6 Desember Memperingati Hari Apa?

Apakah Anda tahu bahwa tanggal 6 Desember diperingati sebagai hari penting di Indonesia? Ya, memang benar. Tanggal ini memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini.

Pengertian Hari 6 Desember

Hari 6 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara. Hari ini ditetapkan sebagai hari yang mengingatkan kembali kepada seluruh rakyat Indonesia akan pentingnya bela negara dan perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

Bela Negara sendiri memiliki pengertian sebagai suatu bentuk kepedulian dan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia terhadap keamanan dan pertahanan negara. Dalam hal ini, seluruh warga negara Indonesia harus memiliki kesadaran dan kesiapan untuk melindungi negara dari segala bentuk ancaman dan bahaya.

Sejarah Hari Bela Negara

Hari Bela Negara memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada tanggal 6 Desember 1959, Presiden Soekarno mengeluarkan sebuah dekret yang di dalamnya mengharuskan seluruh warga negara Indonesia untuk memiliki kesiapan dalam mempertahankan negara.

Dalam dekret tersebut, juga diatur mengenai pembentukan organisasi Bela Negara yang bertujuan untuk mempersiapkan seluruh warga negara Indonesia dalam mempertahankan negara. Organisasi ini kemudian berganti nama menjadi Resimen Mahasiswa (Menwa) pada tahun 1963.

Seiring berjalannya waktu, penyelenggaraan Hari Bela Negara juga mengalami beberapa perubahan. Pada tahun 2017, Hari Bela Negara ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah Indonesia.

Peran Warga Negara dalam Bela Negara

Peran warga negara dalam Bela Negara sangat penting. Seluruh warga negara Indonesia harus memiliki kesadaran dan kesiapan dalam mempertahankan negara dari segala bentuk ancaman dan bahaya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh warga negara Indonesia dalam mempersiapkan diri dalam Bela Negara adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya bela negara
  2. Bergabung dengan organisasi Bela Negara seperti Menwa
  3. Meningkatkan keterampilan fisik dan mental
  4. Meningkatkan pengetahuan tentang pertahanan negara
  5. Mengikuti pelatihan-pelatihan bela negara
  6. Melaporkan segala bentuk ancaman dan bahaya kepada pihak berwenang

Kesimpulan

Hari 6 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara yang bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh warga negara Indonesia akan pentingnya bela negara dan perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Seluruh warga negara Indonesia harus memiliki kesadaran dan kesiapan dalam mempertahankan negara dari segala bentuk ancaman dan bahaya. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kesadaran dan kesiapan dalam Bela Negara demi keamanan dan pertahanan negara yang lebih baik.