Cara Mengganti Username TikTok

TikTok merupakan platform sosial media yang kini semakin populer di kalangan masyarakat. Selain digunakan untuk hiburan, TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis dan promosi produk. Namun, untuk bisa meraih kesuksesan di TikTok, kamu perlu membangun identitas yang kuat dengan username yang tepat. Jika kamu ingin mengganti username TikTok, berikut adalah panduan lengkapnya.

1. Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama untuk mengganti username TikTok adalah membuka aplikasi TikTok di smartphone kamu. Pastikan kamu sudah memiliki akun TikTok dan sudah login.

2. Klik Profil

Setelah membuka aplikasi TikTok, klik ikon profil di pojok kanan bawah layar. Ikon profil berbentuk manusia kecil dengan lingkaran di sekitarnya.

3. Klik Edit Profile

Setelah masuk ke halaman profil kamu, klik tombol “Edit Profile” yang terletak di sebelah kanan foto profil kamu.

4. Klik Username

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan profil. Pada bagian atas halaman, kamu akan melihat kolom “Username”. Klik kolom tersebut untuk mengganti username TikTok kamu.

5. Ketik Username Baru

Setelah mengklik kolom “Username”, kamu akan diminta untuk memasukkan username baru. Ketik username yang kamu inginkan pada kolom tersebut.

6. Klik Save

Setelah memasukkan username baru, klik tombol “Save” untuk menyimpan perubahan. Username TikTok kamu sudah berhasil diubah.

7. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Sebelum mengganti username TikTok, pastikan kamu memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. TikTok memiliki aturan yang ketat terkait penggunaan username. Pastikan username yang kamu pilih tidak melanggar aturan TikTok.

8. Pilih Nama yang Mudah Dikenal

Untuk membangun identitas yang kuat di TikTok, pilihlah nama yang mudah dikenal dan diingat oleh pengguna. Hindari menggunakan nama yang sulit dieja atau terlalu panjang.

9. Gunakan Nama yang Relevan dengan Konten

Untuk memperkuat identitas dan branding di TikTok, pilihlah nama yang relevan dengan konten yang kamu buat. Misalnya, jika kamu sering membuat konten tentang traveling, pilihlah nama yang berhubungan dengan traveling.

10. Hindari Menggunakan Nama yang Sama dengan Akun Lain

Sebelum memilih username, pastikan nama yang kamu pilih tidak sama dengan akun TikTok lainnya. Pengguna TikTok tidak diizinkan memiliki username yang sama dengan pengguna lain.

11. Gunakan Huruf Besar dan Kecil

Untuk membuat username yang menarik dan mudah diingat, gunakanlah kombinasi huruf besar dan kecil. Misalnya, “JalanJalanAsik” atau “BikinNgakak”.

12. Gunakan Simbol atau Angka

Untuk membuat username yang unik dan menarik, kamu bisa menggunakan simbol atau angka. Misalnya, “Traveler_23” atau “Vlogger!2021”. Namun, pastikan simbol atau angka yang kamu gunakan mudah diingat dan tidak terlalu rumit.

13. Jangan Menggunakan Spasi

Saat membuat username di TikTok, jangan menggunakan spasi. TikTok tidak mengizinkan pengguna menggunakan spasi dalam username.

14. Hindari Menggunakan Kata-kata Kasar atau Vulgar

Sebagai platform sosial media yang ramah keluarga, TikTok tidak mengizinkan pengguna menggunakan kata-kata kasar atau vulgar dalam username. Pastikan nama yang kamu pilih sopan dan tidak mengandung unsur negatif.

15. Jangan Menggunakan Nama Merek atau Produk

Sebagai platform sosial media yang mengedepankan kreativitas, TikTok tidak mengizinkan pengguna menggunakan nama merek atau produk dalam username. Pastikan nama yang kamu pilih bukan nama merek atau produk orang lain.

16. Perhatikan Karakter yang Digunakan

Perhatikan karakter yang kamu gunakan dalam username. Hindari menggunakan karakter yang sulit dibaca atau diingat. Pastikan karakter yang kamu gunakan mudah dibaca dan diingat oleh pengguna.

17. Gunakan Bahasa yang Baku

Untuk membuat username yang profesional, gunakanlah bahasa yang baku dan mudah dimengerti. Hindari menggunakan bahasa gaul atau bahasa yang sulit dimengerti.

18. Gunakan Bahasa yang Sesuai dengan Target Audience

Untuk memperkuat branding di TikTok, gunakanlah bahasa yang sesuai dengan target audience kamu. Misalnya, jika kamu ingin menargetkan pengguna muda, kamu bisa menggunakan bahasa gaul atau bahasa anak muda.

19. Tanyakan Pendapat Teman atau Keluarga

Sebelum memutuskan untuk menggunakan username tertentu, tanyakan pendapat teman atau keluarga. Mintalah masukan mereka mengenai username yang kamu pilih.

20. Jangan Terlalu Sering Mengganti Username

Setelah memilih username yang tepat, hindari terlalu sering mengganti username. Hal ini bisa membingungkan pengguna dan mengurangi branding yang sudah kamu bangun.

21. Perhatikan Kesesuaian dengan Nama Akun Lain

Sebelum memilih username, perhatikan kesesuaian dengan nama akun lain yang kamu miliki di platform sosial media lainnya. Hindari menggunakan nama yang sama dengan akun di platform lain.

22. Perhatikan Panjang Username

Perhatikan panjang username yang kamu pilih. Hindari menggunakan username yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Pilihlah username yang ideal, yaitu antara 5 hingga 15 karakter.

23. Pertimbangkan Penggunaan Emoji

Untuk membuat username yang menarik, kamu bisa menggunakan emoji. Namun, pastikan emoji yang kamu gunakan relevan dengan konten dan tidak terlalu banyak.

24. Gunakan Nama Asli atau Nama Panggilan

Jika kamu kesulitan memilih username yang tepat, kamu bisa menggunakan nama asli atau nama panggilan kamu sebagai username di TikTok.

25. Perhatikan Konsistensi Branding

Setelah memilih username yang tepat, pastikan username tersebut konsisten dengan branding yang sudah kamu bangun di platform sosial media lainnya. Hindari menggunakan nama yang berbeda-beda di platform sosial media yang berbeda.

26. Jangan Menggunakan Nama yang Sulit Dieja

Hindari menggunakan nama yang sulit dieja atau diucapkan. Pilihlah nama yang mudah diucapkan dan dieja oleh pengguna TikTok.

27. Gunakan Nama yang Mudah diingat

Untuk membangun identitas yang kuat di TikTok, pilihlah nama yang mudah diingat oleh pengguna. Hindari menggunakan nama yang sulit diingat atau terlalu rumit.

28. Jangan Menggunakan Nama yang Sama dengan Teman

Sebelum memilih username, pastikan nama yang kamu pilih tidak sama dengan username teman kamu di TikTok. Hindari menggunakan nama yang sama dengan teman untuk menghindari kebingungan di antara pengguna.

29. Perhatikan Relevansi dengan Niche

Untuk memperkuat branding di TikTok, pilihlah nama yang relevan dengan niche atau topik yang kamu buat konten. Misalnya, jika kamu membuat konten tentang fashion, pilihlah nama yang berhubungan dengan fashion.

30. Kesimpulan

Itulah panduan lengkap mengenai cara mengganti username TikTok. Memilih username yang tepat adalah langkah penting dalam membangun identitas dan branding di TikTok. Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, pilihlah nama yang mudah diingat dan relevan dengan konten, serta hindari menggunakan nama yang sama dengan pengguna lain. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa membuat username yang tepat dan memperkuat identitas di TikTok.