Akan Wisuda? Berikut 10 Perlengkapan Wisuda Kamu Nantinya

Persiapan Wisuda yang Harus Kamu Siapkan

Wisuda adalah momen yang sangat istimewa bagi setiap mahasiswa. Ini adalah saat di mana kita diakui atas kerja keras dan dedikasi kita selama bertahun-tahun di bangku kuliah. Untuk memastikan wisuda berjalan lancar, ada beberapa perlengkapan wisuda yang perlu kamu siapkan. Berikut adalah 10 perlengkapan wisuda yang akan kamu butuhkan:

Toga dan Jubah Wisuda

Toga dan jubah wisuda adalah hal pertama yang harus kamu siapkan. Biasanya, universitas akan menyewakan atau menjual toga dan jubah wisuda kepada mahasiswa. Pastikan kamu memesan toga dan jubah wisuda kamu sesuai dengan ukuran tubuhmu agar nyaman saat digunakan.

Tas atau Koper Wisuda

Tas atau koper wisuda adalah perlengkapan penting untuk membawa dan menyimpan toga, jubah, dan perlengkapan wisuda lainnya. Pilih tas atau koper yang cukup besar dan kuat untuk menampung semua perlengkapan wisuda kamu.

Ikat Pinggang atau Sabuk

Ikat pinggang atau sabuk bisa digunakan untuk mengikat toga agar lebih rapi dan tidak terjatuh saat berjalan. Pastikan ikat pinggang atau sabuk yang kamu gunakan sesuai dengan warna dan desain toga yang kamu miliki.

Topi Wisuda

Topi wisuda adalah simbol dari kelulusan. Biasanya, topi wisuda akan diberikan oleh universitas saat hari wisuda. Pastikan kamu menjaga topi wisuda kamu dengan baik agar tidak rusak sebelum acara wisuda berlangsung.

Baju Formal

Baju formal adalah pakaian yang harus kamu kenakan di bawah toga dan jubah wisuda. Pilih baju formal yang sesuai dengan warna dan desain toga kamu. Pastikan baju formalmu terlihat rapi dan tidak kusut saat dipakai di acara wisuda.

Sepatu Formal

Sepatu formal adalah sepatu yang harus kamu kenakan di hari wisuda. Pilih sepatu formal yang nyaman dan sesuai dengan warna dan model baju formalmu. Pastikan sepatu formalmu bersih dan terawat agar terlihat lebih baik saat di acara wisuda.

Perlengkapan Rambut

Perlengkapan rambut seperti jepit atau pita bisa digunakan untuk menjaga rambut agar tetap rapi di bawah topi wisuda. Pastikan kamu memiliki perlengkapan rambut yang sesuai dengan warna dan model rambutmu.

Makeup atau Riasan Wajah

Jika kamu ingin menggunakan makeup atau riasan wajah di hari wisuda, pastikan kamu sudah mempersiapkannya dengan baik. Gunakan makeup yang ringan dan tahan lama agar tetap terlihat segar sepanjang acara wisuda.

Perhiasan

Jika kamu ingin memakai perhiasan di hari wisuda, pastikan kamu telah memilihnya dengan bijaksana. Pilih perhiasan yang sederhana dan tidak berlebihan agar tidak mengganggu penampilanmu di hari wisuda.

Kamera atau Smartphone

Tidak ada salahnya membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen spesial di hari wisuda. Kamu bisa meminta orang terdekatmu untuk mengambil foto-fotomu saat menerima ijazah atau berfoto bersama teman-teman.

Kesimpulan

Dalam persiapan wisuda, ada beberapa perlengkapan yang harus kamu siapkan seperti toga, jubah, tas, ikat pinggang, topi, baju formal, sepatu formal, perlengkapan rambut, makeup, perhiasan, dan kamera. Pastikan kamu mempersiapkan semuanya dengan baik agar wisuda berjalan lancar dan berkesan. Selamat wisuda dan semoga sukses!