Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Realme

HP Realme telah menjadi salah satu merek smartphone yang cukup populer di Indonesia. Salah satu keunggulan HP Realme adalah harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Namun, seperti halnya merek smartphone lainnya, HP Realme juga memiliki aplikasi bawaan yang mungkin tidak dibutuhkan oleh pengguna. Terkadang, keberadaan aplikasi bawaan ini justru mengganggu performa HP. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas cara menghapus aplikasi bawaan HP Realme.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan dari Menu Aplikasi

Cara pertama untuk menghapus aplikasi bawaan HP Realme adalah melalui menu aplikasi. Pengguna dapat membuka menu aplikasi dan mencari aplikasi yang ingin dihapus. Setelah menemukannya, tahan aplikasi tersebut hingga muncul opsi “Uninstall”. Klik opsi tersebut untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Aplikasi Bantuan

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan. Di Google Play Store, terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan HP Realme. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah “System App Remover”. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, pengguna dapat membuka aplikasi dan mencari aplikasi bawaan yang ingin dihapus. Setelah menemukannya, klik opsi “Uninstall” untuk menghapus aplikasi tersebut.

3. Menghapus Aplikasi Bawaan dengan ADB

Cara ketiga untuk menghapus aplikasi bawaan HP Realme adalah dengan menggunakan ADB (Android Debug Bridge). ADB adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan mode pengembang di HP Realme. Caranya adalah dengan membuka “Settings” > “About Phone” > “Build Number”. Klik “Build Number” hingga muncul tulisan “You are now a developer!”

2. Aktifkan USB debugging di HP Realme. Caranya adalah dengan membuka “Settings” > “Additional Settings” > “Developer Options” > “USB Debugging”. Aktifkan opsi “USB Debugging”.

3. Hubungkan HP Realme dengan komputer menggunakan kabel USB.

4. Unduh ADB di komputer. ADB dapat diunduh di https://developer.android.com/studio/releases/platform-tools.html.

5. Buka Command Prompt atau Terminal di komputer. Ketikkan perintah “adb devices” untuk memastikan perangkat HP Realme telah terhubung dengan komputer.

6. Ketikkan perintah “adb shell” untuk masuk ke dalam perintah ADB.

7. Ketikkan perintah “pm uninstall -k –user 0 [nama paket aplikasi]” untuk menghapus aplikasi bawaan HP Realme. Nama paket aplikasi dapat diperoleh dengan mencari aplikasi bawaan di Google.

4. Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Root

Cara keempat untuk menghapus aplikasi bawaan HP Realme adalah dengan melakukan root pada perangkat. Namun, cara ini memiliki risiko yang cukup besar, seperti kerusakan pada sistem dan kehilangan garansi perangkat. Oleh karena itu, cara ini hanya disarankan untuk pengguna yang sudah ahli dalam melakukan rooting.

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan HP Realme. Cara pertama adalah dengan menghapus aplikasi bawaan dari menu aplikasi. Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan. Cara ketiga adalah dengan menggunakan ADB. Sedangkan cara keempat adalah dengan melakukan root pada perangkat. Pengguna dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan teknisnya.