Cara Screenshot di HP Samsung: Panduan Lengkap

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan smartphone semakin meluas. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah screenshot atau tangkapan layar. Dengan screenshot, kita bisa menyimpan gambar atau tampilan layar untuk berbagai keperluan. Bagi pengguna HP Samsung, berikut ini adalah cara screenshot di HP Samsung yang bisa kamu coba:

Cara Screenshot di HP Samsung dengan Tombol Power dan Volume Down

Ini adalah cara screenshot yang paling umum digunakan di HP Samsung. Kamu hanya perlu menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, layar akan berkedip dan suara shutter terdengar sebagai tanda bahwa screenshot sudah berhasil diambil.

Untuk melihat hasil screenshot, kamu bisa membuka aplikasi galeri dan mencari folder “Screenshot”. Di sana, kamu akan menemukan semua tangkapan layar yang pernah kamu ambil.

Cara Screenshot di HP Samsung dengan Palm Swipe

Fitur ini hanya tersedia di beberapa tipe HP Samsung, seperti Galaxy S8, S9, dan S10. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini di pengaturan HP. Caranya adalah:

  1. Buka aplikasi pengaturan di HP Samsung kamu.
  2. Pilih menu “Advanced features”.
  3. Pilih “Motions and gestures”.
  4. Aktifkan fitur “Palm swipe to capture”.

Setelah fitur diaktifkan, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara menggesekkan telapak tangan dari kiri ke kanan atau sebaliknya di atas layar HP Samsung. Kamu akan mendengar suara shutter dan layar akan berkedip sebagai tanda bahwa screenshot sudah berhasil diambil. Screenshot akan disimpan di folder “Screenshot” di aplikasi galeri.

Cara Screenshot di HP Samsung dengan Google Assistant

Jika HP Samsung kamu sudah terhubung dengan Google Assistant, kamu bisa meminta asisten virtual tersebut untuk mengambil screenshot. Caranya adalah:

  1. Tekan dan tahan tombol home atau sambil mengucapkan “Ok Google”, buka Google Assistant.
  2. Minta Google Assistant untuk mengambil screenshot dengan mengucapkan “Take a screenshot”.
  3. Google Assistant akan mengambil screenshot dan menampilkannya di layar.

Kamu bisa menyimpan hasil screenshot tersebut dengan menekan tombol “Save” di bagian bawah layar atau membagikannya ke aplikasi lain dengan menekan tombol “Share”.

Cara Screenshot di HP Samsung dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin menggunakan cara lain untuk mengambil screenshot di HP Samsung, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Screenshot Easy atau AZ Screen Recorder. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dan mudah digunakan. Namun, kamu perlu memperhatikan izin yang diminta oleh aplikasi tersebut sebelum menginstalnya.

Sekian panduan cara screenshot di HP Samsung. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Screenshot adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna HP Samsung. Dengan screenshot, kita bisa menyimpan gambar atau tampilan layar untuk berbagai keperluan. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di HP Samsung, seperti dengan tombol power dan volume down, palm swipe, Google Assistant, atau aplikasi pihak ketiga. Pilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk memperhatikan izin yang diminta oleh aplikasi pihak ketiga sebelum menginstalnya. Selamat mencoba!