Cara Hemat Memori Android: Tips dan Trik yang Wajib Kamu Ketahui

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Namun, terkadang pengguna sering mengalami masalah pada memori yang terbatas. Hal ini tentu sangat mengganggu, karena memori yang penuh akan membuat kinerja smartphone menjadi lambat dan tidak responsif. Oleh karena itu, di artikel ini akan dibahas mengenai cara hemat memori Android dengan beberapa tips dan trik yang wajib kamu ketahui.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi yang jarang digunakan atau tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari smartphone kamu. Selain membebaskan ruang penyimpanan, menghapus aplikasi juga dapat meningkatkan kinerja smartphone kamu. Kamu dapat menghapus aplikasi dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi yang Diinstal. Pilih aplikasi yang ingin dihapus, kemudian pilih Hapus.

2. Gunakan Aplikasi Pengelola Memori

Ada banyak aplikasi pengelola memori yang dapat kamu gunakan untuk membantu menghemat memori smartphone kamu. Beberapa aplikasi pengelola memori terbaik yang dapat kamu gunakan di antaranya adalah Clean Master, CCleaner, dan AVG Cleaner. Aplikasi ini dapat membantu menghapus file-file yang tidak diperlukan, membersihkan cache, dan mengoptimalkan kinerja smartphone kamu.

3. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan

File-file yang tidak diperlukan seperti foto, video, dan dokumen yang sudah tidak digunakan sebaiknya dihapus dari smartphone kamu. Kamu juga dapat memindahkan file-file tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

4. Matikan Fitur yang Tidak Dibutuhkan

Fitur yang tidak digunakan seperti Bluetooth, GPS, dan NFC sebaiknya dimatikan jika tidak digunakan. Fitur-fitur tersebut dapat menguras daya baterai dan juga memori smartphone kamu. Kamu dapat mematikan fitur-fitur tersebut dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Jaringan dan Koneksi.

5. Gunakan Aplikasi Lite

Aplikasi lite merupakan versi aplikasi yang lebih ringan dan hemat memori. Beberapa aplikasi lite terbaik yang dapat kamu gunakan di antaranya adalah Facebook Lite, Twitter Lite, dan Instagram Lite. Aplikasi lite dapat membantu menghemat memori smartphone kamu, sehingga kamu dapat menggunakannya dengan lebih lancar dan responsif.

6. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi merupakan file sementara yang disimpan oleh aplikasi pada smartphone kamu. File-file tersebut dapat membebani memori dan juga mengurangi kinerja smartphone kamu. Kamu dapat menghapus cache aplikasi dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi yang Diinstal. Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya, kemudian pilih Hapus Cache.

7. Gunakan Kartu SD

Jika smartphone kamu memiliki slot kartu SD, maka sebaiknya kamu memanfaatkannya untuk menyimpan file-file seperti foto, video, dan musik. Dengan menggunakan kartu SD, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu dan juga meningkatkan kinerja smartphone kamu.

8. Batasi Jumlah Widget

Widget adalah fitur yang dapat menampilkan informasi secara langsung pada layar smartphone kamu. Namun, terlalu banyak widget juga dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Sebaiknya kamu membatasi jumlah widget yang digunakan dan hanya menggunakan widget yang benar-benar dibutuhkan.

9. Hapus Riwayat Pencarian

Riwayat pencarian pada browser atau aplikasi dapat membebani memori smartphone kamu. Sebaiknya kamu menghapus riwayat pencarian secara berkala untuk menghemat memori smartphone kamu. Kamu dapat menghapus riwayat pencarian dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Riwayat Pencarian.

10. Nonaktifkan Animasi

Animasi yang terdapat pada smartphone kamu dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Sebaiknya kamu mematikan animasi dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Developer Options > Window Animation Scale dan pilih None. Kamu juga dapat mematikan animasi lainnya seperti Transition Animation dan Animator Duration Scale.

11. Hapus Email yang Tidak Dibutuhkan

Email yang sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari smartphone kamu. Kamu juga dapat memindahkan email tersebut ke penyimpanan cloud seperti Gmail atau Yahoo Mail. Dengan menghapus email yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

12. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Aplikasi pembersih RAM dapat membantu mengoptimalkan kinerja smartphone kamu dengan membersihkan memori RAM yang tidak digunakan. Beberapa aplikasi pembersih RAM terbaik yang dapat kamu gunakan di antaranya adalah RAM Cleaner, RAM Booster, dan DU Speed Booster. Aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja smartphone kamu dengan menghemat memori RAM.

