Pilihlah topik yang menarik dan relevan dengan bidang studi kamu.

2. Mengumpulkan Data

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data atau informasi yang relevan dengan topik yang dipilih. Sumber informasi dapat berasal dari buku, jurnal, artikel, atau internet. Pastikan informasi yang kamu dapatkan benar dan akurat.

3. Menentukan Struktur Makalah

Setelah mengumpulkan data, langkah selanjutnya adalah menentukan struktur makalah. Struktur makalah terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Pastikan struktur makalahmu logis dan mudah dipahami.

4. Menulis Makalah

Setelah menentukan struktur makalah, langkah selanjutnya adalah menulis makalah. Tulislah dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Pastikan keseluruhan makalahmu konsisten dengan topik yang dipilih dan struktur yang telah ditentukan.

5. Mengecek Kesalahan

Setelah selesai menulis makalah, pastikan untuk memeriksa kesalahan ejaan, tata bahasa, dan kesalahan lainnya yang mungkin terjadi. Jika perlu, mintalah bantuan teman atau dosen untuk melakukan koreksi.

Contoh Makalah

Judul: Dampak Penggunaan Gadget pada Anak-anak

Pendahuluan:

Gadget atau perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan laptop sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan gadget pada anak-anak dapat memiliki dampak yang tidak diinginkan. Makalah ini akan membahas dampak penggunaan gadget pada anak-anak dan solusi untuk mengurangi dampak negatif tersebut.

Isi:

Berdasarkan penelitian, penggunaan gadget pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan tidur, ketergantungan, dan masalah kesehatan lainnya. Anak-anak yang terlalu sering menggunakan gadget cenderung kurang beraktivitas fisik dan mengalami obesitas. Selain itu, penggunaan gadget pada anak-anak dapat mengganggu perkembangan kognitif dan sosial anak.

Untuk mengurangi dampak negatif penggunaan gadget pada anak-anak, diperlukan solusi seperti pembatasan waktu penggunaan gadget, pengawasan orang tua, dan pengalihan perhatian anak pada kegiatan yang lebih bermanfaat seperti olahraga atau kegiatan sosial.

Kesimpulan:

Penggunaan gadget pada anak-anak dapat memiliki dampak yang tidak diinginkan. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, diperlukan solusi seperti pembatasan waktu penggunaan gadget dan pengalihan perhatian anak pada kegiatan yang lebih bermanfaat.

Penutup

Demikianlah artikel tentang contoh makalah dan tips membuat makalah yang baik dan benar. Dengan mengikuti tahapan-tahapan di atas, kamu akan dapat membuat makalah yang baik dan memperoleh nilai yang memuaskan. Selamat mencoba!