Cara Live di Tiktok, Ini Syaratnya

Cara Live di Tiktok, Ini Syaratnya

SEOKILAT – TikTok kini menjelma menjadi salah satu platform berbagi video paling populer di dunia. Selain itu, ia juga banyak digunakan untuk keperluan promosi atau marketing hingga edukasi. Cara live di TikTok perlu Anda pelajari apabila ingin memaksimalkan pemanfaatan platform ini.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Belajar Cara Live di Tiktok

Ya, ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk Anda ketahui sebelum kita mengulas tentang bagaimana cara live di TikTok. Tidak semua pengguna bisa melakukan siaran langsung di TikTok. Ada persyaratan yang harus dipenuhi pengguna sebelum bisa live.

Persyaratan yang perlu dipenuhi pengguna yaitu batasan usia minimal 16 tahun. Selain itu, pengguna juga harus berusia setidaknya 18 tahun untuk bisa memberi atau menerima gift. Kreator juga harus memiliki sedikitnya 1000 pengikut untuk bisa melakukan siaran langsung.

TikTok Live sendiri adalah fitur yang memungkinkan para kreator dan pengguna untuk bisa berinteraksi langsung. Fitur ini dinilai menjadi salah satu cara efektif untuk menjalin dan meningkatkan engagement maupun audiens baru. Kreator bisa mendapatkan penghasilan berupa gift dari pengikut maupun brand.

Cara Live di TikTok, Sendiri dan Bersama-Sama

Untuk mulai siaran langsung, yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Buka TikTok lalu klik ikon Buat Baru (tanda + di bawah)
  2. Pilih Live pada menu yang muncul
  3. Silakan pilih preview video live yang Anda inginkan, sekaligus tambahkan judul, atur komentar, filter hingga pilihan platform media sosial lain yang juga akan menyiarkan
  4. Setelah siap, klik Go Live
  5. Untuk mengakhiri sesi Live, klik ikon Matikan (tanda power di bawah)

Sementara jika Anda ingin siaran langsung bersama-sama pengguna lain, berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Buka TikTok lalu klik ikon Buat Baru (tanda + di bawah)
  2. Pilih Live pada menu
  3. Tentukan opsi video lalu klik Go Live
  4. Klik ikon di kiri bawah untuk menampilkan daftar host
  5. Klik opsi Undang untuk mulai mengajak Live pengguna lainnya
  6. Host akan ditambahkan ke siaran langsung setelah mereka menerima undangan tersebut

Kesimpulan

Mudah sekali bukan cara live di TikTok di atas? Yang sedikit menyulitkan mungkin terletak pada persyaratan yang ditetapkan, utamanya jumlah followers yang harus 1k lebih. Hal ini ditujukan untuk menjaga kualitas siaran langsung yang terjadi di platform TikTok itu sendiri.