13. Hapus File Download yang Tidak Dibutuhkan

File download seperti lagu, video, atau dokumen yang sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari smartphone kamu. Kamu juga dapat memindahkan file download tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus file download yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

14. Batasi Jumlah Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat membebani kinerja smartphone kamu dan juga menguras daya baterai. Sebaiknya kamu membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang dan hanya mengaktifkan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

15. Hapus Video yang Tidak Dibutuhkan di Galeri

Video yang sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari galeri smartphone kamu. Kamu juga dapat memindahkan video tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus video yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

16. Nonaktifkan Fitur Auto-Sync

Auto-sync adalah fitur yang dapat menyalin data dari akun online seperti Gmail, Facebook, atau Twitter ke smartphone kamu secara otomatis. Fitur ini dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Sebaiknya kamu mematikan fitur auto-sync dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Akun > Auto-Sync Data.

17. Hapus File Log

File log merupakan file yang mencatat aktivitas pada smartphone kamu. File-file tersebut dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Kamu dapat menghapus file log dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Pemeliharaan atau Maintenance > Log File.

18. Batasi Jumlah Aplikasi yang Dapat Mengakses Lokasi

Aplikasi yang dapat mengakses lokasi seperti Google Maps atau aplikasi cuaca dapat membebani kinerja smartphone kamu dan juga menguras daya baterai. Sebaiknya kamu membatasi jumlah aplikasi yang dapat mengakses lokasi dan hanya mengaktifkan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

19. Hapus File APK yang Tidak Dibutuhkan

File APK merupakan file instalasi aplikasi yang sudah diunduh namun belum diinstal. File-file tersebut dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Kamu dapat menghapus file APK yang tidak dibutuhkan dengan cara masuk ke menu File Manager > Download.

20. Gunakan Tema yang Lebih Ringan

Tema atau wallpaper yang terdapat pada smartphone kamu dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Sebaiknya kamu menggunakan tema atau wallpaper yang lebih ringan untuk menghemat memori smartphone kamu dan meningkatkan kinerjanya.

21. Hapus Chat yang Tidak Dibutuhkan di WhatsApp

Chat yang sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari aplikasi WhatsApp. Kamu juga dapat memindahkan chat tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus chat yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

22. Nonaktifkan Fitur Animasi pada Keyboard

Fitur animasi pada keyboard seperti efek suara dan animasi ketikan dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Sebaiknya kamu mematikan fitur animasi pada keyboard dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Bahasa dan Input > Keyboard > Sound and Vibration dan pilih None.

23. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan di Folder Unduhan

File-file yang diunduh namun sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari folder unduhan. Kamu juga dapat memindahkan file-file tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

24. Nonaktifkan Fitur Vibrasi

Fitur vibrasi pada smartphone kamu dapat menguras daya baterai dan juga memori smartphone kamu. Sebaiknya kamu mematikan fitur vibrasi dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Suara dan Getaran > Mode Getar dan pilih Off.

25. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan di Folder Dokumen

File-file dokumen seperti PDF atau Word yang sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari folder dokumen. Kamu juga dapat memindahkan file-file tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

26. Nonaktifkan Fitur Notifikasi

Fitur notifikasi pada aplikasi dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan smartphone kamu. Sebaiknya kamu mematikan fitur notifikasi pada aplikasi yang tidak penting dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Notifikasi.

27. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan di Folder Musik

File-file musik yang sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari folder musik. Kamu juga dapat memindahkan file-file tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

28. Nonaktifkan Fitur Wallpaper Bergerak

Fitur wallpaper bergerak seperti live wallpaper dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Sebaiknya kamu mematikan fitur wallpaper bergerak dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Wallpaper > Live Wallpaper dan pilih None.

29. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan di Folder Gambar

File-file gambar yang sudah tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus dari folder gambar. Kamu juga dapat memindahkan file-file tersebut ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

30. Nonaktifkan Fitur Kunci Layar

Fitur kunci layar seperti pola, PIN, atau password dapat membebani memori dan kinerja smartphone kamu. Sebaiknya kamu mematikan fitur kunci layar dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Keamanan > Kunci Layar dan pilih None.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara hemat memori Android yang dapat kamu terapkan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone kamu. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu dapat menghemat memori smartphone kamu, sehingga smartphone kamu dapat berjalan dengan lebih lancar dan responsif. Selamat mencoba!